Mengenal lebih dekat BNPB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia

Anggraeni Puspitasari

Jul 14, 2019 • 3 min read

Wow ternyata


PTN_dengan_Keketatan_Tertinggi_untuk_prodi_Saintek_dan_Soshum-01-1

Artikel ini memberikan gambaran mengenai peran dan fungsi BNPB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia.

--

Squad, tepat pada 7 Juli 2019 lalu tersiar kabar duka bahwa Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia, Pak Sutopo Purwo Nugroho telah berpulang ke pangkuan Yang Maha Kuasa. Beliau meninggal dalam upaya pengobatan dari penyakit kanker paru-paru stadium 4 yang diderita.

Baca juga: Indonesia Rawan Bencana Gempa dan Tsunami, Ini 5 Hal yang Harus Kita Lakukan

Mungkin kamu bertanya-tanya, sebenarnya apa sih BNPB ini? BNPB atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia menjadi lembaga yang paling terdepan dalam mengabarkan informasi aktual dan terpercaya seputar bencana di Indonesia. Tentu kamu tahu dong kalau negara kita tercinta, Indonesia, berada di wilayah ring of fire (jalur cincin api)? Dikelilingi dengan ratusan gunung api dengan peluang ancaman bencana yang besar, membuat Indonesia mau tak mau harus selalu waspada. Dalam upaya mencegah timbulnya kerusakan atau kerugian yang masif, pemerintah melalui BNPB berupaya untuk mengabarkan secara real time tentang ancaman bencana agar penduduk dapat bersiap siaga. Lalu, seperti apa sih sebenarnya peran dan fungsi dari BNPB ini?

BNPB adalah…

BNPB Indonesia gelar latihan peralatan

Gelar Peralatan oleh BNPB di Pantai Ancol (Sumber: bnpb.go.id)

Tahukah kamu? Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kepala BNPB diberikan hak keuangan dan administrasi setingkat menteri lho . Selain itu, BNPB juga berada di bawah dan bertanggung jawab secara langsung kepada Presiden. Lembaga yang mulanya diberi nama Badan Penolong Keluarga Korban Perang (BPKPP) pada 1945 ini, telah mengalami berbagai perubahan nama. Pada akhirnya, tahun 2008 secara resmi lembaga ini disebut dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan nama ini masih bertahan hingga sekarang.

Bedanya BNPB dan BMKG apa, ya?

Pernah nggak kamu kepikiran bedanya BNPB dan BMKG itu apa? Beberapa orang lebih sering mendengar lembaga BMKG dibanding dengan BNPB. Padahal, pada dasarnya BMKG dan BNPB ini berbeda lho. Terlihat dari namanya, bahwa BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ini jelas berfokus terhadap permasalahan seputar iklim, cuaca, dan kondisi gejala-gejala alam, seperti mendeteksi gempa. Laporan dari pengamatan tersebut kemudian akan disebarluaskan kepada masyarakat untuk menjadi peringatan dini.

BNPB Indonesia Ekspedisi Destana TsunamiProgram Desa Tangguh Bencana oleh BNPB (Sumber: bbc.com)

Di sisi lain, misi BNPB secara umum ialah mengurangi risiko yang ditimbulkan karena bencana, baik korban jiwa atau material. Tujuan tersebut diaplikasikan dengan melakukan latihan dan simulasi kepada masyarakat di daerah rawan bencana dengan harapan mereka dapat siap siaga. Tidak hanya itu, BNPB juga berperan dalam merencanakan jalur, tempat, serta rambu-rambu evakuasi. Lembaga ini juga berkoordinasi dengan berbagai elemen pemerintahan dan warga setempat untuk menyelenggarakan penanggulangan bencana secara terpadu.

Gimana, Squad? Kamu nggak bingung lagi, 'kan kalau nanti-nanti dengar kata BNPB? Berdasarkan penjelasan di atas, semoga kamu dapat gambaran yang lebih jelas ya, tentang fungsi dan peran BNPB. Nah, kalau kamu mau kepoin tentang geografi lebih dalam, langsung aja cek di ruangbelajar ya! Materi yang dibahas secara seru lewat video animasi plus latihan soal lengkap dengan pembahasan, Cuma ada di ruangbelajar. Langganan sekarang, ya!ruangbelajar for desktop

Beri Komentar

Recent Posts