Mengenal Program Au Pair: Lebih dari Sekadar Pertukaran Budaya

Anggraeni Puspitasari

Jul 31, 2019 • 4 min read

Wow ternyata


program au pair

Artikel ini membahas tentang program Au Pair, mulai dari pengertiannya secara umumpilihan negara tujuanhingga persiapan yang diperlukan untuk menjadi Au Pair.

--

Squad, kamu pernah mendengar tentang program Au Pair nggak, sih? Ada yang bilang program ini dapat menjadi  tiket kamu untuk jalan-jalan ke luar negeri bahkan tinggal di sana dalam beberapa waktu tertentu. Beberapa orang mengaitkan Au Pair dengan nanny, babysitter, bahkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Hmm, apa iya? Gimana sih pengertian Au Pair sebenarnya? Yuk, simak penjelasannya berikut!

Seperti apa sih rasanya menjadi Au Pair?

Baik perempuan atau laki-laki yang belum menikah dan tidak memiliki anak dapat menjadi seorang Au Pair. Ketika kamu menjadi seorang Au Pair, kamu akan tinggal dan hidup di luar negeri dalam jangka waktu tertentu, minimal selama enam bulan. Nah, ketika tinggal di sana, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tempat tinggal. Lho? Memang bisa ya tinggal di luar negeri tapi gratis? Tentu! Dengan menjadi Au Pair kamu akan tinggal berdampingan dengan keluarga angkat atau host family dan menjadi bagian dari keluarga tersebut.

program au pair - pertukaran budayaProgram Au Pair ke Jerman dari Indonesia (Sumber: dw.com)

Walaupun begitu, kamu memiliki tanggung jawab yang perlu dipenuhi, nih. Kamu diharuskan untuk mengasuh atau menjaga anak dari keluarga angkat yang tinggal bersamamu. Sebagai balasannya, kamu akan mendapatkan uang saku juga lho. Tidak jarang, seorang Au Pair juga turut serta dalam liburan keluarga serta memiliki hak untuk didaftarkan mengikuti les bahasa.

Frasa Au Pair itu sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Prancis yang dapat diartikan dengan ‘sebanding‘ atau ‘senilai‘. Makna sebanding ini mengacu pada hubungan antara keluarga angkat dengan Au Pair yang berada pada tingkatan atau level yang sama. Au Pair ini tidak sama dengan nanny, babysitter, atau asisten rumah tangga, ya. Mengapa? Ketiganya dikategorikan dalam pekerjaan dan harus dicatat di bawah Lembaga Ketenagakerjaan di negara terkait dan diberikan minumum gaji sesuai dengan peraturan berlaku.

Negara tujuan Au Pair ke mana saja, sih? 

program au pair - pertukaran budayaJerman, salah satu negara tujuan terpopuler untuk Au Pair (Sumber: germanyvisa.co.uk)

Menurut laman aupairworld.com, terdapat 21 negara yang menerima Au Pair berasal dari berbagai belahan dunia. Pilihan negara tersebut menentukan persyaratan dan besaran uang saku yang akan didapatkan. Sebagai perbandingan, negara Jepang dan Amerika Serikat memiliki perbedaan persyaratan untuk calon Au Pair. Salah satu perbedaannya terletak pada status kewarganegaraan dari calon Au Pair.

Apabila Jepang membatasi calon Au Pair hanya boleh berasal dari negara-negara tertentu, seperti Australia, Denmark, dan Jepang, negara Amerika Serikat membebaskan siapa pun untuk mendaftar. Selain dua negara tersebut, pilihan negara tujuan Au Pair cukup beragam, seperti Finlandia, Norwegia, Turki, Spanyol, Italia, hingga Islandia.

Hal-hal yang perlu diperhatikan kalau ingin jadi Au Pair

Perlu diingatkan lagi bahwa kamu akan tinggal di negara asing bukan untuk liburan semata, ya. Au Pair ini merupakan misi pertukaran budaya antara keluarga angkat dengan Au Pair itu sendiri. Kamu akan benar-benar hidup seperti penduduk asli di negara tempat kamu singgah. Oleh karena itu, kamu perlu untuk menguasai bahasa nasional negara tersebut agar mampu untuk bergaul dan bertahan hidup.

Selain bahasa, kamu juga perlu untuk menyiapkan asuransi untuk diri sendiri selama kamu tinggal di luar negeri. Pembayaran biaya asuransi tersebut diputuskan melalui kesepakatan antara kamu dan juga keluarga angkat. Begitu pula dengan urusan pembiayaan visa yang membutuhkan kesepakatan antara calon Au Pair dan keluarga angkat. Disebutkan juga bahwa di negara tertentu seperti Amerika Serikat, calon Au Pair diharuskan mengantongi ijazah sekolah, minumum SMA.

Gimana, Squad? Tertarik nggak nih buat ikutan program Au Pair? Tentu kamu ingat dong kemampuan bahasa asing merupakan syarat yang penting untuk mendaftar sebagai Au Pair? Nah, biar pemahaman bahasa asing kamu semakin baik, coba deh belajarnya di ruangbelajar. Beragam video pembelajaran beranimasi yang komunikatif plus ribuan latihan soal dilengkapi pembahasan. Lengkap deh pokoknya. Cuma di ruangbelajar belajar dengan cara seru untuk lebih banyak tau!

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar

Recent Posts