Mengenal Pronoun dalam Bahasa Inggris (Bagian 3)

Mengenal Pronoun dalam Bahasa Inggris

Squad, siapa yang suka merefleksikan diri? Biasanya, refleksi diri dilakukan supaya kita bisa terus bersyukur dan semangat dalam menjalani hidup, ya. Psst, tahukah kamu, ternyata refleksi diri tidak hanya ada di antara manusia saja, lho! Lalu, ada di mana lagi, ya? Ternyata, dalam bahasa Inggris, ada salah satu jenis pronoun yang disebut reflexive pronoun, yang berfungsi untuk menjelaskan sesuatu yang dilakukan ke diri sendiri. Wah, seperti apa tuh? Yuk, kita lanjut mengenal pronoun dalam bahasa Inggris, khususnya reflexive pronoun

Baca Juga: Mengenal Pronoun dalam Bahasa Inggris (Bagian 2)

Penggunaan Reflexive Pronoun

Squad, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah kalimat dengan reflexive pronoun. Reflexive pronoun bisa digunakan sebagai objek langsung dan objek tidak langsung dari sebuah kata kerja, dengan catatan, objek dan subjeknya sama. Contoh kalimatnya adalah Adam gave himself a new motorbike as birthday present. Dalam kalimat tersebut, kata Adam dan himself merupakan orang yang sama, karena keduanya menggambarkan Adam. Oleh karena itu, arti dari kalimat tersebut adalah Adam memberikan dirinya sendiri sepda motor baru sebagai hadiah ulang tahun. 

Squad, jika sebuah objek memiliki maksud yang sama dengan subjeknya, kita juga harus menggunakan reflexive pronoun. Contoh kalimat dari kasus ini adalah Erna laughed at herself when she realized her silly mistake (Erna menertawakan dirinya sendiri ketika ia menyadari kesalahan yang diperbuat). Selain itu, reflexive pronoun juga bisa digunakan sebagai objek pada kalimat perintah. Contohnya adalah kalimat just be yourself, don't be shy! (Jadilah dirimu sendiri, jangan malu-malu!) 

Wah, apakah hanya itu saja? Psst, masih ada lagi nih ketentuan-ketentuan lainnya untuk menggunakan reflexive pronoun. Reflexive pronoun juga digunakan ketika objek preposisional ingin menarik perhatian pada orang atau benda yang dibicarakan. Contoh kalimatnya adalahVivian herself told me so (Vivian sendiri yang memberitahuku). 

Jika kamu ingin menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh dirimu sendiri, kamu juga bisa menggunakan reflexive pronoun, lho! Contoh kalimat ini antara lain Novita does the cooking and washing herself (Novita memasak dan mencuci sendiri). Selain itu, reflexive pronoun juga bisa digunakan untuk menyatakan kesendirian. Misalnya, Jack was sitting by himself in the cafetaria (Jack duduk sendiri di kafetaria). 

contoh pronoun dalam bahasa inggris

Squad, ada beberapa catatan yang harus kamu perhatikan nih untuk penggunaan reflexive pronun. Apa saja sih? Yuk, simak catatannya di bawah ini!

catatan pronoun dalam bahasa inggris

Squad, ternyata pronoun, salah satunya adalah reflexive pronoun, bisa kita temukan dalam bahasa sehari-hari, ya! Hayo, siapa yang mau belajar pronoun lebih lanjut lagi? Kuy, belajar bersama Ruangguru digitalbootcamp! Kamu bisa belajar hanya lewat group chat dan bisa kenalan dengan banyak teman di seluruh Indonesia, lho! Kuy, daftar sekarang! Sampai ketemu di Ruangguru digitalbootcamp, ya. 

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar