Mengenal Satuan Skala Richter | Geografi Kelas 10

Geografi Skala ritcher

Squad, siapa yang tahu satuan ukuran kekuatan gempa? Yap, satuannya bisa disebut dengan Skala Richter. Selain skala richter, ada beberapa skala lagi yang digunakan untuk mengukur kekuatan gempa, antara lain skala omari, skala cancani, dan skala mercalli. Nah, kekuatan gempa (magnitude) pun kemudian diukur berdasarkan tingkat kerusakan yang dihasilkan. Sekarang, yuk kita kenal satuan Skala Richter dengan lebih dekat!

Squad, berikut adalah macam-macam gejala berdasarkan ukuran skala richter:

1 skala richter

Gejala pada kekuatan ini tidak terasa, kecuali oleh beberapa orang dalam keadaan luar biasa, dan hanya terekam oleh seismograf.

2-3 skala richter

Dapat dirasakan oleh beberapa orang dalam keadaan diam di dalam rumah dan dapat diperkirakan lamanya gempa berlangsung.

4 skala richter

Gempa dengan kekuatan 4 skala richter bisa membangunkan orang yang sedang tidur dan menggetarkan jendela dan benda-benda. 

5 skala richter

Gempa dengan getaran 5 skala richter ini bisa dirasakan oleh setiap orang, menghentikan bandul jam, dan memecahkan piring dan kaca jendela. 

6-7 skala richter

Getaran 6-7 skala richter mampu menyebabkan gerobak rusak, perabot rumah tangga berpindah tempat, dan mengharuskan semua orang untuk melakukan evakuasi keluar bangunan. Selain itu, getarannya dapat dirasakan dalam keadaan bergerak, dan bisa menyebabkan kerusakan pada bangunan.

dampak gempa

Kerusakan yang diakibatkan oleh gempa berkekuatan 6.5 Skala Richter (Sumber: www.rappler.com)

8-9 skala richter

Getaran gempa sebesar 8-9 skala richter mengakibatkan pasir dan lumpur terlempar, keadaan sekitar menjadi panik, dan merusak bangunan modern. Selain itu, pipa dalam tanah juga pecah, menyebabkan tanah retak, dan menggerakkan fondasi rumah bergerak.

10 skala richter

Skala ini menyebabkan kepanikan, kerusakan parah pada bangunan, dan patahnya jembatan. Hanya bangunan kokoh yang tidak rusak.

11 skala richter

Selain menimbulkan panik pada manusia, timbul pula celah-celah besar pada tanah, serta hampir semua gedung runtuh.

12 skala richter

Keadaan penduduk bumi akan panik, terciptanya kerusakan total, percepatan gerakan tanah lebih besar daripada percepatan gravitasi, dan gelombang-gelombang dapat terlihat di tanah.

Baca Juga: 3 Negara yang Berhasil Mencetak Sejarah karena Gemar Membaca

Konversi Skala Richter ke Skala Marcelli

Jika skala richter tersebut dikonversikan ke skala marcelli, maka satuannya menjadi:

Satuan Skala Richter

Squad, sekarang kamu sudah tahu kan, sebesar apa kerusakan yang disebabkan oleh beragam satuan skala richter? Mari kita sama-sama berdoa agar selalu terhindar dari bencana, ya! 

Ingin belajar Geografi dengan lebih seru? Yuk, bersama-sama belajar di ruangbelajar! Dengan ruangbelajar, kamu bisa belajar melalui video learning, rangkuman pelajaran, dan banyak latihan soal, lho! Yuk, mulai belajar bersama ruangbelajar dengan klik di sini. Selamat belajar, Squad :)

New Call-to-action 

Beri Komentar