Mengenal Konsep Struktur Lewis dalam Ikatan Kovalen | Kimia Kelas 10

Lewis

Hai RG Squad! Kalian tahu nggak sih kalau ikatan kovalen itu merupakan salah satu ikatan kimia yang terjadi akibat penggunaan pasangan elektron bersama, di mana hanya bisa dilihat dengan konsep struktur Lewis. Ada beberapa atom yang sukar melepas atau menerima elektron karena memerlukan atau membebaskan energi yang besar untuk berlangsungnya proses tersebut. Untuk membentuk konfigurasi elektron gas mulia, atom-atom ini saling berikatan melalui pemakaian pasangan elektron bersama.

Pemakaian pasangan elektron bersama terjadi pada atom-atom nonlogam. Ikatan antaratom nonlogam yang terjadi melalui pemakaian pasangan elektron bersama disebut ikatan kovalen. Untuk bisa melihat bagaimana ikatan kovalen terjadi kita harus memahami terlebih dahulu konsep dari struktur Lewis. Oke, dipahami secara seksama ya.

  • Struktur Lewis

Penggambaran distribusi elektron dalam suatu struktur molekul dengan menggunakan tanda elektron disebut struktur Lewis. Tanda elektron yang digunakan, biasanya berupa tanda titik (.) dan tanda silang (x),

Nah, sekarang coba deh perhatikan contoh pembentukan ikatan kovalen tunggal pada senyawa CH4 berikut ini. Konfigurasi elektron atom 6C: 2, 4. Jadi, atom C memiliki 4 elelktron valensi. Pada pembentukan CH4, elektron dari H berpasangan dengan elektron dari atom C. Dalam atom C terdapat empat elektron yang tidak berpasangan sehingga untuk memenuhi kaidah oktet diperlukan empat atom H.

 

struktur lewis c dan h

Struktur Lewis C dan H

 

konsep struktur lewis CH4

 

Pada setiap atom H yang dilingkari, terdapat dua elektron (duplet) dan pada atom C yang dilingkari terdapat delapan elektron (oktet). Tanda titik (.) dan tanda silang (x) hanya notasi yang digunakan untuk membedakan elektron yang berasal dari atom C dengan elektron yang berasal dari atom H. Perhatikan pula bahwa pasangan elektron yang digunakan bersama dapat ditandai dengan garis.

 

konsep struktur lewis garis lewis

 

Struktur lewis dalam bentuk garis

Ikatan kovalen yang terbentuk pada senyawa CH4, dinamakan ikatan kovalen tunggal. Agar lebih memahami pembentukan ikatan kovalen tunggal , yuk pelajari ulasan berikut ini.

a. Struktur Lewis Molekul NH3

Atom 7N memiliki konfigurasi elektron sebagai berikut 7N: 2, 5. Jadi,atom N memiliki elektron valensi dengan distribusi sebagai berikut.

 

konsep struktur lewis N

 

Struktur lewis N

Atom 7N memiliki tiga elektron valensi tidak berpasangan sehingga untuk memenuhi kaidah oktet diperlukan tiga elektron dari atom H.

 

ikatan kovalen Nh3

Struktur lewis NH3

Dalam molekul NH3 terdapat sepasang elektron yang tidak digunakan (elektron bebas) sehingga disebut Pasangan Elektron Bebas (PEB). Tiga pasang elektron yang digunakan bersama oleh atom N dan atom H disebut Pasangan Elektron Ikatan (PEI).

 

b. Struktur lewis Molekul H2O

Atom 8O memiliki konfigurasi elektron 8O:2, 6. Jadi, atom O memiliki elektron valensi 6 dengan distribusi sebagai berikut.

 

konsep struktur lewis O

Struktur lewis O

Pada atom O terdapat dua elektron tidak berpasangan sehingga diperlukan dua elektron lain untuk memenuhi kaidah oktet.

 

konsep struktur lewis H2O

 

Struktur lewis H2O

Dalam H2O terdapat dua PEB dan dua PEI. Bagaimana struktur lewis molekul yang terbentuk dari atom sejenis, seperti Cl2?

 

c. Struktur Lewis Molekul Cl2

Atom Cl memiliki satu elektron yang tidak berpasangan sehingga pada pembentukan molekul Cl2, elektron-elektron ini akan saling melengkapi untuk memenuhi kaidah oktet.

 

konsep struktur lewis CI2

 

Struktur lewis Cl2

Pada setiap atom Cl yang dilingkari terdapat delapan elektron (memenuhi kaidah oktet).

Rangkuman konsep struktur lewis

Jadi begitu Squad, konsep struktur lewis itu merupakan penggambaran dari distribusi elektron dalam suatu struktur molekul dengan menggunakan tanda elektron, biasanya tanda yang digunakan berupa tanda titik (.) dan tanda silang (x).

Baca Juga: Konsep Hukum Newton

Mau belajar di rumah habis pulang sekolah, di cafe pas malam minggu, atau di mana pun dan kapan pun juga bisa! Tentukan sendiri tempat dan waktu yang paling nyaman untuk kamu. Semua bisa kamu dapatkan dengan mendaftar di ruangles sekarang juga.

ruangles

 

Beri Komentar