Mengenal Lup (Kaca Pembesar) Rumus dan Contoh Soal

Fisika kelas 11 SMA materi tentang LUP atau kaca pembesar

Hayo siapa nih yang tiap minggu pagi nungguin tayangan detective conan di televisi? Coba perhatikan alat yang sering digunakan Conan dalam memecahkan suatu kasus? Yup, lup atau dikenal juga sebagai kaca pembesar. Kamu tahu nggak sih apa itu lup dan apa hubungannya lup dengan fisika? Yuk cari tahu!

Detective conan

Detective conan (Sumber: pinterest.com)

Squad, ternyata lup atau kaca pembesar merupakan lensa lho, tepatnya merupakan lensa cembung atau lensa positif yang digunakan untuk mengamati benda-benda kecil agar terlihat lebih jelas. Nah, bayangan yang dibentuk lup selalu bersifat maya, tegak, dan diperbesar.

Bayangan lup

Bayangan yang dibentuk lup: maya, tegak dan diperbesar (Sumber: giphy.com)

Pada penggunaanya kamu dapat menghitung pembesaran bayangan lup lho. Pembesaran lup bisa diukur dengan membandingkan sudut penglihatan setelah ada lup dengan sudut penglihatan tanpa lupSaat menggunakan lup, benda harus diletakkan di antara fokus dan pusat lensa, S0≤f. Benda dapat diamati dalam dua keadaan yaitu ketika mata berakomodasi maksimum dan mata berakomodasi tidak maksimum.  Saat benda diletakkan kurang dari fokus lup (S0<f), mata akan mengalami akomodasi maksimum, sementara saat benda diletakkan tepat pada focus lup (S0=f) mata tidak berakomodasi. Yuk cari tahu lebih jelasnya!

  • Mata Berakomodasi Maksimum

Mata berakomodasi maksimum merupakan cara memandang objek dimana otot siliar bekerja maksimum untuk menekan lensa agar berbentuk secembung-cembungnya. Agar mata berakomodasi maksimum, bayangan yang terbentuk harus tepat di titik depan mata (S'=Sn).

Mata berakomodasi maksimumMata berakonomodasi maksimum (Sumber: fisikazone.com)

Baca Juga: Perbedaan Gelombang Berjalan dan Gelombang Berdiri

Perbesaran sudut (anguler) lup mata berakomodasi maksimum dapat dinyatakan,

rumus berakomodasi maksimum

  • Mata tidak berakomodasi

Squad, mengamati benda dengan menggunakan lup dan dengan mata berakomodasi secara terus-menerus dapat melelahkan mata lho.  Oleh karena itu, pengamatan dapat dilakukan dengan mata tak berakomodasi. Skema pembentukan bayangan dapat digambarkan sebagai berikut:

 Mata tidak beakomodasi

Mata tidak berakomodasi (Sumber: fisikazone.com)

Menggunakan lup dengan mata tak berakomodasi, benda yang diamati harus diletakkan di titik fokus lup (s=f)Perbesaran sudut (anguler) lup mata tidak berakomodasi dapat dinyatakan,

Rumus mata tidak berakomodasi

Supaya lebih jago, coba kerjain soal ini yuk!

Latihan soal pembesaran lup

Jawaban : E

Pembahasan:

f=10 cm

Sn=25 cm

Untuk mata tidak berakomodasi             

M=2.5

UntUK mata berakomodasi maksimum   

M=3.5

Wih, sekarang sudah bisa nih pakai lup dan menghitung pembesarannya sendiri. Supaya makin jago yuk  uji kemampuanmu lewat ruanguji! Soal-soal latihannya sangat menantang  dan mengasah kemampuanmu. Jangan lupa download, sekarang ya!

New call-to-action

Beri Komentar