Mengenal Preposition of Time

Mengenal Preposition of Time

Halo, Squad! Biasanya kamu bangun tidur jam berapa, sih? Apakah kamu tahu cara menyebutkan waktunya dalam bahasa Inggris? Kamu harus menggunakan preposisi (kata depan) yang disebut dengan preposition of time untuk menyampaikannya. Apa ya maksudnya? Langsung saja, simak penjelasannya di bawah ini!

Terdapat 3 jenis preposition of time yang bisa digunakan yaitu on, in, dan at. Kapan saja sih, preposisi tersebut boleh digunakan?  
 
On
Preposisi on dalam konteks menjelaskan waktu bisa digunakan untuk menjelaskan hari-hari. Contoh kalimatnya, All students must attend a flag ceremony on Monday (Seluruh siswa wajib mengikuti upacara bendera di hari senin). Selain contoh di atas, kamu juga bisa menggunakan preposisi on untuk menyatakan tanggal, misalnya my birthday is on December 31st (Ulang tahunku tanggal 31 Desember). 

In

Selain on, kamu juga bisa menggunakan preposisi in untuk menjelaskan keterangan waktu khususnya untuk menyatakan bulan. Contoh kalimatnya, In December, people in United States celebrate Winter Holiday (Pada bulan Desember, warga Amerika Serikat merayakan liburan musim dingin). Jika kamu ingin menyatakan musim, kamu juga bisa menggunakan preposisi ini. Contohnya adalah, In winter, bears hibernate (Pada musim dingin, para beruang melakukan hibernasi). 

Masih ada nggak sih, contoh lain penggunaan preposisi in? Masih dong! Kamu bisa menggunakannya untuk menyatakan waktu-waktu tertentu dalam satu hari. Misalnya, In the morning, the sun rises (Matahari terbit di pagi hari). Kalau kamu ingin menyatakan tahun, kamu juga bisa menggunakan preposisi ini, contohnya In 2014, Germany won the World Cup (Pada tahun 2014, Jerman memenangkan Piala Dunia). Jika kamu ingin menyatakan periode waktu tertentu, kamu juga bisa menggunakan preposisi in, salah satu contohnya adalah kalimat He will finish the test in one hour (Ia akan menyelesaikan tes dalam waktu satu jam). 

At

Preposisi waktu yang ketiga adalah at. Preposisi ini bisa digunakan untuk menyatakan waktu kejadian di malam hari, misalnya I usually eat salad at night (Saya biasanya memakan salad di malam hari). Selain itu, jika ingin menyatakan waktu akhir pekan, kamu juga bisa menggunakan preposisi ini. Contohnya, There is a street market I usually visit at the weekend (Terdapat pasar kaget yang selalu kukunjungi pada akhir pekan). Jika kamu ingin menyatakan jam yang lebih spesifik, kamu juga bisa menggunakan preposisi at. Contohnya, The show starts at six PM (pertunjukannya dimulai pukul 6 sore). 

Mengenal Preposition of Time

Squad, setelah membaca artikel ini, kamu tentu sudah bisa kan menyatakan waktu dalam bahasa Inggris? Supaya makin oke lagi, yuk belajar pakai ruangbelajar! Kamu bisa nonton video belajar, mengerjakan soal, dan cek rangkuman kapan saja dan di mana saja lewat HP-mu! Yuk, download sekarang dan buat #BelajarJadiMudah

New Call-to-action

Beri Komentar