Mengenal Rancangan Penelitian Sosial

sosiologi_10

Squad pernah gak bikin penelitian? Bahasa kerennya itu, Squad pernah gak melakukan observasi? Nah, kalo Squad pernah melakukan penelitian, berarti Squad paham dong tentang rancangan penelitian? Jangan bilang belom paham.

Hmmm….kalau diantara Squad belum paham, artikel ini mungkin jadi artikel penyelamat Squad untuk kembali memahami atau mencari tahu tentang rancangan penelitian. Di artikel ini kita akan mengenal rancangan penelitian sosial ya Squad. Simak baik-baik penjelasan berikut ini ya.

Rancangan penelitian itu dapat diartikan sebagai pokok-pokok rencana dari sebuah penelitian yang ditulis dalam suatu kesatuan naskah. Apakah rancangan penelitian itu harus dibuat secara ringkas? Iya, jelas dong. Jika rancangan penelitian kamu buat secara panjang lebar, kamu nanti malah bingung sendiri dan ujung-ujungnya bisa batal deh penelitian yang mau kamu lakukan.

Squad, tahu nggak apa sih tujuan kita membuat sebuah rancangan penelitian? Nih, tujuan kita membuat rancangan penelitian bakal dijelasin sama Rogu.

rancangan penelitian

Tuh, coba deh kamu perhatikan. Rancangan penelitian itu bisa membantu kamu sebagai peneliti supaya penelitian kamu itu benar dan tentunya penelitian kamu juga bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Tentu kamu gak mau kan penelitian kamu itu sia-sia dan gak punya manfaat bagi orang lain? Nah, kalau kamu gak mau itu terjadi, maka kamu harus teliti dalam menyusun rancangan penelitiannya.

Oh iya Squad, untuk menyusun rancangan penelitian itu terdiri dari beberapa langkah ya. Apa saja langkah-langkahnya?

 

1. Menentukan topik dan masalah penelitian

Jika kamu ingin melakukan sebuah penelitian, maka kamu harus menentukan masalah yang akan diteliti. Seorang peneliti itu melakukan penelitian ya karena ingin mendapatkan jawaban dari masalah tersebut.

 

2. Melihat studi penelitian yang sudah ada sebelumnya

Peneliti perlu melihat studi penelitian yang sejenis untuk menghindari duplikasi (plagiat). Jangan sampai penelitian yang kamu buat itu ternyata sudah dibuat oleh peneliti sebelumnya. So, tetap harus berhati-hati ya.

rancangan penelitian - penelitian

Hasil penelitian tidak boleh plagiat, harus terjamin orisinalitasnya

(sumber: dosenpendidikan.com)

 

3. Latar belakang dan perumusan masalah

Latar belakang masalah dalam penelitian ini dibuat karena seorang peneliti harus menjelaskan alasannya melakukan penelitian tersebut. Penjabarannya harus mencakup pertimbangan sejauh mana manfaat dan dampak dalam kehidupan bermasyarakat dari masalah yang akan diteliti tersebut.

Kemudian, untuk perumusan masalah itu sendiri merupakan kelanjutan dari latar belakang. Bedanya, pada latar belakang masalah diangkat tema permasalahan dengan sifatnya yang masih umum dan belum fokus. Nah, di perumusan masalah, lebih rinci akan dimasukkan unsur-unsur yang dapat menjawab pertanyaan penelitian. Apa itu pertanyaan penelitian? Scroll terus ya… 

 

Baca Juga: Keberagaman Sudut Pandang Identitas dalam Kemasyarakatan

 

4. Pertanyaan penelitian

Namanya pertanyaan pasti menggunakan kalimat tanya kan? Nah, misalnya nih kamu ingin meneliti tentang “Pengaruh Media Sosial terhadap Kemampuan Bersosial Warga RW 03 Tebet Barat

Berarti pertanyaan penelitian kamu akan berbentuk seperti ini:

a. apa pengaruh media sosial terhadap kemampuan bersosial warga RW 03 Tebet Barat?

b. apakah dampak media sosial terhadap kemampuan bersosial warga RW 03 Tebet Barat?

rancangan penelitian - kerjabakti

Kerjabakti merupakan salah satu bentuk cara bersosial di masyarakat

(sumber: jabar.pojoksatu.id)

 

5. Tujuan dan Manfaat Penelitian

Penelitian yang kamu buat tentunya harus memiliki tujuan kan? Nah, tujuan penelitian itu merupakan bentuk dari rumusan masalah yang ada di pertanyaan penelitian. Lalu, juga ada manfaat penelitian nih. Manfaat penelitian itu sendiri merupakan kegunaan yang nyata dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

 

6. Landasan Teori

Dalam sebuah penelitian diperlukan sebuah landasan teori untuk menganalisis masalah penelitian. Landasan teori itu dapat dipahami sebagai dasar teoritis bagi peneliti untuk memecahkan masalah

 

7. Hipotesis

Hipotesis itu kemungkinan. Kemungkinan apa? Kemungkinan atas jawaban dari masalah dalam penelitian dibahas. Dikatakan “kemungkinan” karena belum dibuktikan dengan penelitian langsung di lapangan. 

 

8. Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian lebih menekankan pada metode yang dipakai peneliti untuk mengumpulkan data di lapangan. Metode yang dipakai itu bisa sebuah survei, kuesioner, wawancara, dan beberapa metode lain.

rancangan penelitian sosial

Gimana Squad? Sekarang sudah paham belum tentang rancangan penelitian? Hmmm...kalau kamu masih bingung, yuk tanyakan langsung dengan guru les Sosiologi di ruangles. Ada banyak guru Sosiologi yang pasti bisa bantu jawab kesulitan kamu dalam belajar Sosiologi.

ruangles

Beri Komentar