Mengenal Rumus Simple Present Tense (Part 2) | Bahasa Inggris Kelas 10

Bahasa Inggris_10.jpg 

Halo, Squad! Setelah kemarin sudah berkenalan dengan rumus Simple Present Tense bagian 1, sekarang kita lanjutkan ke bagian kedua, yuk! Penasaran nggak sih, biasanya Simple Present Tense digunakan dalam situasi apa saja? Kuy, kita bahas bersama-sama! 

Squad, kita bisa menggunakan rumus Simple Present Tense untuk menyatakan rutinitas sehari-hari, fakta, dan sesuatu yang akan terjadi dalam waktu dekat. 

Regular habits (kebiasaan) or daily routine (rutinitas sehari-hari)

Simple Present Tense digunakan untuk menunjukkan suatu tindakan yang dilakukan berulang-ulang. Tindakan tersebut antara lain adalah kebiasaan, hobi, dan rutinitas. 

Contoh:

- I play basketball. (Aku bermain basket.)

- The post office opens every morning at 9 AM. (Kantor pos buka setiap pagi jam 9.)

- She always brings her wallet. (Dia selalu membawa dompetnya.)

Facts (fakta) or generalizations (generalisasi)

Selain menunjukkan rutinitas, kebiasaan, atau hobi, The Simple Present Tense juga digunakan untuk menunjukkan fakta dan hal yang sudah diketahui secara umum (bentuk generalisasi), baik tentang orang atau benda. 

Contoh:

- Lion likes meat. (Singa menyukai daging.)

- Berlin is the capital of Germany. (Berlin adalah ibukota Jerman.)

Scheduled events in the Near Future (Sesuatu yang akan terjadi dalam waktu dekat)

Simple Present Tense juga bisa digunakan untuk membicarakan scheduled events in the Near Future. Dalam situasi ini, topik yang sering dibicarakan antara lain mengenai jadwal transportasi umum dan jadwal acara. 

Contoh:

- The bus leaves tomorrow at 4 PM. (Bus-nya berangkat besok pukul 4 sore.)

- The graduation starts at 9 o’clock. (Acara wisuda dimulai pukul 09.00)

penggunaan simple present tense

Bagaimana, Squad? Setelah membaca penjelasan di atas, sudah siap kan menggunakan rumus Simple Present Tense untuk berbicara mengenai kebiasaan, fakta, dan jadwal acara? Supaya makin pede, yuk belajar bersama di ruangbelajar! Psst, dengan belajar di ruangbelajar, kamu akan ditantang untuk menyelesaikan misi belajar dalam bentuk video belajar beranimasi dan latihan soal, lho! Penasaran? Yuk, buat #BelajarJadiMudah bersama ruangbelajar

ruangbelajar

Beri Komentar