Kimia Kelas 10 | Mengetahui Cara Menentukan Rumus Empiris Senyawa

Kimia_10.jpg

Squad, kamu pasti sudah tahu dong bahwa rumus kimia merupakan salah satu ciri khas dari senyawa kimia? Yap, ternyata rumus kimia terbagi menjadi dua yaitu rumus empiris dan rumus molekul. Perbedaan keduanya ada pada jumlah atomnya, sedangkan atom unsur penyusun senyawanya sama. Lalu, bagaimana cara menentukan kedua rumus tersebut? Sekarang, kita simak pembahasan cara menentukan rumus empiris senyawa dahulu yuk, Squad!

Rumus empiris merupakan rumus yang paling sederhana dari suatu molekul yang menunjukkan perbandingan atom-atom penyusun molekul. Rumus ini menyatakan perbandingan jenis dan jumlah paling sederhana dari suatu senyawa. Rumus empiris diperoleh berdasarkan percobaan. Contohnya, rumus molekul benzena adalah C6H6 dan rumus empirisnya adalah CH. Rumus molekul hidrogen peroksida adalah H2O2 dan rumus empirisnya adalah HO.

Rumus empiris dapat digunakan untuk menunjukkan rumus molekul apabila tidak ada informasi tentang massa molekul relatif dari suatu senyawa. Misalnya, NO2 dapat dikatakan sebagai rumus molekul jika tidak ada informasi massa molekul relatifnya. Tetapi jika massa molekul relatifnya diketahui, misalnya 92, maka NO2 merupakan rumus empiris karena rumus molekul senyawa tersebut adalah N2O4.

rumus molekul benzana

 Benzena memiliki rumus molekul C6H6 dengan rumus empiris CH (Sumber: utakatikotak.com)

Cara untuk menentukan rumus empiris yaitu perlu terlebih dahulu mencari massa atau persentase massa dalam senyawa. Setelah itu dibagi dengan massa atom relatif (Ar) masing-masing unsur, artinya dalam menentukan rumus empiris perlu dicari perbandingan mol dari unsur-unsur dalam senyawa tersebut. Rumus empiris dan rumus molekul bisa dijabarkan sebagai berikut:

(Rumus Empiris)n = Rumus Molekul

Nilai n berkaitan dengan massa molekul relatif (Mr) dari suatu rumus kimia. Jika Mr dari rumus empiris dikalikan dengan n, maka menghasilkan Mr rumus molekul. Prinsip ini digunakan sebagai dasar dalam mencari rumus molekul senyawa.

Supaya kamu lebih paham, coba kerjakan contoh soal di bawah ini yuk Squad!

rumus empiris dan molekul

Diketahui:

Persentase unsur C = 41,82% - Persentase unsur H = 6,51% - Persentase unsur O = 51,67%

Ditanya: Rumus empiris?

Jawab:

Massa senyawa sebesar 100 gram, maka:

Massa C = 41,82 gram

Massa H = 6,51 gram

Massa O = 51,67 gram

Kemudian cari jumlah mol masing-masing unsur

rumus empiris dan rumus molekul

Karena perbandingan jumlah mol juga menyatakan perbandingan jumlah atom, maka perbandingan jumlah mol dapat digunakan untuk menentukan rumus empiris.

mol C : mol H : mol O = atom C : atom H : atom O = 3,485 : 6,510 : 3,229

Karena atom-atom dalam molekul merupakan kelipatan bilangan bulat, maka perbandingan atom di atas harus bilangan bulat dan harus lebih sederhana, sehingga harus membagi ketiga bilangan di atas dengan kelipatan bilangan paling kecil yaitu 3,229. Perbandingannya menjadi:

1,07 : 2,01 : 1,00

Perbedaan angka di belakang koma pada desimal kedua dapat diabaikan, dengan demikian perbandingan atom C, H dan O adalah:

1 : 2 : 1

Perbandingan ini menyatakan perbandingan atom-atom paling sederhana dalam molekul. Dengan demikian, rumus empiris senyawa adalah CH2O.

Nah, Squad sekarang kamu sudah paham 'kan bagaimana cara menentukan rumus empiris senyawa? Rumus empiris didapatkan dari percobaan dan lebih sederhana dibandingkan dengan rumus molekul. Kalau kamu masih punya pertanyaan lain tentang materi ini, kamu bisa langsung tanyakan melalui Ruangguru digitalbootcamp. Kamu bisa bertanya sekaligus berdiskusi dengan 20 teman-teman se-Indonesia dan dibimbing oleh tutor terbaik. Tunggu apa lagi, ayo gunakan sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar