Mengenal Teks Debat

Bahasa Indonesia_10.jpg

Squad, apakah kalian pernah melihat kegiatan debat baik itu secara langsung maupun melalui televisi? Apa saja ya yang dapat dijadikan materi dalam debat? Nah, sebelum kita belajar mengenai teks debat, sebaiknya kita mengetahui makna dari debat. Debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak yang berdebat memberi alasan. Bila perlu ditambah dengan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Dari sebuah hasil debat, biasanya diperoleh sudut pandang baru yang bisa diterima kedua belah pihak. Meskipun demikian, tidak jarang debat berakhir dengan keduanya tetap pada posisi awal, berbeda pendapat, tetapi tentu dengan wawasan baru. Setelah mengetahui apa pengertian debat, sekarang mari kita bahas mengenai teks debat. Apa itu teks debat? Struktur apa saja yang membangun teks debat? Apa saja kaidah yang terdapat di dalamnya? Yuk, kita pelajari!

Struktur Teks Debat

  • Struktur pertama Teks Debat, yaitu Pengenalan. Pada Pengenalan, moderator menyampaikan salam pembuka dan memperkenalkan tim.
  • Struktur kedua Teks Debat, yaitu Penyampaian Argumentasi. Penyampaian Argumen disampaikan oleh Tim Afirmasi, Tim Oposisi, dan Tim Netral.
  • Struktur ketiga Teks Debat, yaitu Debat. Pada struktur ini, Tim Afirmasi dan Tim Oposisi saling memberikan sanggahan, lalu ditengahi dengan Tim Netral.
  • Struktur keempat Teks Debat, yaitu Simpulan. Pada struktur ini, Tim Afirmasi, Tim Oposisi, dan Tim Netral menyampaikan simpulan terkait mosi, pendapat, dan sanggahan dari tim lain
  • Struktur kelima Teks Debat, yaitu Penutup. Pada struktur ini, moderator memberikan simpulan secara kesuluruhan tanpa berpihak, kemudian menutup kegiatan debat dengan salam.

ciri2 debat.png

Kaidah Kebahasaan Teks Debat

  • Menggunakan kalimat kompleks, pada teks debat biasanya menggunakan kalimat yang mempunyai lebih dari satu struktur dan lebih dari satu kata kerja (kalimat kompleks).
  • Menggunakan konjungsi, pada teks debat sering memanfaatkan konjungsi untuk menghubungkan kata-kata atau kalimat.
  • Menggunakan kata rujukan, pada teks debat biasanya menggunakan kata rujukan sebagai pemberi  informasi, seperti ini, itu, dia, beliau, di sini, di sana, dan sebagainya.

Contoh Soal

  1. Perhatikan kutipan teks debat berikut ini.

Tim Oposisi    : Saya tidak setuju, kosakata bahasa asing hanya digunakan dan dimengerti bagi kalangan tertentu saja. Namun, bahasa Indonesia  dimengerti dan digunakan di hampir semua kalangan.

Kutipan teks di atas termasuk dalam struktur teks debat, yaitu....

  1. Pengenalan
  2. Penutup
  3. Penyampaian Argumen
  4. Debat
  5. Pengantar

Jawaban : D

Pembahasan : struktur teks debat, yaitu pengenalan, penyampaian argumentasi, debat, simpulan, dan penutup. Kutipan teks di atas termasuk dalam struktur teks bagian debat yang ditandai dengan sanggahan “saya tidak setuju”.

2. Berikut ini yang termasuk dalam struktur kebahasaan teks debat, kecuali….

  1. Penutup
  2. Pengenalan
  3. Penawaran
  4. Penyampaian argumen
  5. Simpulan

Jawaban : C

Pembahasan : Penutup, pengenalan, penyampaian argument, dan simpulan termasuk dalam struktur teks debat, sedangkan penawaran bukanlah termasuk dalam struktur teks debat. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Itulah tadi pembahasan beserta contoh soal dari teks debat. Apakah kamu sudah paham mengenai teks debat, Squad? Jika kamu merasa belum cukup memahami materi hanya dengan membacanya saja, kamu bisa mencari guru privat berkualitas di ruangles. Yuk, pilih sendiri gurumu!

ruangles

Beri Komentar