Mengenal Sumber Daya Manusia Di Indonesia | Geografi Kelas 9

IPS_9

Hey apa kabar Squad, siapa yang di antara kalian yang mengetahui istilah SDM? SDM adalah Sumber Daya Manusia. Kalian tau nggak sih, seberapa penting SDM itu? Yuk, kita bahas lebih lanjut! Apakah kalian tahu seberapa pentingnya itu Sumber Daya Manusia? Ayo baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Pengertian Sumber Daya Manusia

Apa Itu Sumber Daya Manusia? Sumber Daya Manusia itu adalah manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi itu.

statistik kependudukan Indonesia

Status kependudukan Indonesia

Apakah kalian tahu bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk yang sangat besar? Berdasarkan Data Kependudukan Dunia tahun 2015, Indonesia berada pada urutan ke-empat dengan jumlah penduduk yang mencapai 256 juta jiwa setelah Cina (1.372 juta jiwa), India (1.314 juta jiwa), dan Amerika Serikat (321 juta jiwa).

Persebaran Penduduk

Persebaran atau distribusi penduduk adalah bentuk penyebaran penduduk di suatu wilayah atau negara. Persebaran penduduk berkaitan dengan kepadatan penduduk. Kepadatan penduduk merupakan indikator adanya perbedaan sumber daya yang dimiliki suatu wilayah. Contohnya, wilayah yang memiliki sumber daya yang baik dari segi wilayah maupun penduduknya pasti akan cenderung dipadati penduduk. Kepadatan penduduk juga berfungsi sebagai signal untuk memberikan informasi kepada pemerintah tentang pemerataan pembangunan.

peta sensus penduduk 2010

Peta sensu penduduk 2010

Baca Juga: Mengenal Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi Di Indonesia

Menurut BPS tahun 2010, jumlah penduduk Indonesia berdasarkan hasil sensus adalah sebanyak 237.566.363 orang, yang terdiri dari 119.507.580 laki-laki dan 118.048.783 perempuan, dengan laju pertumbuhan penduduk Indonesia sebesar 1,49% per tahun. Distribusi penduduknya dapat dilihat di tabel ini, ya!

Distribusi penduduk

Dapat dilihat, bahwa Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah adalah tiga provinsi dengan urutan teratas yang memiliki penduduk terbanyak, yaitu masing-masing berjumlah 43.021.826 orang, 37.476.011 dan 32.380.687 orang. Sedangkan Provinsi Sumatra Utara merupakan wilayah di luar Pulau Jawa yang terbanyak penduduknya, yaitu sebanyak 12.985.075 orang. 

Ketidakmerataan Pembangunan di Indonesia

Apakah kamu tahu bahwa beberapa daerah di indonesia masih belum merata sehingga di beberapa daerah terjadi kekurangan dan di beberapa daerah lainnya terdapat kelebihan sumber daya. Contohnya di Papua, kepadatan penduduk rata-rata hanya 4 jiwa per kilometer persegi, sementara di pulau Jawa kepadatan penduduknya mencapai 945 jiwa per kilometer persegi. Nah, salah satu cara untuk mengatasi ketidakmerataan sumber daya adalah dengan perpindahan penduduk dari daerah yang padat ke daerah yang jarang penduduknya.

Bonus Demografi

Apakah kalian tahu bahwa sekarang Indonesia sedang mengalami Bonus demografi? Bonus demografi yaitu bonus yang dinikmati suatu negara sebagai akibat dari besarnya proporsi penduduk produktif (rentang usia 15-64 tahun) dalam evolusi kependudukan yang dialaminya. Bonus demografi terjadi karena Indonesia mengalami keberhasilan dalam program Keluarga Berencana (KB), yaitu dalam bentuk menurunnya angka kelahiran dan meningkatnya kesehatan, serta suksesnya program-program pembangunan lainnya.

 kepadatan penduduk indonesia dari tahun ke tahun

 Grafik kepadatan penduduk Indonesia

Squad, Pada gambar diatas dapat kita lihat bahwa pertumbuhan penduduk Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Tahukah kamu beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan pertumbuhan penduduk? Yuk, disimak penjelasannya!

Akibat pertumbuhan penduduk terlalu cepat

Indonesia memiliki masalah kependudukan juga, lho. Masalah ini mempengaruhi kualitas SDM di Indonesia. Apa saja sih yang menyebabkan masalah ini? Yang pertama adalah rendahnya tingkat kesejahteraan. Tingkat kesejahteraan ini berpengaruh pada pendapatan per kapita masyarakat. Faktor yang kedua adalah tingkat kesehatan. Dengan meningkatnya kesehatan, maka semakin produktif pula SDM di Indonesia. Faktor yang terakhir adalah mata pencaharian. Mayoritas penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani, berbeda dengan di negara maju yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya berada di sektor Industri. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mulai belajar tentang teknologi industri sehingga kegiatan lain bisa lebih efisien.

Nah, bagaimana Squad? Sudah lebih mengerti kan tentang SDM? Yuk, kita terus belajar supaya bisa menjadi manusia yang berkualitas, tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk sesama. Biar belajarnya lebih seru, yuk belajar dengan ruangbelajar! Di ruangbelajar, kamu bisa nonton video belajar dan latihan soal, lho. Ditunggu ya di ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Nicholas Suhadi