Sejarah Kelas 8 | Mengenal Perjanjian Renville

Mengenal Perjanjian Renville

Artikel ini menjelaskan tentang perjanjia renville.

--

Hayo, siapa yang suka pelajaran sejarah? Bangsa Indonesia merupakan salah satu bangsa yang kaya dengan sejarah. Salah satu bagian dari sejarah bangsa Indonesia adalah perjanjian-perjanjian yang dibuat dengan penjajah ketika zaman penjajahan dahulu. Salah satu perjanjian tersebut diberi nama Perjanjian Renville. Seperti apa sih, Perjanjian Renville tersebut? Yuk, kita simak pembahasannya bersama-sama!

Mengenal Perjanjian Renville

Kapal USS Renville (maritimnews.com)

Latar belakang terjadinya Perjanjian Renville adalah usul dari Komisi Tiga Negara (KTN) yang dipertemukan oleh Indonesia dan Belanda dalam perundingan. Perundingan tersebut dilakukan di atas kapal Amerika Serikat yang bernama USS Renville.

Perundingan tersebut diadakan pada tanggal 8 Desember 1947 ketika kapal tersebut sedang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok. Indonesia diwakili oleh Mr. Amir Syarifuddin. Sementara itu, pihak Belanda diwakili oleh R. Abdulkadir Widjojoatmodjo, yang merupakan orang Indonesia pemihak Belanda. Hasil perundingan Renville, yang kemudian disebut sebagai perjanjian Renville. resmi ditandatangani pada tanggal 17 Januari 1948. 

Squad, penasaran nggak sih dengan isi Perjanjian Renville? Apa saja ya, yang terkandung dalam Perjanjian Renville? Nah, ternyata, ini isi Perjanjian Renville: 

Mengenal Perjanjian Renville

Isi Perjanjian Renville ternyata membuat Indonesia semakin sulit. Wilayah Indonesia menjadi semakin sempit dan terjadi blokade ekonomi yang dilakukan oleh Belanda terhadap Indonesia. Akibat lain dari Perjanjian Renville adalah jatuhnya Kabinet Amir Syarifuddin karena banyaknya protes dari golongan-golongan masyarakat di Indonesia. Selain itu, karena banyaknya protes tersebut, muncul kelompok-kelompok anti pemerintah. Meskipun banyak protes yang dilayangkan, Kabinet Hatta - kabinet baru setelah runtuhnya Kabinet Amir Syarifuddin - dengan terpaksa tetap melaksanakan Perjanjian Renville walaupun sangat merugikan untuk Indonesia. 

Contoh kerugian yang dialami Indonesia antara lain wilayah Indonesia yang sudah dalam penguasaan Belanda harus segera dikosongkan dari TNI. Pasukan Divisi Siliwangi di Jawa Barat yang sudah dikuasai oleh Belanda juga harus dipindahkan ke Jawa Tengah dan Jogjakarta karena kedua wilayah tersebut masih dikuasai oleh RI. Hal tersebut juga dilakukan oleh pasukan RI di Jawa Timur. Peristiwa tersebut dikenal sebagai hijrah. Selain itu, berdasarkan Persetujuan Renville, muncul Garis Demarkasi Van Mook yang semakin mempersempit wilayah RI. 

Mengenal Perjanjian Renville

Wilayah Indonesia berdasarkan Perjanjian Renville (Sumber: rebanas.com)

Bagaimana, Squad? Ternyata Perjanjian Renville sangat merugikan Indonesia, ya! Sebagai warga negara yang baik, kita harus selalu berjuang untuk menjaga keutuhan negara ini, ya! Kira-kira, bagaimana caranya, ya? Tentu saja salah satu caranya dengan belajar yang rajin. Supaya belajarnya semakin rajin, yuk belajar dengan Ruangguru On-The-Go! Tinggal colok usb-nya di HP-mu, dan kamu siap belajar di mana saja! Psst, yang lebih serunya lagi, Ruangguru On-The-Go! bebas kuota, lho! Yuk, dapatkan sekarang! 

ruangguru on the go

Beri Komentar