Mengenal Sistem Periodik Unsur Kimia | Kimia Kelas 10

Fahri Abdillah Jan 4, 2018 • 2 min read


sistem periodik unsur kimia

RG Squad, tahukah kamu unsur-unsur dalam sistem periodik unsur kimia terdiri dari dua kelompok. Pertama yaitu golongan, dan kedua adalah periode. Terdapat pula dua cara penamaannya dengan cara tradisional dan IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry). Pada tingkat SMA, akan dibahas pengelompokkan unsur cara tradisional, nih. Pada konsep ini, nomor golongan lebih erat hubungannya dengan konfigurasi elektron dibandingkan cara IUPAC.

tabel periodik

Sistem periodik unsur yang terdiri dari golongan dan periode (Lajur vertikal disebut GOLONGAN, Lajur horizontal disebut PERIODE) (Sumber: kuttabku.com)

Lalu, apakah yang dimaksud dengan golongan dan periode ya?

1. Golongan

Golongan ditempatkan pada lajur vertikal dalam sistem periodik unsur modern. Penentuan golongan berkaitan dengan sifat-sifat yang dimiliki unsur tersebut. Unsur-unsur dalam satu golongan memiliki sifat-sifat yang mirip. Beberapa golongan diberi nama khusus, yaitu:

golongan dalam sistem periodik

2. Periode

Periode ditempatkan pada lajur horizontal dalam sistem periodik unsur kimia. Periode suatu unsur menunjukkan nomor kulit yang sudah terisi elektron (n terbesar) berdasarkan konfigurasi elektron. Dalam sistem periodik unsur terdapat 7 periode, yaitu:

periode dalam sistem periodik

Oke, sekarang pastinya RG Squad sudah mulai paham apa yang dimaksud dengan sistem periodik unsur. Selain itu, ada beberapa golongan unsur sistem periodik unsur yang harus kalian pahami. Terus untuk menemani hari-hari kalian biar tetap selalu produktif, bisa dengan menonton video-video belajar animasi di ruangbelajar. Bisa belajar di mana aja dan kapan saja.

ruangbelajar

 

Beri Komentar