Matematika Kelas 11 | Mengenal Matriks dalam Matematika: Pengertian, Jenis, dan Transpose

Matematika_11

Squad, tahu nggak sih kalau ada materi matematika yang bisa kamu gunakan untuk menentukan persentase posisi bola ketika pertandingan berlangsung? Emang ada? Ternyata ada lho, Squad, nama materinya adalah matriks. Jadi, apa itu sebenarnya matriks? Mari kita simak penjelasannya, Squad!

pengertian matriks

Contoh mudah matriks dapat kamu lihat dalam ilustrasi di bawah ini:

matriks dalam matematika

Ilustrasi di atas dapat kamu baca seperti ini: a11 dibaca baris ke-1 dan kolom ke-1; a12 dibaca baris ke-1 dan kolom ke-2; atau amn yang berarti baris ke-m dan kolom ke-n. Banyaknya baris dan kolom dalam matriks disebut dengan ordo. Urutan yang perlu diingat adalah baris kemudian kolom. Matriks dalam ilustrasi di bawah ini memiliki ordo 2x3, karena memiliki dua baris dan tiga kolom.

Untuk mengetahui matriks dalam matematika lebih dalam, ada beberapa jenis matriks yang perlu kamu ketahui, Squad. Jenis-jenisnya adalah:

1. Matriks nol             : matriks yang semua elemennya adalah nol.

2. Matriks baris         : matriks yang hanya memiliki satu baris.

3. Matriks kolom      : matriks yang hanya memiliki satu kolom.

4. Matriks persegi    : matriks yang memiliki jumlah baris dan kolom yang sama.

5. Matriks identitas : matriks konstanta dengan elemen diagonal utama adalah 1.

JENIS-JENIS MATRIKS

Selain jenis-jenis matriks, ada juga yang disebut dengan transpose matriks. Ingat ‘kan kalau matriks selalu dilambangkan dengan huruf kapital? Misalnya lambang satu matriks adalah A. Nah, transpose dari matriks A dilambangkan dengan A’ (dengan tanda petik satu di atasnya). Transpose sendiri dilakukan dengan meletakkan baris pada matriks A menjadi kolom pada matriks A’, begitu juga sebaliknya.

pusing

Baca juga: Apa Manfaat dari Belajar Barisan dan Deret Aritmatika?

 

Jangan pusing dulu, Squad! Kamu bisa lihat contoh transpose matriks di bawah ini:

contoh transpose matriks matematika

Sudah paham dong sekarang? Coba, kita uji yuk pemahaman kamu lewat latihan soal di bawah ini:

Diketahui transpose matriks latihan soal transpose matriks matematika, maka matriks A adalah…

A.  a

B. b

C. c

D. d

E. e

 

Pembahasan:

Cara menyelesaikannya tetap sama yaitu, pertukaran baris dengan kolom. Baris 1 -> kolom 1, baris 2 - > kolom 2 akan menjadi b-1. Sehingga jawabannya adalah: B.

Matriks ini dapat digunakan dalam berbagai hal, seperti untuk menghitung persentase posisi bola dalam pertandingan sepak bola, mengirim sandi dalam militer, hingga penggunaan kalkulator. Gimana, sudah lancar ‘kan, Squad tentang matriks dalam matematika ini? Kamu bisa ikut berbagai latihan soal tentang matriks di RuangUji. Selamat mencoba!

New call-to-action

 

Beri Komentar