Sosiologi Kelas 8 | Mengenal Ras dan Suku Bangsa di Indonesia

Mengenal Ras dan Suku Bangsa di Indonesia

Squad, tahukah kamu, negara kita tercinta, Indonesia, adalah negara kesatuan yang menjunjung tinggi keberagaman, lho! Masyarakat Indonesia adalah masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai macam ras dan suku bangsa. Ras dan suku bangsa tersebut tersebar dari Sabang sampai Merauke. Keberagaman ini merupakan hal yang harus kita syukuri. Sekarang, yuk kita mengenal ras dan suku bangsa di Indonesia, supaya makin cinta dan bangga dengan Indonesia. Cekidot! 

Baca Juga: Kedatangan NICA di Indonesia

Mengenal Ras dan Suku Bangsa Indonesia

Keberagaman Suku Bangsa dan Ras di Indonesia (Sumber: presidenri.go.id)

Keberagaman Ras di Indonesia

Keberagaman ras di Indonesia dikategorikan berdasarkan ciri-ciri fisiknya. Ada 4 kelompok ras di Indonesia. Apa saja, ya? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini!

1. Kelompok ras Papua Melanezoid, mayoritas di Papua, Pulau Aru, dan Pulau Kai.
2. Kelompok ras Negroid, contohnya orang Semang di semenanjung Malaka dan orang Mikopsi di Kepulauan Andaman.
3. Kelompok ras Weddoid, antara lain orang Sakai di Siak Riau, orang Kubu di Sumatra Selatan dan Jambi, orang Tomuna di Pulau Muna, orang Enggano di Pulau Enggano, dan orang Mentawai di Kepulauan Mentawai.
4. Kelompok ras Melayu Mongoloid, yang terdiri dari 2(dua) golongan, yaitu Ras Proto Melayu atau Melayu Tua (terdiri dari Suku Batak, Toraja, dan Dayak) dan Ras Deutro Melayu atau Melayu Muda (beranggotakan antara lain Suku Bugis, Madura, Jawa, dan Bali). 

Selain 4 kelompok ras yang sudah disebutkan, di Indonesia juga terdapat kelompok ras keturunan, antara lain kelompok ras keturunan Tionghoa, Arab, dan India. Semua kelompok ras di Indonesia hidup rukun dan damai, lho! Senang sekali melihatnya, ya. 

Keberagaman Suku Bangsa Indonesia

Squad, seperti yang sudah kita ketahui bersama, suku bangsa di Indonesia sangat beragam, ya. Keberagaman tersebut harus kita syukuri dan kita jadikan alat untuk terus menjaga persatuan bangsa. Nah, sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan suku bangsa itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), suku bangsa adalah kesatuan sosial yang dapat dibedakan dari kesatuan sosial lain berdasarkan kesadaran akan identitas perbedaan kebudayaan, khususnya bahasa. Secara umum, suku bangsa di Indonesia dibagi menjadi 3 kelompok besar. Kelompok-kelompok tersebut adalah suku bangsa Indonesia, suku bangsa asing, dan suku bangsa pedalaman. Yuk, sekarang kita bahas lebih lanjut lagi mengenai suku bangsa! 

Mengenal Ras dan Suku Bangsa di Indonesia

Kondisi Lingkungan Geografis Indonesia
Keberagaman suku bangsa di Indonesia juga ditunjang oleh faktor geografis Indonesia. Faktor geografis yang mempengaruhi hal tersebut antara lain disebabkan oleh letak geografis Indonesia yang strategis, sehingga memungkinkan untuk adanya perkembangan budaya. 

Etnis

Etnis berkaitan erat dengan ras dan suku bangsa, lho. Menurut KBBI, etnik adalah sesuatu yang berkaitan dengan kelompok sosial dalam sistem sosial atau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa, dan sebagainya. Tidak seperti ras yang berkaitan dengan ciri-ciri fisik tubuh, etnis berkaitan dengan karakteristik budaya kelompok. Karaktersitik budaya tersebut antara lain berupa perbedaan bahasa, agama, suku bangsa, kedaerahan, dan tempat. Salah satu faktor yang membedakan masing-masing etnis adalah perbedaan bahasa dan adat istiadat. Apa saja ya, faktor yang membedakan bahasa dan adat istiadat setiap suku bangsa? Yuk, simak infonya di bawah ini! 

Mengenal Ras dan Suku Bangsa di Indonesia

Squad, semoga setelah kamu membaca artikel ini, kamu tidak hanya menjadi lebih paham mengenai ras dan suku bangsa Indonesia, tetapi juga lebih mencintai Indonesia, ya! Psst cara untuk menunjukkan rasa cintamu terhadap Indonesia bisa dilakukan dengan cara belajar lebih rajin, lho! Yuk, belajar bersama di ruangbelajar. Kamu bisa belajar dengan ratusan video belajar beranimasi dan bisa mengerjakan latihan soal juga, lho! Selain itu, kamu juga bisa akses rangkuman yang pastinya lengkap banget. Yuk, download dan langganan sekarang! Sampai ketemu di ruangbelajar ya, Squad! 

ruangbelajar

Beri Komentar