Sosiologi Kelas 11 | Mengenal Sifat dan Fungsi Stratifikasi Sosial

Mengenal Sifat dan Fungsi Stratifikasi Sosial

Artikel Sosiologi kelas XI ini membahas pengenalan mengenai apa itu sifat dan fungsi dari stratifikasi sosial

--

Squad, ada yang masih ingat tentang stratifikasi sosial? Stratifikasi sosial merupakan salah satu fenomena sosial yang tidak bisa dihindari di masyarakat. Dengan kata lain, dalam sebuah masyarakat, stratifikasi sosial akan selalu terjadi, baik kamu sadari maupun tidak kamu sadari. Nah, kamu sudah tahu belum sih, apa saja sifat dan fungsi dari stratifikasi sosial? Yuk, sekarang kita kenalan ya!  

Sifat Stratifikasi Sosial

Menurut Soerjono Soekanto, ada 3 sifat stratifikasi sosial. Ketiga sifat tersebut adalah stratifikasi sosial tertutup, stratifikasi sosial terbuka, dan stratifikasi sosial campuran. Pada stratifikasi sosial tertutup, mobilitas seseorang untuk bisa melaju dari satu lapisan sosial tertentu ke lapisan sosial lainnya sangat terbatas. Berbeda dengan stratifikasi sosial terbuka, yang memungkinkan semua orang dari semua lapisan bisa melakukan mobilitas sosial, baik mobilitas sosial naik maupun mobilitas sosial turun. Lalu, stratifikasi sosial campuran itu yang seperti apa, ya? Stratifikasi sosial campuran ini merupakan gabungan dari stratifikasi sosial terbuka dan tertutup. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat skemanya di bawah ini, ya! 

Sifat stratifikasi sosial

Fungsi Stratifikasi Sosial

Nah, setelah mengenal sifat-sifatnya, sekarang kamu penasaran nggak sih dengan fungsi stratifikasi sosial? Ada 6 fungsi stratifikasi sosial yang harus kamu ingat. Yuk kita bahas satu persatu! 

Mengenal Sifat dan Fungsi Stratifikasi Sosial

Siapa yang ingin tinggal di masyarakat yang beragam seperti ini? (Sumber: Shutter Stock)

 

Fungsi stratifikasi sosial adalah distribusi hak-hak istimewa yang obyektif. Yang dimaksud dengan distribusi hak-hak istimewa yang objektif adalah penentuan penghasilan, tingkat kekayaan, keselamatan dan wewenang pada jabatan/pangkat/kedudukan seseorang. Fungsi stratifikasi sosial yang kedua adalah sistem tingkatan pada strata yang menyangkut prestise dan penghargaan. Misalnya pada seseorang yang menerima anugerah penghargaan/gelar/kebangsawanan, dan sebagainya. Fungsi stratifikasi sosial yang ketiga adalah kriteria sistem pertentangan. Kriteria sistem pertentangan ini bisa didapat melalui kualitas pribadi, keanggotaan kelompok, kerabat tertentu, wewenang atau kekuasaan. 

Baca juga: Berkenalan dengan Diferensiasi Sosial dan Jenis-jenisnya

Selain ketiga fungsi yang sudah disebutkan di atas,  fungsi lain dari stratifikasi sosial adalah penentu simbol status atau kedudukan. Contohnya adalah tingkah laku dan cara berpakaian. Coba deh kamu perhatikan, tingkah laku mereka yang berasal dari kalangan bangsawan tentu berbeda dengan yang lain, kan? Selain itu, tingkat mudah tidaknya bertukar kedudukan dan alat solidaritas di antara individu-individu dalam sistem sosial yang sama juga merupakan fungsi stratifikasi sosial.

Bagaimana Squad? Menarik sekali ya belajar tentang stratifikasi sosial ini. Kamu ingin belajar lebih lanjut? Atau masih penasaran? Buat kamu yang ingin belajar lebih lanjut, kuy belajar pakai ruangbelajar. Kamu bisa nonton video belajar, baca rangkuman, dan mengerjakan latihan soal langsung dari 1 aplikasi. Download sekarang, yuk!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts