Mengenal Simple Present Tense

Mengenal Simple Present Tense

Halo Squad! Siapa di antara kalian yang suka membaca? Apakah kalian suka membaca dalam Bahasa Inggris? Nah, tahukah kamu, untuk lebih memahami bacaan dalam Bahasa Inggris, kamu harus memahami tenses. Hayo, sudah pernah dengar tentang tenses kan? Salah satu tenses yang harus kamu pahami secara mendasar adalah Simple Present Tense. Wah, apa tuh? Simple Present Tense adalah bentuk kalimat dalam Bahasa Inggris yang mengandung predikat atau kata kerja berbentuk kata kerja dasar (V1) untuk menyatakan sebuah informasi faktual atau pernyataan fakta ilmiah. Sekarang kita bersama-sama mengenal Simple Present Tense, yuk! 

Simple Present Tense untuk Subjek Tunggal (Singular Noun)

Kalian penasaran nggak sih, bagaimana caranya membuat kalimat dengan Simple Present Tense? Jika objek dalam kalimatmu merupakan objek tunggal (singular), kamu bisa membuat kalimat Simple Present Tense dengan rumus S+V1(s/es). Wah, di belakang kata kerjanya ditambahkan akhiran -s atau -es nih? Akhiran -es digunakan untuk kata kerja yang berakhiran huruf -h, -s, -z, dan -x. Contoh kalimatnya adalah A bee buzzes around flowers dan A mixer mixes eggs, flour, and sugar together. Sedangkan untuk kata kerja lain yang memiliki akhiran huruf selain yang sudah disebutkan di atas, silahkan tambahkan imbuhan -s. Misalnya Dolphin uses whistle sound to communicate with others.

Wah, menarik ya! Hmm aturannya itu saja, ya? Eits, masih ada lagi nih. Aturan selanjutnya yang akan dipelajari adalah aturan untuk kata-kata yang berakhiran huruf -y. Untuk kata-kata yang berakhiran –y, ada beberapa aturan yang berlaku. Aturan yang pertama adalah jika –y ada sebelum sebuah huruf vokal, cukup tambahkan –s. Contohnya A smartphone plays video files in MP4 or MKV format. Sementara itu, jika –y ada sebelum sebuah konsonan, -y diganti dengan –i dan tambahkan –es. Contohnya adalah A Peregrine falcon flies at the maximum speed of 390 km/h. 

Baca Juga: Serba-Serbi Noun dalam Bahasa Inggris

Simple Present Tense untuk Subjek Jamak (Plural Noun)

Setelah membahas cara membentuk kalimat Simple Present Tense dengan subjek tunggal, kalian ingin tahu nggak sih, bagaimana caranya membuat kalimat tersebut jika subjeknya jamak atau plural? Kalau subjeknya jamak, rumus yang kalian gunakan adalah S (plural) + V1, ya! Contohnya adalah Babies sleep seventeen hours a day.

Aturan Khusus: Have 

Squad, tahukah kamu, ada 1 kata yang memiliki bentuk spesial jika digunakan ke dalam kalimat dengan Simple Present Tense, lho! Kata tersebut adalah kata have yang artinya memiliki. Seperti apa sih, aturan khususnya? Simak gambar di bawah ini, ya! 

Mengenal Simple Present Tense

Nah, sejauh ini, kamu sudah mengerti belum, Squad? Sekarang, kita coba membahas bentuk kalimat dalam Simple Present Tense, ya! Seperti bentuk kalimat pada umumnya, ada 3 bentuk kalimat yang juga bisa kamu gunakan, yaitu kalimat pernyataan positif, kalimat pernyataan negatif, dan kalimat pertanyaan. Simak rangkumannya di bawah ini, ya! 

Mengenal Simple Present Tense

Squad, sudah lebih paham mengenai Simple Present Tense, kan? Supaya kamu semakin paham, jangan lupa terus belajar, ya! Hmm kayaknya belajarmu akan makin seru kalau pakai ruangbelajar, deh. Kamu bisa nonton video belajar, latihan soal, baca rangkuman, hanya dari 1 aplikasi aja, lho! Yuk, download sekarang dan siap-siap jadi juara, ya! 

New Call-to-action

Beri Komentar