Mengenal Unsur-unsur Pengaman Uang Rupiah

Ekonomi_10

Squad, pasti sudah pakai uang baru kan? Ya, ada beberapa perubahan terjadi seperti pergantian tokoh dalam uang baru dan design yang lebih bagus tentunya. Sayangnya, belum lama ini ditemukan kasus pemalsuan uang baru ini berupa uang palsu atau uang mainan dengan gambar yang persis dengan uang baru. Hingga susah untuk dibedakan.

uang mainan vs uang asli

Uang mainan vs uang asli (Sumber: pontianakpost.co.id)

Kamu bisa membedakan tidak gambar di atas? Mana yang uang palsu dan mana yang uang asli? Mirip sekali ya.

Dengan semakin majunya teknologi, tampaknya kamu juga harus semakin teliti, Squad. Jangan sampai kamu tertipu dengan beredarnya uang baru versi palsu ataupun mainan. Tidak teliti sedikit saja bisa kena tipu jadinya.

Maka dari itu, yuk belajar unsur-unsur pengaman uang Rupiah kertas!

Fungsi Unsur Pengaman

Nah, pada uang asli terdapat beberapa unsur yang bisa dikenali. Uang baru sekarang ini atau disebut juga Uang Rupiah Tahun Emisi 2016 dilengkapi dengan unsur-unsur pengaman untuk melindungi uang dari pemalsuan. Apa saja unsur pengaman tersebut? Antara lain berupa benang pengaman, tanda air, tulisan mikro, teknik cetak khusus, tinta berubah warna, kode tuna netra, gambar tersembunyi, gambar raster dan gambar silang isi (rectoverso).

Squd, coba liat dalam pecahan uang Rp 50.000 dengan teliti

 

Ciri uang Rupoah kertas nominal Rp 50.000

Ciri uang Rupiah kertas nominal Rp 50.000 (Sumber: halomoney.co.id)

Yuk, cermati baik-baik! 

  1. Pada uang pecahan Rp 50.000 memiliki warna dominan yaitu biru. Di bagian depan, ada gambar Ir. H. Djuanda Kartawidjaja.
  2. Di bagian belakang uang pecahan Rp 50.000, terdapat gambar Tari Legong, pemandangan alam Taman Nasional Komodo dan Bunga Jepun Bali.
  3. Dengan unsur pengaman antara lain : cetakan terasa kasar apabila diraba. Lalu, ketika uang diterawang ke arah cahaya, logo Bank Indonesia akan terlihat utuh (rectoverso). Begitu juga gambar pahlawan dan ornamen pada bagian tanda air.
  4. Gambar tersembuyi dapat terlihat dari sudut pandang tertentu. Uang ini juga akan berubah warna bila dilihat dari sudut tertentu. Apabila disinari sinar ultraviolet, beberapa elemen baik yang tampak maupun yang tidak tampak akan terlihat berpendar.

Baca Juga: Pengertian Ilmu Ekonomi dan Pembagiannya

Selain melihat unsur-unsur pengaman tadi, kamu juga bisa mengenali ciri-ciri utama pecahan uang Rupiah kertas dengan menerapkan 3D yaitu Dilihat, Diraba, Diterawang.

3D

3D (Sumber : halomoney.co.id)

 Squad, dengan 3D kamu bisa melihat ciri-ciri yang langsung dapat dikenali seperti gambar, warna, gradasi warna dan lainnya. Uang Rupiah kertas dapat dikenali keasliannya dengan meraba permukaannya yang biasanya terasa kasar ketika diraba. Selanjutnya adalah menerawang uang memakai cahaya. Di uang Rupiah kertas, logo Bank Indonesia akan terlihat menyatu atau utuh, begitu juga gambar pahlawan dan ornamen pada tanda air. Bahkan pada sudut pandang tertentu pada uang kertas dapat telihat gambar tersembunyi hingga perubahan warna.

Rangkuman unsur-unsur pengaman uang kertas rupiah
 

Nah, ternyata mudah ya Squad mengenali unsur-unsur pengaman pada uang bahkan kita bisa lakukan sendiri di mana saja dan kapan saja. Jadi, mulai sekarang semakin teliti ya kalau menerima uang. Untuk belajar materi lainnya yang tidak kalah seru, kamu bisa download aplikasi ruangbelajar, di sana kamu bisa menonton video-video keren dan soal-soal yang menantang kemampuan kalian. Yuk download sekarang juga!

ruangbelajar

Beri Komentar