Ekonomi Kelas 9 | Mengenal Perkembangan Ekonomi Kreatif Di Indonesia

Nicholas Suhadi Apr 26, 2018 • 4 min read


ada apa saja ekonomi kreatif di indonesia

Artikel IPS kelas IX ini akan membahas mengenai konsep ekonomi kreatif dan penerapannya dalam berbagai sektor di Indonesia. 

Hey Squad, apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu semangat belajar, ya! Hayo, siapa di antara kalian yang kalau sudah besar nanti mau menjadi wirausahawan? Para wirausahawan ini berperan besar dalam pengembangan sektor ekonomi, khususnya sektor ekonomi kreatif, lho. zApakah kalian pernah mendengar konsep ekonomi kreatif? Belum kan? Yuk, mari kita simak bersama mengapa konsep ekonomi kreatif sangat penting!

Nah, kalian sudah tahu belum sih apa itu konsep ekonomi kreatif? Konsep ekonomi kreatif merupakan konsep yang mengutamakan kemampuan berkreativitas dan berinovasi. Konsep ini juga mengandalkan sumber daya manusia untuk mencapai kesejahteraan. Selain itu konsep ini memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Indonesia sendiri memiliki banyak sektor ekonomi kreatif, lho! Banyak bangeeeet! Apa saja, sih? Kuy, kita simak satu persatu. 

Sektor yang pertama adalah sektor kuliner. Hayo, siapa yang suka makan di sini? Dalam bidang kuliner, salah satu penerapan ekonomi kreatif dilakukan dengan cara membuat jenis makanan baru. Bahkan, pada beberapa kasus, jenis makanan baru ini menjadi populer banget, lho! Contohnya antara lain ayam geprek. Pasti kamu sudah pernah coba ayam geprek, kan? 

ekonomi kreatif

Ayam gepreknya enak, nih! (Sumber: radartasikmalaya.com)

Sektor selanjutnya adalah periklanan. Coba deh kamu perhatikan, sekarang banyak sekali kan iklan-iklan dengan konsep kreatif? Nah, kegiatan periklanan kreatif ini sangat memanfaatkan media dalam proses pendistribusiannya. Kamu mau ikut berkecimpung di bidang ini juga? 

Sektor ekonomi kreatif selanjutnya adalah arsitektur. Ekonomi kreatif dan arsitektur berkaitan dari segi desain. Desain interior sudah mulai berkembang pesat lho. Tidak hanya untuk desain di rumah, tapi juga untuk desain perkantoran atau ruang publik lainnya. Selain itu, desain arsitektur dan tata kota juga turut menerapkan prinsip ekonomi kreatif ini. 

Siapa di antara kalian yang suka pelajaran kerajinan tangan dan kesenian? Sektor kerajinan ini merupakan salah satu sektor yang cukup populer di bidang ekonomi kreatif. Coba deh kamu ingat-ingat, kalau kamu pergi ke tempat wisata, banyak banget kan cenderamata kerajinan tangan lokal yang dijual? Bagus-bagus, kan? Sektor kerajinan ini juga menyumbang banyak lho untuk keberlangsungan tempat wisata tersebut. Kamu sudah pernah beli kerajinan tangan lokal daerah mana saja, nih? Cerita-cerita yuk di kolom komentar!

ekonomi kreatif

 Membuat produk kerajinan tangan dari tanah liat (Sumber: lampungtribunnews.com)

Baca Juga: Mengenal Sumber Daya Manusia Di Indonesia

Kamu pernah nonton fashion show, nggak? Pernah lihat fashion show yang pakaiannya terbuat dari plastik daur ulang? Nah, itu juga termasuk salah satu contoh ekonomi kreatif. Kreatif banget, ya! Ternyata kegiatan daur ulang juga bisa menghasilkan keuntungan dan karya seni yang bagus banget ya. Hayo, siapa di sini yang suka melakukan kegiatan daur ulang? 

Selain fashion show, bidang seni rupa juga turut berkontribusi dalam pengembangan ekonomi kreatif ini. Kamu sudah pernah datang ke Jakarta Biennale? Nah, ini salah satu bentuk konkret dalam rangka mengembangkan ekonomi kreatif di bidang seni rupa. Jakarta Biennale ini adalah pameran karya seni rupa dari berbagai seniman di seluruh dunia. Seru banget, ya! 

Selain seni rupa, musik juga merupakan salah satu sektor penting dalam ekonomi kreatif. Keterlibatan musik dalam perkembangan ekonomi kreatif ini bentuknya bermacam-macam, baik dari segi album musik secara fisik maupun pertunjukan musik. Siapa yang suka main musik di sini? 

ekonomi kreatif

Seru banget ya main musik bersama ayah (Sumber: Shutter Stock)

Kegiatan lain yang berkaitan dengan ekonomi kreatif adalah seni pertunjukan. Hayo, apa aja nih yang termasuk ke dalam seni pertunjukan? Yes, seni pertunjukan ini contohnya antara lain pertunjukan teater dan drama musikal. Sudah pernah nonton? Dalam suatu pertunjukan teater dan drama musikal, tentu banyak banget aspek yang bisa dilibatkan dengan ekonomi kreatif. Misalnya dari segi kostum atau properti panggungnya. Ada yang bercita-cita ingin jadi penampil profesional di bidang seni pertunjukan? 

ekonomi kreatif

Yuk, nonton pertunjukan teater! (Sumber: Shutter Stock)
 
Gimana Squad? Sudah mengerti belum? Kamu masih butuh banyak referensi? Kalau gitu, yuk belajar di ruangbelajar! Di sana terdapat banyak video belajar dengan animasi yang keren dan soal yang bisa membantu kamu untuk memperdalam pemahaman materinya. Download sekarang, yuk! 

ruangbelajar

Beri Komentar