Mengetahui Pengertian Peluang Empirik

Matematika Kelas 8 : Pengertian Peluang Empirik

RG Squad, kalian pernah mendengar komentator dan ahli sepak bola memprediksi suatu pertandingan sepak bola tidak? Misalnya RG Squad dapat memprediksi kemenangan tim sepak bola Indonesia melawan Singapura dengan cara cara mencari peluang kemenangannya. Nah, cara mencari peluang kemenangan tim Indonesia melawan Singapura inilah yang disebut sebagai peluang empirik. Untuk lebih memahami pengertian peluang empirik suatu kejadian dari suatu percobaan, perhatikan tabel berikut ya.

pengertian peluang empirik

Pada kolom terakhir terdapat nilai perbandingan yang disebut sebagai peluang empirik. Sehingga dapat disimpulkan peluang empirik adalah perbandingan antara frekuensi kejadian n(A) terhadap percobaan yang dilakukan n(S).

Rumus Peluang Empirik pada Teori Peluang

 

Contoh 1:

Pada pertandingan sepak bola yang dilaksanakan sebanyak 30 kali, ternyata Tim Indonesia menang 18 kali, seri 8 kali dan kalah 2 kali. Dari data yang sudah ada, jika Tim Indonesia bertanding sekali lagi berapakah peluang Tim Indonesia akan menang?

Jawab:

Pertandingan sepak bola dilaksanakan 30 kali, berarti n(S) = 30

Sedangkan Tim Indonesia menang sebanyak 18 kali, berarti n (A) = 18

Peluang tim Indonesia menang = Capture-32.png

Contoh 2:

 

pengertian peluang empirik

Lisa dan Aryo sedang melakukan percobaan dengan menggunakan dua buah uang logam di atas. Mereka melempar dua buah uang logam itu sebanyak 30 kali, kemudian mereka mencatat hasilnya, sebagai berikut:

Capture-33.png

Tentukan peluang empirik munculnya kedua buah uang logam yang sama! 

Jawab:

Munculnya kedua uang logam yang sama dua buah, yaitu (A,A) dan (G,G).

Kemunculan (A,A) = 10 kali dan (G,G) = 6 kali.

Kemunculan (A,A) & (G,G) = 10 + 6 = 16 , n(A) = 16.

Sedangkan banyak seluruh percobaan yaitu n(S) = 30

Peluang munculnya kedua buah uang logam yang sama:

 Capture-34.png

Bagaimana RG Squad? Sudah mengerti kan yang dimaksud dengan peluang empirik? Selanjutnya kalian akan belajar tentang peluang teoritik

Kesulitan memahami penjelasan gurumu di sekolah? Yuk cari guru privat yang sesuai dengan keinginanmu. Ada banyak guru privat yang siap membantumu di Ruangles. Cari sekarang juga ya!

ruangles

Beri Komentar