Fisika Kelas 9 | Mengenal Magnet dan Sifatnya

IPA_9

Hai Squad, pernahkah kamu melihat atau bahkan memiliki hiasan-hiasan yang tertempel di kulkas? Kenapa ya bisa menempel dan tidak jatuh? Tapi kenapa ketika yang ditempelkan kertas atau kayu kenapa tidak menempel? Penasaran, cari tau yuk!

Magnet kulkas

Magnet kulkas (Sumber: health.detik.com)

Nah, benda yang bisa menempel itu disebut sebagai magnet. Magnet merupakan suatu benda yang dapat menarik benda-benda lain dari bahan tertentu. 

Squad, ternyata magnet ini sudah lama ditemukan lho, sekitar 2000 tahun lalu. Magnet sendiri pertama kali ditemukan oleh bangsa Yunani di daerah yang bernama Magnesia (sekarang Manisa, Turki) dan itu juga mengapa dinamankan magnet, sesuai dengan tempat penemuannya, Squad. Pada saat pertama kali ditemukan, magnet masih berupa magnet alam yang berwujud batu, namun memiliki kemampuan untuk menarik benda-benda yang mengandung logam. Magnet ini pertama kali dimanfaatkan oleh bangsa Cina sebagai kompas dalam pelayaran kira-kira mulai tahun 1200 masehi, lho.

Kompas

Kompas (Sumber: giphy)

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, sekarang telah banyak alat-alat yang memanfaatkan magnet seperti telepon, dinamo, bel listrik, loudspeaker, dan lain lain. Oh iya berdasarkan kemagnetannya, benda dapat digolongkan menjadi dua yaitu:

1. Bahan Magnetik (ferromagnetik)

     Bahan yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet dan dapat dimagnetkan

     Contoh : besi, baja, nikel, kobalt.

2. Bahan Non-magnetik, terbagi menjadi dua kelompok yaitu:
     a. Bahan paramagnetik
         Bahan yang ditarik dengan lemah oleh magnet dan tidak dapat dimagnetkan

        Contoh : alumunium, platina, tembaga.

     b.  Bahan diamagnetik

           Bahan yang ditolak dengan lemah oleh magnet dan tidak dapat dimagnetkan

           Contoh : seng, merkuri, emas

Baca Juga: Dari Mana Karet di Dunia Berasal?

Squad, magnet adalah salat satu jenis materi dan pada setiap bahannya memiliki sifat magnetik yang berbeda-beda tergantung pada jenis bahan dan sifatnya.

Coba perhatikan dengan baik, Squad. Jika kamu mendekatkan benda yang terbuat dari besi ke magnet, maka kamu pasti merasakan ada gaya tarik yang menyebabkan besi tersebut melekat pada magnet.

 

Gaya tarik pada kutub magnet

Gaya tarik pada kutub magnet (Sumber: giphy)

Nah, pada setiap magnet pasti memiliki dua tempat paling kuat gaya magnetnya yaitu kutub magnet. Kutub magnet biasanya berada diujung-ujung magnet yang mempunyai gaya tarik atau gaya tolak terbesar. Terdapat 2 kutub magnet yaitu kutub utara (N) dan kutub selatan (S). Gaya yang bekerja pada magnet berupa tarikan dan dorongan. Terdapat dua sifat kutub magnet:

  1. Kutub yang berbeda jenis akan tarik menarik
 Gaya tarik-menarik kutub yang berbeda

 Gaya tarik-menarik kutub yang berbeda (Sumber: giphy)

 2. Kutub yang jenisnya sama akan tolak-menolak

 Gaya tolak-menolak kutub sejenis

 Gaya tolak-menolak kutub sejenis (Sumber: giphy)

Rangkuman Magnet

Wah ternyata alat-alat yang memenfaatkan gaya kemagnetan sangat banyak ya dan ternyata ada sekeliling kita. Kalo kamu mau belajar dan berlatih materi lainnya dengan guru private yang sesuai dengan keinginanmu yuk gabung di ruangles #BelajarJadiHemat

New Call-to-action

Beri Komentar