Mengenal Realitas Sosial dalam Objek Kajian Sosiologi

sosiologi_10.jpg

Emangnya bisa ya memelajari sebuah realitas sosial? Ya bisa dong Squad. Kalian gak percaya? Jadi begini Squad, kita bisa memanfaatkan sosiologi untuk mengkaji hal tersebut. Hmmmm... kita ambil contoh ya. Misalnya nih, ada seorang peneliti di bidang sosiologi, kita menyebutnya sebagai sosiolog ya. Nah, sosiolog ini meneliti atau mengkaji perilaku remaja di lingkungannya. Dalam penelitiannya ditemukan beberapa hal seperti berubahnya perilaku remaja yang bisa saja semakin rajin atau bahkan bisa semakin malas. Perubahan yang terjadi tersebut merupakan sebuah realitas sosial ya, Squad.

Kenapa disebut realitas sosial? Ya karena benar-benar terjadi dalam kegiatan sosial di masyarakat dong. Masih bingung? Keep scroll ya Squad….

Begini ya Squad, realitas sosial itu secara mudahnya sih bisa dilihat dari konsep pembentukannya yaitu, masyarakat, organisasi sosial, dinamika sosial, dan perubahan sosial. Kita bahas satu persatu yuk.

 

1. Masyarakat

Paul B. Horton mengemukakan bahwa masyarakat itu sekumpukan manusia yang hidup secara bersama-sama dalam waktu yang cukup lama dan mendiami di dalam suatu wilayah tertentu. Lebih lanjut, Horton menyatakan bahwa masyarakat dapat dikatakan sebagai suatu organisasi manusia yang saling berinteraksi satu sama lain.

Jadi Squad, kalau diantara kalian ada yang malas berinteraksi dengan sesama teman, jangan-jangan dia separuh manusia separuh lagi bukan manusia. Hmmmm….

 

2. Organisasi Sosial

Pernah liat pangkalan atau bahasa kerennya sih basecamp ojek? Nah, itu merupakan sebuah organisasi sosial. Kenapa bisa sekumpulan ojek tersebut dikatakan sebagai organisasi sosial? Hal ini karena di dalam organisasi sosial memiliki perilaku, aspek kerja, dan tingkah laku yang sama untuk mencapai tujuan sosial ekonomi tertentu.

Para pengemudi ojek itu kan punya aktivitas yang sama nih yakni mencari pesanan untuk menyewa jasa mereka. Nah, dari aktivitas yang sama tersebut mereka membentuk sebuah organisasi dan menentukan titik tempat berkumpul mereka untuk istirahat atau menunggu pesanan yang dinamakan oleh mereka basecamp atau pangkalan.

 

realitas sosial pengemudi ojek

 

Sekumpulan ojek merupakan bentuk realitas sosial yang ada di tengah masyarakat. Mereka membentuk perkumpulan dengan dasar perilaku, aktivitas, dan tujuan yang sama.

(Sumber: ahliduit.com)

 

3. Dinamika Sosial

Nanti nih setelah kalian lulus dari jenjang sekolah dan perkuliahan, kalian diharuskan untuk bekerja. Kenapa? Simpelnya begini, “kalau kalian gak kerja, ya gak bisa makan”. Coba kalian pikir deh, kalau kalian nanti jadi pengangguran (amit-amit jangan sampai yaa), tentu akan dikucilkan masyarakat dan hidup kalian menjadi sulit. Tidak bisa menabung, tidak bisa membeli barang yang kalian inginkan, pokoknya dijamin pusing deh kalo gak punya pekerjaan.

Contoh diatas menjadi bukti bahwa manusia itu tidak bersifat statis (tetap). Artinya, manusia dituntut untuk melakukan perubahan-perubahan juga dalam kehidupannya. Dengan perubahan zaman yang begitu cepat, maka bidang sosial pun mengalami dinamika yang cepat pula. Dinamika sosial dalam sebuah realitas sosial saling berhubungan. Beberapa unsur yang berhubungan dengan dinamika sosial yakni, mobilitas sosial, penyimpangan sosial, dan pengendalian sosial.

 

4. Perubahan Sosial

Jika kita ingin menganalisis proses-proses dalam dinamika sosial dan perubahan masyarakat serta kebudayaan di dalamnya, maka diperlukan sebuah konsep seperti internalisasi, sosialisasi, enkulturasi, difusi, akulturasi, asimilasi, inovasi, dan penemuan baru.

Squad tidak perlu khawatir tentang konsep-konsep tersebut ya. Di ruangbelajar, sudah pasti akan dibahas kok tentang konsep-konsep tersebut. Enaknya lagi tuh, di ruangbelajar materinya diajarin dengan video belajar dengan animasi yang keren banget deh.

Nah Squad, dapat disimpulkan bahwa realitas sosial itu terdiri dari 4 konsep yang mendukungnya dalam sebuah lingkup sosial. Apa saja konsepnya?

rangkuman realitas sosial

Gimana nih Squad? Kalian sudah paham belum tentang realitas sosial sebagai objek kajian studi dalam Sosiologi? Kalau kalian masih bingung, coba deh download aplikasi ruangguru sekarang. Di ruangguru banyak menyediakan solusi buat kamu supaya bisa merasakan sensasi #BelajarJadiLuarBiasa

ruangbelajar

Beri Komentar