Macam-macam Bentuk Gambar Piramida Penduduk | Geografi Kelas 10

Piramida Penduduk

Squad, apakah kota tempat tinggalmu tergolong padat penduduk? Bingung bagaimana menjawabnya? Nah, dalam geografi ada yang disebut dengan piramida penduduk. Lalu apa sih maksudnya itu? Kita bahas bersama ya beserta contoh gambar piramida penduduk.

Pengertian Piramida Penduduk

Piramida penduduk merupakan bentuk penyajian data kependudukan (jenis kelamin dan kelompok umur) antara dua grafik batang yang digambarkan berlawanan arah dengan posisi horizontal. Dalam piramida penduduk, terdapat dua sumbu, yaitu sumbu horizontal dan sumbu vertikal. Sumbu vertikal menggambarkan umur penduduk dari nol sampai dengan 65 tahun lebih, dengan interval satu atau lima tahunan. Sedangkan sumbu horizontal menggambarkan jumlah penduduk, baik absolut maupun relatif dalam skala tertentu. Pada sumbu vertikal, statistik penduduk laki-laki digambarkan di sisi sebelah kiri, sedangkan perempuan di sisi sebelah kanan.

tentang  piramida penduduk

Berdasarkan umur, jenis kelamin, dan karakteristik penduduk suatu daerah atau negara, terdapat 3 jenis piramida penduduk, yaitu Piramida Penduduk Muda (ekspansif), Piramida Penduduk Dewasa (stasioner), dan Piramida Penduduk Tua (konstruktif).

1. Piramida Penduduk Muda (ekspansif)

Gambar piramida penduduk muda berbentuk kerucut dengan alas yang lebar dan puncak yang meruncing. Piramida penduduk muda menggambarkan pertumbuhan penduduk yang pesat. Selain itu, pada piramida penduduk muda, jumlah penduduk usia muda merupakan jumlah yang dominan. Contoh negara dengan piramida penduduk muda adalah Indonesia dan Cina. Apa saja ya, informasi yang terkandung dalam piramida tersebut?

Penjelasan piramida penduduk

2. Piramida Penduduk Dewasa (stationer)

Piramida ini menggambarkan negara atau daerah dengan pertumbuhan penduduk yang stabil. Dalam piramida penduduk dewasa, angka kelahiran (natalitas) dan angka kematian (mortalitas) cenderung seimbang. Oleh karena itu, jenis piramida penduduk dewasa sangat sering ditemukan di negara maju, seperti Amerika Serikat dan Inggris. Informasi yang terkandung pada piramida tersebut antara lain:

Penjelasan gambar Piramida Penduduk stationer

3. Piramida Penduduk Tua (Konstruktif)

Piramida penduduk tua menggambarkan kondisi daerah atau negara yang angka pertumbuhan penduduknya cenderung mengalami penurunan. Gambar piramida penduduk tua berbentuk batu nisan dan terdapat antara lain di Jerman, Belgia, dan Swedia. Informasi apa saja yang terkandung dalam piramida tersebut, ya?

gambar Piramida Penduduk konstruktik

Squad, seperti apa ya, bentuk ketiga piramida tersebut? Bentuk ketiga piramida tersebut dapat dilihat di gambar berikut ini:

gambar piramida Penduduk

(Sumber: aditya-hidayatullah.blogspot.com)

Squad, bagaimana? Apakah kamu sudah mengerti dengan penjelasan mengenai piramida penduduk di atas? Dengan adanya piramida penduduk, kamu bisa lebih mudah memahami demografi penduduk lho, Squad! Kamu ingin latihan lebih banyak lagi? Yuk, download aplikasi ruangbelajar! Di aplikasi ruangbelajar, kamu bisa belajar lewat video belajar dan latihan soal. Lebih serunya lagi, kamu bisa belajar di mana saja tanpa harus buang-buang waktu. Yuk, belajar bersama ruangbelajar sekarang.

ruangbelajar

Beri Komentar