Blog Ruangguru

    Mengetahui Hasil Konferensi Meja Bundar (KMB)

    By Tedy Heryansyah · Oct 19, 2017

    Sejarah_Header (1).jpg

    RG Squad pasti nggak asing ya dengan Konferensi Meja Bundar (KMB)? Peristiwa ini menjadi salah satu langkah diplomatik Indonesia, dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari serangan-serangan Belanda. Beberapa kali Belanda melakukan kekerasan untuk meredam kemerdekaan Indonesia. Akan tetapi, aksi Belanda itu justru mendapat kecaman keras dari dunia internasional lho. Kira-kira gimana ya konferensi ini berlangsung? Apa saja ya hasil Konferensi Meja Bundar? Yuk,  kita simak bersama-sama.

      hasil konferensi meja bundar

    Pelaksanaan KMB (Sumber: okezone.com)

    Konferensi Meja Bundar (KMB) dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus sampai 2 November 1949 di Den Haag (Belanda). KMB digelar setelah Belanda dan Indonesia melewati beberapa jalur diplomasi sebelumnya. Beberapa jalur diplomasi yang dilakukan oleh Belanda dan Indonesia diantaranya perundingan Linggarjati, perjanjian Renville, juga perjanjian Roem-Roijen. Dalam rangka mempercepat penyerahan kedaulatan, pemerintah Indonesia yang kala itu diasingkan di Bangka, bersedia mengikuti KMB.

    hasil konferensi meja bundar

    Pada tanggal 2 November 1949, persetujuan KMB berhasil ditandatangani.

    Isi dari KMB adalah sebagai berikut:

    1. Belanda mengakui RIS sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.
    2. Pengakuan kedaulatan dilakukan selambat-lambatnya tanggal 30 Desember 1949.
    3. Masalah Irian Barat akan diadakan perundingan lagi dalam waktu 1 tahun setelah pengakuan kedaulatan RIS.
    4. Antara RIS dan Kerajaan Belanda akan diadakan hubungan Uni Indonesia Belanda yang dikepalai Raja Belanda.
    5. Kapal-kapal perang Belanda akan ditarik dari Indonesia dengan catatan beberapa korvet (kapal perang kecil) akan diserahkan kepada RIS.
    6. Tentara Kerajaan Belanda selekas mungkin ditarik mundur, sedang Tentara Kerajaan Hindia Belanda (KNIL) akan dibubarkan dengan catatan bahwa para anggotanya yang diperlukan akan dimasukkan dalam kesatuan TNI.

    Pada akhir Desember 1949, KMB mengeluarkan hasil yang menyatakan bahwa Indonesia diakui kedaulatannya oleh Belanda. Kemudian pada tanggal 27 Desember 1949, diadakanlah penandatanganan pengakuan kedaulatan di negeri Belanda. Pihak Belanda ditandatangani oleh Ratu Juliana, Perdana Menteri Dr. Willem Drees, Menteri Seberang Lautan Mr. AM . J.A Sassen. Sedangkan delegasi Indonesia dipimpin oleh Drs. Moh. Hatta. Pada waktu yang sama di Jakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Wakil Tertinggi Mahkota AH.J. Lovink menandatangani naskah pengakuan kedaulatan. Dengan diakuinya kedaulatan RI oleh Belanda ini maka Indonesia berubah bentuk negaranya berubah menjadi negara serikat yakni Republik Indonesia Serikat (RIS).

    Konferensi Meja Bundar tidak berjalan lancar-lancar saja lho, Squad. Terdapat beberapa masalah yang terbilang sulit untuk dipecahkan. Nah diantaranya adalah:

    1. Masalah istilah pengakuan kedaulatan dan penyerahan kedaulatan. Indonesia menghendaki penggunaan istilah pengakuan kedaulatan, sedangkan Belanda menghendaki istilah penyerahan kedaulatan.
    2. Masalah Uni Indonesia-Belanda. Indonesia menginginkan agar sifatnya hanya kerja sama yang bebas tanpa adanya organisasi permanen. Sedangkan Belanda menginginkan kerja sama yang luas dengan organisasi yang luas pula
    3. Masalah hutang. Indonesia hanya mengakui hutang-hutang Hindia-Belanda sampai menyerahnya Belanda kepada Jepang. Sebaliknya Belanda berpendapat bahwa Indonesia harus mengambil alih semua kekayaan maupun hutang Hindia-Belanda sampai saat itu, termasuk biaya perang kolonial terhadap Indonesia.

    hasil konferensi meja bundar

    Nah, sekarang RG Squad sudah tahukan apa saja isi dalam Konferensi Meja Bundar. Kalo gitu, jangan lupa pelajari sejarah-sejarah lainnya ya.

    Mau belajar online ditemani tutor yang siap membantu menjawab soal-soal sulit  yang kamu punya? Yuk, gabung sekarang di Ruangguru Digital Bootcamp sekarang juga!

    New Call-to-action

    Share this:

    Tags: konsep pelajaran, SMA, Sejarah XII, Sejarah

    You may also like...

    24 Nov, 2017
    24 Nov, 2017
    23 Nov, 2017
    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru