Mengenal Unsur-unsur Iklan Baris

Bahasa Indonesia_9

RG Squad, apa kamu masih sering membaca koran? Hmm, sepertinya kamu lebih banyak baca berita lewat handphone ya, dibanding di koran. Betul, nggak? Tetapi kalau di rumah, orang tuamu masih suka membaca koran, coba deh ambil korannya dan cari bagian iklan baris. Kalau sudah, yuk kita sama-sama memahami unsur-unsur iklan baris!

Btw, iklan baris itu yang seperti apa sih?” Nih, contohnya:

contoh iklan baris - unsur-unsur iklan baris

Iklan baris di koran (Sumber: rejekinomplok.net)

Iklan baris itu sebenarnya sama seperti iklan pada umumnya yang merupakan bentuk pemberitahuan mengenai barang atau jasa yang dijual. Hanya saja,  umumnya terdapat di surat kabar atau harian umum. Berhubung ukurannya yang imut banget dan berbentuk kolom, maka kalimat dalam iklan baris banyak yang disingkat sesuai dengan kebutuhan.

informasi iklan baris - unsur-unsur iklan baris

Oh iya Squad, kalian juga harus tahu nih unsur-unsur dalam iklan baris itu apa saja. Nah, di artikel ini akan dijelaskan mengenai hal tersebut. Ada 3 unsur utama yang harus ada dalam pembuatan iklan baris yakni, judul, kalimat, dan nomor telepon. Kita bahas satu per satu, yuk.

1. Judul

Judul pada iklan baris itu sangat penting, lho. Iklan baris itu kan banyak yang akan ditampilkan, jadi judul tentang barang atau jasa yang diiklankan akan memudahkan calon pembeli yang mencari barang yang dibutuhkan.

2. Kalimat

Perlu diingat ya Squad, kalimat dalam iklan baris itu banyak yang disingkat. Ya, meskipun tulisan yang tidak disingkat itu memang lebih baik, jika memungkinkan. Namun, penyingkatan sudah jadi hal yang umum bagi pembaca dan pengiklan. Asalkan, tidak membuat bingung pembaca ya.

singkatan iklan baris - unsur-unsur iklan baris

3. Nomor telepon

Jangan sampai lupa ya, nomor telepon ini bagian yang penting juga. Coba bayangkan deh, kalau ada iklan baris tapi nggak ada nomor telepon yang bisa dihubungi, kira-kira iklannya bisa dipercaya nggak tuh?

Nah, tujuan ditulisnya nomor telepon ini ialah untuk mencari informasi lebih rinci tentang barang atau jasa yang diiklankan.

rangkuman unsur-unsur iklan baris

Sampai di sini kamu masih bingung tentang unsur-unsur iklan baris? Jangan khawatir. Kamu bisa belajar seru kok dengan teman-teman di seluruh Indonesia. Penasaran gimana serunya? Gabung sekarang deh di Ruangguru digitalbootcamp. Di sana kamu bisa saling berdiskusi bersama tutor yang berpengalaman dan teman-teman baru dalam grup belajar. Seru 'kan? Daftar sekarang, yuk!

New Call-to-action

Beri Komentar