Mengetahui Daftar Pemakai Informasi Akuntansi

Ekonomi Kelas 12 : Daftar Pengguna Informasi Akuntansi

Kamu sudah mempelajari tentang apa itu pengertian akuntansi dan manfaatnya. Lalu, sebenarnya siapa aja sih penggunna informasi akuntansi tersebut? Secara garis besar, terdapat 2 pihak yang disebut sebagai pengguna informasi akuntansi, yaitu pihak internal dan ekskternal. Pihak internal adalah pihak yang berada di dalam sebuah perusahaan dan berkepentingan dalam pengambilan kebijakan perusahaan. Sementara pihak eksternal merupakan pihak di luar perusahaan yang mempunyai hubungan dengan perusahaan dan memiliki kepentingan terhadap kebijakan perusahaan.

hari akunting internasional

A. Pihak Internal

Dalam sebuah perusahaan, pihak internal yang memakai informasi akuntansi adalah manajer. Manajer yang membutuhkan informasi akuntansi adalah orang yang sudah berada pada level manajemen puncak seperti CEO atau General Manager, dan manajemen menengah seperti manajer keuangan dan manajer produksi.

Memangnya kenapa manajer membutuhkan informasi akuntansi?

Informasi akuntansi dibutuhkan manajer sebagai panduan sebelum mengambil kebijakan. Misalnya, sebelum memutuskan untuk menentukan harga suatu produk, manajer harus memastikan terlebih dahulu berapa biaya produksi yang dikeluarkan. Nah, biaya-biaya ini didapat dari sistem akuntansi perusahaan. Terbayang, kan, kalau tidak informasi itu? Bisa-bisa manajer hanya menebak dan perusahaan justru menjadi rugi.

B. Pihak Eksternal

1. Investor

Investor adalah orang yang memberikan investasi modal kepada perusahaan. Investor memerlukan informasi akuntansi berupa kondisi keuangan sebagai bahan landasan evaluasi. Informasi ini penting, karena akan menentukan keputusan investor di masa depan. Apabila kondisi keuangan perusahaan dinilai kurang menguntungkan, ada kemungkinan investor akan berpindah investasi ke perusahaan lain.

2. Karyawan dan Serikat Pekerja Karyawan

employee.jpg

sumber gambar: http://www.lawdonut.co.uk

Dengan informasi keuangan yang ada, karyawan dapat mengetahui prospek karir di masa depan. Karyawan juga dapat mengetahui besaran bonus yang diterima, serta sebagai sarana evaluasi diri atas performanya.

3. Kreditur

Kreditur merupakan pihak yang meminjamkan dana sebagai modal kepada perusahaan. Contoh: Bank. Bank akan mengevaluasi perusahaan melalui informasi keuangan sehingga dapat memutuskan apakah akan memberikan pinjaman atau tidak.

4. Pemerintah

Dengan mengetahui informasi akuntansi, Pemerintah dapat mengawasi dan memantau perusahaan dalam hal pembayaran pajak, kelayakan gaji pegawai, dan sumbangan sosial kepada masyarakat.

5. Masyarakat

Masyarakat perlu mengetahui informasi akuntansi perusahaan untuk dapat memasstikan peran perusahaan dalam melaksanakan kewajiban sosialnya.

pengguna informasi akuntansi internal dan eksternal

Gimana? Sekarang, sudah tahu, kan, siapa saja pengguna informasi akuntansi? Kalau RG Squad ingin mengetahui materi-materi persiapan ujian, yuk bergabung dan diskusi bersama sambil chat seru dalam Ruangguru Digital Bootcamp!

New Call-to-action

Beri Komentar