Ruangguru Blog

    Mengenal Massa Molekul Relatif

    By Rabia Edra · Oct 10, 2017

    Kimia_Header (5)-2.jpg

    Hai RG Squad! Tahukah kamu jika massa molekul relatif itu dapat dicari dari massa atom relatif unsur-unsurnya. Pada tahun 1858, Stanislao Cannizzaro menemukan bahwa teori Avogadro tentang konsep molekul dapat digunakan sebagai dasar penentuan massa molekul berbagai gas. Jika dua macam gas yang volumenya sama diukur pada suhu dan tekanan yang sama, maka massa masing–masing gas dapat ditentukan dari massa jenisnya. Supaya lebih jelas, kita bahas ya!

    Misalnya pada 273 K dan 1 atm, massa jenis gas oksigen sebesar 0,0900 g/L, dan massa jenis gas hidrogen sebesar 1,429 g/L. Karena kedua macam gas diukur pada suhu, tekanan, dan volume yang sama, maka jumlah molekul kedua gas pun akan sama. Maka dari itu, massa setiap molekul hidrogen akan sama dengan 0,0900/1,429 kali massa molekul oksigen.

    Pada waktu itu atom oksigen digunakan sebagai standar massa atom yaitu 16 s.m.a. Oleh karena itu, maka massa molekul oksigen (O2) adalah 32 s.m.a. Berdasarkan hal tersebut, massa molekul hidrogen dapat dihitung sebagai berikut:

    rumus molekul hidrogen.png

    Teori molekul yang diajukan Avogadro, kemudian diperkuat oleh pendapat Cannizzaro. Kemudian memberikan gambaran nyata mengenai komposisi molekul, bahwa molekul unsur merupakan kumpulan atom yang berperilaku sebagai suatu kesatuan dengan komposisi umumnya di atom seperti:

    We are having a baby girl!(6)-2.pngNah, untuk sekarang ini, penentuan massa molekul relatif (Mr) tidak lagi menggunakan metode Cannizaro, melainkan didasarkan pada massa atom relatif unsur–unsur penyusunnya. Mr suatu senyawa adalah jumlah total dari massa atom relatif unsur–unsur penyusunnya.

    Secara sederhananya dapat dicari dengan:

    We are having a baby girl!(14)-1.pngSOAL MASSA MOLEKUL RELATIF.png

    Tidak semua senyawa berbentuk molekul lho ya. Namun, ada juga senyawa yang tersusun dari ion – ion, misalnya saja NaCl. Senyawa NaCl tersusun dari ion Na+ dan Cl-. Oleh karena itu, massa senyawa NaCl dinyatakan dengan massa rumus relatif, sebagai ganti istilah massa molekul relatif. Sedangkan perhitungan massa rumus relatif sama seperti cara penentuan massa molekul relatif.

    Bagaimana, sekarang sudah mengerti kan? RG Squad juga bisa lho belajar bareng tutor yang berpengalaman dan tentunya asik. Caranya gampang, kalian tinggal langsung bergabung di ruangguru digitalbootcamp (rgdb).

    Daftar RGDB Sekarang!

     

    Share this:

    Tags: konsep pelajaran, SMA, Kelas X, Kimia X

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru