Mengenal Unsur-unsur Daftar Riwayat Hidup Sebelum Melamar Pekerjaan

Bahasa Indonesia_12

Halo RG Squad, setelah menempuh pendidikan selama 12 tahun dan nantinya berkuliah selama 4 tahun, kamu tentunya akan melamar ke sebuah perusahaan untuk bekerja. Nah, untuk melamar bekerja di sebuah perusahaan kalian tentunya memerlukan daftar riwayat hidup atau CV. Daftar riwayat hidup ini merupakan daftar atau catatan tentang diri kita mengenai data pribadi, riwayat pendidikan, serta kemampuan dan pengalaman kerja yang dimiliki.

Untuk membuat sebuah riwayat hidup yang baik diperlukan beberapa unsur di dalamnya. Apa saja? Yuk, kita lihat bersama.

Unsur-unsur Daftar Riwayat Hidup (CV)

  • Data pribadi

Isi dari data pribadi yang ada dalam daftar riwayat hidup berupa nama pelamar, alamat, tempat tanggal lahir, nomor telepon yang bisa dihubungi. Data pribadi ini penting, agar saat nanti kita diterima di sebuah perusahaan, pihak perusahaan dapat dengan mudah menghubungi kita.

  • Riwayat pendidikan

Selanjutnya tuliskan riwayat pendidikan mulai dari pendidikan yang terendah hingga tertinggi. Jangan lupa mencantumkan nilai akhir akademis yang diraih. Riwayat pendidikan sangat penting, karena pihak perusahaan juga akan melihat riwayat pendidikan kalian. Apakah sejak pendidikan dasar hingga universitas kalian memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau tidak.

  • Pengalaman bekerja

Kemudian kamu dapat mencantumkan pengalaman kerja jika sudah pernah bekerja sebelumnya. Jika kalian sudah pernah bekerja sebelumnya, kalian tuliskan juga apa pekerjaan yang pernah kalian lakukan. Semakin banyak pengalaman kerja, berarti ilmu yang kalian dapatkan juga semakin banyak.

Baca juga: Menulis Surat Lamaran Kerja Sederhana

  • Pengalaman organisasi serta jabatan yang pernah diemban

Pengalaman organisasi ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan sebagai nilai tambah kalian, karena kalian aktif berkegiatan saat di sekolah atau di kampus.

  • Pengalaman kepanitiaan serta jobdescription-nya

Bergabung dalam sebuah kepanitian juga bisa memberikan pengalaman bekerja dalam sebuah tim. Mungkin nanti saat kalian bekerja, kalian diharuskan bekerja dengan tim. Jadi, kalian sudah memiliki bayangan bagaimana bekerja dalam sebuah tim.

  • Seminar, pelatihan, dan kursus yang pernah diikuti

Selain pengalaman organisasi dan kepanitian, seminar dan pelatihan pun juga bisa menjadi nilai tambah untuk kemampuan kalian. Semakin banyak seminar dan pelatihan yang pernah diikuti, berarti ilmu kalian pun semakin banyak.

  • Kemampuan atau Skill

Kemampuan ini termasuk kemampuan bahasa asing dan daerah, kemampuan di bidang seni, kemampuan penguasaan teknologi komputer. Kemampuan yang kalian bisa lakukan harus dituliskan di sini. Pihak perusahaan bisa melihat apa saja kemampuan kalian dan apakah dari kemampuan yang kalian punya bisa sesuai dengan posisi dilamar.

cv aulika

Contoh daftar riwayat hidup

Contoh Soal

Soal 5

Perhatikan lowongan kerja berikut ini!

LOWONGAN

Dibutuhkan wanita lulusan S1, bisa komputer u/ bag. Adm. Pembukuan dan tinggal di Mess Jalan Hayam Wuruk 4Ruko Glodok Jaya. Telepon 6253738-08561293099.

Kompas, 28 Maret 2011

Penulisan salam pembuka yang tepat sesuai dengan iklan di atas adalah...

  1. Berdasarkan Koran kompas yang terbit pada tanggal 28 Maret 2011, terdapat lowongan Staff Administrasi Pembukuan dan saya akan melamar posisi itu.
  2. Berdasaran koran Kompas, 28 Maret 2011 ada lamaran pekerjaan sebagai Staff Administrasi Pembukuan. Saya berminat melamar kerja di sana.
  3. Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan di koran Kompas 28 Maret 2011 sebagai Staff Admninistrasi Pembukuan, saya yang bertanda tangan di bawah ini :
  4. Sehubungan dengan adanya loker yng ada di koran kompas, saya ingin melamar kerja sebagai Staff Administrasi Pembukuan
  5. Sehubungan dengan koran kompas yang memiliki lowongan pekerjaan sebagai Staff Administratif Pembukuan saya ingin melamar kerja di sana.

Jawaban : C

Pembahasan : Dalam penulisan salam pembuka isi surat, biasanya berisi tentang sumber informasi lowongan kerja secara lengkap dan maksud surat lamaran yang sederhana (tidak berlebihan) serta posisi yang akan dilamar. Pilihan C merupakan pilihan yang tepat karena ada sumber informasi lowongan kerja serta maksud surat lamaran kerja dan posisi yang akan dilamar. Sedangkan pada pilihan D dan E sumber informasi lowongan kerja tidak lengkap. Pada pilihan A dan B kalimat yang digunakan kurang baku untuk surat lamaran kerja.

unsur2 riwayat hidup

Setelah mempelajari seperti apa daftar riwayat hidup yang baik, sekarang saatnya kamu membuat daftar riwayat hidupmu sendiri Squad. Membuat daftar riwayat hidup yang benar dan lengkap penting untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kriteriamu. Ingin belajar membuat CV yang benar? Yuk, lihat saja video pelajaran beranimasi di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar