Mengenal Struktur Narrative Text

Mengenal Struktur Narrative Text

Squad, ada yang sudah pernah baca narrative text? Atau justru masih bingung, narrative text itu yang seperti apa, ya? Jangan-jangan sering baca, tapi bingung apakah jenis teks itu merupakan narrative text atau bukan? Sekarang belajar tentang narrative text yuk, terutama tentang struktur narrative text

Jadi, narrative text itu apa, ya? Narrative text adalah cerita non fiksi yang bisa berbentuk dongeng, mitos, cerita rakyat, cerita binatang, dan lain sebagainya. Lalu, apa bedanya ya, dengan recount text? Narrative text lebih bersifat cerita khayalan non fiksi, sedangkan recount text adalah cerita non fiksi yang benar-benar sudah terjadi. Oh iya, jangan lupa ya, narrative text hanya digunakan untuk menghibur pembaca.

Mengenal Struktur Narrative Text

Biasanya kalau di cerita dongeng, bukunya bercahaya seperti ini, ya (Sumber: Shutter Stock)

Structure of Narrative Text

Ada 4 jenis struktur narrative text yang harus kamu ketahui. Keempat struktur tersebut adalah orientation, complication, resolution, dan reorientation. Yuk, dipelajari satu persatu!

Orientation

Orientation merupakan paragraf pembuka teks yang mengenalkan siapa tokoh yang terlibat dalam kejadian (who) serta latar waktu (when) dan tempat yang melatarbelakangi kejadian (where). Orientation ini terletak di paragraf pertama narrative text. Jadi jangan lupa dengan who, when, dan where dalam orientation pada narrative text, ya! 

Complication

Struktur selanjutnya yaitu complication. Complication terletak setelah orientation selesai. Complication terdiri dari paragraf yang menjelaskan awal masalah. Awal masalah ini juga mengawali rentetan plot (alur cerita) yang kemudian akan berlanjut pada konflik, klimaks, dan anti klimaks cerita. Umumnya complication berisi interaksi antarpelaku peristiwa. Interaksi ini yang menimbulkan sebuah konflik atau pertentangan. Ada 3 jenis konflik yang mungkin terjadi di complication, yaitu natural conflict, social conflict, dan psychological conflict. Sesuai dengan namanya, natural conflict adalah permasalahan antara pelaku dan alam, social conflict adalah permasalahan antar pelaku, sedangkan psychological conflict adalah permasalahan pelaku dengan dirinya sendiri.  

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Adverb dalam Bahasa Inggris

Resolution

Resolution adalah paragraf yang menjadi akhir cerita. Dalam bagian ini, terjadi penyelesaian yang membuat jalan cerita berakhir. Setiap permasalahan yang muncul harus ada penyelesaiannya, bisa ditutup dengan akhir yang menyenangkan (happy ending) atau berakhir tragis atau menyedihkan (sad ending).

Reorientation

Reorientation merupakan kalimat penutup yang menceritakan kondisi terakhir sang tokoh dalam cerita atau pesan moral cerita. Oh iya, bagian ini tidak wajib ada pada narrative text, ya! 

Setelah membaca artikel ini, semoga kamu jadi lebih paham dengan narrative text, ya. Ingin belajar lebih lanjut tentang narrative text? Yuk, belajar pakai ruangbelajar! Download aplikasinya sekarang, kuy

New Call-to-action

Beri Komentar