Mengenal Preposition of Time In, On & At | Bahasa Inggris Kelas 7

Preposition of Time

Yuk, mengenal preposition of time in, on, dan at. Bagaimana sih cara menggunakannya dan contoh penggunaannya? Simak terus!

Setiap hari kamu bangun tidur jam berapa sih, guys? Kira-kira, kamu tahu nggak cara menyampaikannya dalam bahasa Inggris? Kalau kamu ingin menyampaikan waktu dalam bahasa Inggris dibutuhkan kata depan atau preposition. Nah, dalam hal ini yang bisa kamu gunakan adalah preposition of time, yaitu kata depan untuk menunjukkan waktu. Apa aja sih yang termasuk ke dalam preposition of time? Yuk, simak penjelasannya.

 

Pengertian Preposition of Time

Sebelum kita membahas tentang preposition of time, kamu harus tahu dulu nih apa yang dimaksud dengan preposition. Preposition adalah suatu kata yang digunakan untuk menghubungkan satu kata dengan yang lainnya.

Preposition of Time adalah preposisi yang digunakan khusus untuk menunjukkan waktu. Ada apa saja ya? Di artikel ini, kamu akan berkenalan dengan tiga preposition of time, yaitu In, On dan At. Kapan saja sih preposisi tersebut bisa digunakan?

Agar kamu lebih mudah memahami ketiga preposition of time tadi, kamu bisa melihat segitiga terbalik berikut ini.

Preposition of Time In, On, At

In yang terletak paling atas menunjukkan waktu yang lebih general atau lebih umum. Sedangkan, on menunjukkan waktu yang lebih sempit. Sementara itu, at digunakan untuk menunjukkan waktu yang sangat spesifik. Yuk, coba kita bahas satu per satu ya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menyebutkan Waktu dalam Bahasa Inggris?

 

Mengenal Preposition “In”

Biasanya, in digunakan untuk menjelaskan keterangan waktu khususnya untuk menyatakan bulan, tahun, atau musim. Coba lihat contohnya pada tabel di bawah ini.

Preposition “In” Examples

Centuries

In the 21st century

Decades

In the 1990s

Years

In 2020

Seasons

In winter

Months

In August

Long periods of time

In the past / In the future

Seperti apa contoh kalimatnya? Yuk, lihat berikut ini.

  • In December, people in United States celebrate winter holiday.(Pada bulan Desember, warga Amerika Serikat merayakan liburan musim dingin.)
  • In winter, bears hibernate.(Pada musim dingin, beruang melakukan hibernasi.)
  • In 2014, Germany won the World Cup.(Pada tahun 2014, Jerman memenangkan Piala Dunia.)
  • He will finish the test in one hour.(Ia akan menyelesaikan tes dalam waktu satu jam.)

 

Mengenal Preposition “On”

On menunjukkan kurun waktu yang lebih spesifik ya, guys. Kalau kamu ingin menunjukkan keterangan bulan saja, kamu bisa menggunakan in. Tapi kalau bulannya itu diawali dengan tanggal, kamu harus menggunakan preposition on karena lebih spesifik. Selain tanggal, on juga digunakan untuk menjelaskan keterangan hari, termasuk hari kerja (on the weekdays) dan akhir pekan (on the weekends).

Preposition “On” Examples

Dates

On the 2nd of April

Days

On Sunday

Coba kita lihat contoh kalimatnya berikut ini.

  • All students must attend a flag ceremony on Monday.(Seluruh siswa wajib mengikuti upacara bendera di hari Senin.)
  • My birthday is on December 31.(Ulang tahunku tanggal 31 Desember.)

 

Mengenal Preposition “At”

At digunakan untuk menunjukkan waktu yang sangat spesifik, yaitu jam. Selain itu, at juga bisa digunakan untuk menunjukkan waktu spesifik tertentu atau yang disebut particular time seperti di malam hari, saat makan siang, dan sebagainya. Coba lihat tabel berikut supaya kamu lebih paham.

Preposition “At” Examples

Time of the day

At 8 o’clock

At 9.30 a.m.

Particular time

At noon

At sunrise

At sunset

At bedtime

At the moment

At dinnertime

At lunchtime

Lihat penggunaannya dalam kalimat berikut ini.

  • I usually eat salad at night. (Saya biasanya makan salad di malam hari.)
  • The show starts at 6 p.m. (Pertunjukannya dimulai pukul 6 sore.)

 

Pengecualian Penggunaan In, On, dan At

Psst, ternyata ada juga, lho, special expression yang tidak mengikuti pola segitiga di atas. Jadi, nggak selamanya In itu menunjukkan waktu yang general atau At menunjukkan waktu yang spesifik. Apa aja pengecualiannya?

Preposition of Time

1. Part of the day

Untuk menujukkan bagian-bagian hari, kamu bisa menggunakan preposition in. Contohnya seperti in the morning, in the afternoon, atau in the evening. 

Namun jika ditambahkan keterangan hari, maka kamu bisa menggunakan on. Contohnya seperti on Tuesday morning, on Wednesday afternoon, atau on Thursday evening.

2. Keterangan waktu “di malam hari”

Nah, istilah khusus lainnya adalah preposition yang digunakan untuk menunjukkan waktu di malam hari, yaitu menggunakan at. Contohnya, at noon, at night, atau at midnight.

3. Penggunaan at dan on untuk menunjukkan waktu weekend dan Christmas

Khusus untuk weekend dan Christmas, kamu bisa menggunakan dua prepositions, yaitu at dan on, lho. Terus yang benar yang mana? Dua-duanya benar, guys. Bedanya, at the weekend dan at Christmas digunakan oleh orang Inggris. Sementara itu, on the weekend dan on Christmas digunakan oleh orang Amerika.

Gimana, sekarang kamu sudah bisa kan menyatakan waktu dalam bahasa Inggris dengan tepat? Selain ketiga preposition of time yang sudah kita bahas tadi, masih ada lagi lho yang lainnya. Penasaran? Cuss, langsung aja belajar lebih dalam di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D