Mengenal Macam-macam Sudut

Created by : Tedy Heryansyah
on Apr 5, 2018 2:35:24 PM
4 min read

Matematika_7

Kamu sudah pernah belajar tentang jenis-jenis segitiga bukan pada artikel sebelumnya? Hmm, kalau kamu belum baca, lebih baik kamu baca dulu deh artikel tentang jenis-jenis segitiga dalam matematika. Dalam artikel tersebut kan dijelasin tuh ada tiga jenis segitiga yang dilihat dari besar sudutnya, ada segitiga lancip, segitiga tumpul, dan segitiga siku-siku. Nah, di artikel ini kita akan membahas tentang macam-macam sudut tersebut, plus sudut refleks. Scroll terus ya Squad..

Begini Squad, ternyata sudut-sudut itu ada di sekitar kita, lho. Nggak percaya? Coba perhatikan benda berikut ini:

macam-macam sudut - tablet memiliki sudut tumpul

Tablet memiliki sudut tumpul di tiap ujungnya (sumber: style.tribunnews.com)

Pasti gadget tersebut nggak asing dong ya bagi kamu? Perhatikan, deh. Tablet tersebut kan memiliki ujung-ujung di tiap sisinya. Kalian tahu nggak di ujung sisi tablet tersebut membentuk sudut apa?

Perlu kamu ketahui nih Squad, ternyata ada empat macam sudut loh. Apa aja sih?

1. Sudut siku-siku

Sudut siku-siku itu sudut yang besarnya 90°.

macam-macam sudut - sudut siku-siku

(Sumber: idschool.net)

Dalam gambar tersebut, coba kamu perhatikan titik sudut O. Nah, sudut itulah yang disebut dengan sudut siku-siku.

2. Sudut lancip

Sudut lancip merupakan sudut yang besarnya kurang dari 90° (0° < 90° ).

macam-macam sudut

(Sumber: idschool.net)

Dalam gambar tersebut, titik sudut O membentuk sudut lancip.

3. Sudut tumpul

Sudut tumpul merupakan sudut yang besarnya antara 90° sampai 180° (90° < 180°)

macam-macam sudut

(Sumber: idschool.net)

Perhatikan titik sudut O. Titik sudut itu membentuk sudut tumpul.

4. Sudut refleks

Squad sudah pernah mendengar apa itu sudut refleks? Sudut refleks merupakan sudut yang besarnya antara 180° sampai 360°.

macam-macam sudut

 (Sumber: sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id)

Coba perhatikan garis putus-putus pada gambar di atas. Itulah yang disebut dengan sudut refleks. Lalu bagaimana cara menghitungnya? Perhatikan contoh soal dan pembahasan berikut.

Contoh Soal

macam-macam sudut

Jawaban: D

Pembahasan:

Untuk menghitung sudut refleks, jika diketahui sudut terpendeknya menggunakan rumus 360° dikurang sudut terpendek. Berarti dalam soal tersebut diketahui sudut terpendeknya ialah 100° derajat, maka hasilnya ialah:

360°- 100° = 260°

Masih bingung dengan macam-macam sudut di atas? Atau mau belajar matematika bareng teman-teman di seluruh Indonesia? Semua bisa kok, daftar sekarang aja di Ruangguru digitalbootcamp. Di sana kamu bisa belajar seru dan menyenangkan ditemani kakak-kakak tutor yang berpengalaman dan tentu saja bisa diskusi bareng dengan teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia.

New Call-to-action

Tags: konsep pelajaran SMP Kelas VII matematika vii

Tulis Komentarmu

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read