Blog Ruangguru

    Mengenal Radiasi Benda Hitam

    By Karina Dwi Adistiana · Feb 9, 2018

    radiasi benda hitam

    RG Squad, pernahkah kamu merasa gerah ketika memakai pakaian gelap atau hitam di siang hari? Mengapa demikian? Hal ini karena permukaan benda yang berwarna hitam akan menyerap kalor (radiasi panas) lebih dari benda yang berwarna cerah. Fenomena ini berlaku sama pada radiasi benda hitam lainnya juga. Nah, apa itu radiasi benda hitam? Simak penjelasan berikut, yuk!

    Istilah benda hitam diperkenalkan pertama kali oleh Gustav Robert Kirchhoff pada tahun 1862. Benda hitam merupakan sebutan untuk benda yang menyerap seluruh radiasi termal yang diterima, dengan tidak memantulkan cahaya dan tidak memungkinkan cahaya apapun untuk melewati atau keluar dari sisi manapun. Energi yang terserap akan memanas dan memancarkan radiasinya, radiasi ini yang biasa disebut dengan radiasi benda hitam. Tidak ada benda yang benar-benar ideal sebagai benda hitam, tetapi ada beberapa benda yang berperilaku layaknya benda hitam. Contohnya pada pembakar kompor listrik. Ketika menaikkan suhu kompor dari suhu rendah ke suhu tinggi, dapat teramati bahwa kompor tersebut menghasilkan radiasi benda hitam dan terjadi perubahan dari hitam menjadi merah membara.

    radiasi benda hitam
    Benda hitam yang ideal digambarkan sebagai rongga hitam dengan lubang kecil, ketika suatu cahaya memasuki rongga melalui lubang maka berkas cahaya akan dipantulkan berkali-kali di dalam rongga dan tidak dapat keluar kembali ke lubang. Dinding-dinding yang berwarna hitam akan menyerap sinar, benda hitam akan menyerap cahaya yang suhunya lebih rendah dari suhu sekitarnya, dan memancarkan cahaya yang suhunya lebih tinggi dari suhu sekitarnya.
    radiasi benda hitam

     Model benda hitam ideal yang menyerap radiasi melalui pemantulan berulang. 

    (Sumber: fisikazone.com)

    Benda hitam mempunyai nilai absorptansi (daya serap) dan emisivitas (daya pancar) yang besarnya sama dengan satu (e=1) artinya benda hitam menyerap semua energi yang diterima dan tidak ada energi yang keluar. Berbeda halnya dengan benda putih yang memiliki nilai emisivitas yang besarnya sama dengan nol (e=0) artinya benda putih memantulkan seluruh energi radiasi.

    Nah Squad, sekarang kamu sudah lebih paham kan apa itu radiasi pada benda hitam? Kamu masih punya pertanyaan lain tentang materi ini? Langsung saja tanyakan melalui ruanglesonline. Kamu tinggal foto pertanyaanmu dan gurumu akan langsung menjawab lho, Squad. Ayo gunakan sekarang!

    New Call-to-action

    Share this:

    Tags: konsep pelajaran, kelas xii, SMA, Fisika XII

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru