Mengenal Unsur Teks Deskripsi | Bahasa Indonesia Kelas 7

Teks Dekripsi

Squad, kamu pasti pernah menulis teks ‘kan? Nah, salah satu jenisnya adalah teks deskripsi. Teks deskripsi adalah tulisan yang berusaha untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan: rupanya, sifatnya, rasanya atau coraknya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (Utorodewo, 2007: 67). Dengan kata lain, teks ini merupakan hasil dari pengamatan panca indera kita. Kita menjelaskan bagaimana objek pengamatan yang kita amati melalui mata (apa yang kita lihat), lidah (rasa) jika hal yang kita amati berupa makanan, hidung (penciuman), telinga, dan kulit. Nah, Squad, di artikel ini kita akan pelajari tentang unsur teks deskripsi.

jenis-jenis teks deskripsiMenulis teks (Sumber: sesawi.net)

Teks Deskripsi Impresionistis

Saat kamu ingin memberikan kesan kepada pembaca terhadap apa yang kamu lihat, gunakan jenis teks deskripsi impresionistis. Jenis teks ini menggambarkan impresi penulis yang dapat menstimulir pembaca dengan lebih menjelaskan tentang kesan yang timbul pada saat penulis melakukan observasi.

Dengan kata lain dalam jenis ini Squad membuat para pembaca juga seolah-olah ikut mengalami dan merasakan saat mereka membaca tulisanmu. Saat menulis teks deskripsi impresionistis, Squad dapat menempatkan hal yang memberikan kesan kuat pada pengamatan di urutan pertama dan dilanjutkan dengan hal-hal yang memberikan kesan lemah di urutan belakang. Contoh dari teks deskripsi impresionistis adalah deskripsi suasana liburan yang kamu lalui.

Baca juga: Pengertian Teks Deskripsi

Teks Deskripsi Ekspositoris

Jenis teks deskripsi ekspositoris, merupakan jenis teks yang disusun menurut sistem atau urutan logis dari objek yang diamati. Dapat dikatakan bahwa jenis teks ini benar-benar hanya berisi deskripsi mengenai kegiatan yang dilakukan, tanpa usaha untuk membuat pembaca seolah-olah ikut merasakan. Teks deskripsi ekspositoris dapat kamu gunakan saat ingin mendeskripsikan suatu proses pengamatan atau percobaan.

tentang jenis-jenis teks deskripsi

Saat menulis teks deskripsi, gunakan pilihan kata yang tepat ya, Squad. Sehingga pembaca dapat secara jelas ikut merasakan hal yang sedang kamu deskripsikan. Selain itu, tetap fokus pada hal yang kamu deskripsikan. Jangan sampai Squad membahas hal-hal yang keluar dari hal yang sudah dibahas sebelumnya. Oleh sebab itu, sebaiknya tuliskan kerangka penulisan teks deskripsi sebelum memulainya. Kembangkan paragraf secara bertahap dan logis.

Jadi, jika kamu ingin membuat teks deskripsi, jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal yang sudah dibahas di atas, ya Squad! Mau belajar lebih asik dan seru lagi? Yuk, lihat video belajar beranimasi di ruangbelajar. Selain belajar melalui video, ada juga soal pembahasan dan rangkumannya, lho! Dijamin kamu pasti makin paham.

ruangbelajar

Beri Komentar