Mengetahui Proses Perubahan Sosial | Sosiologi Kelas 12

Rabia Edra Nov 30, 2017 • 3 min read


Sosiologi Kelas 12 : Proses Perubahan Sosial

Halo RG Squad, sudah baca artikel tentang pengertian perubahan sosial? Apa kamu penasaran bagaimana bisa terjadi di masyarakat? Nah, pada dasarnya proses perubahan sosial dapat terbentuk melalui difusi, akulturasi, asimilasi, dan akomodasi. Mau tahu lebih lanjut rinciannya?Yuk, kita bahas satu per satu.

1. Difusi

Difusi merupakan proses penyebaran berbagai unsur pembentuk kebudayaan, baik berupa ide, keyakinan, dan lain sebagainya. Hal ini disebarkan dari individu ke individu yang lain, atau bahkan lebih luas dari pada itu. Difusi dibedakan menjadi dua macam yakni difusi intramasyarakat dan difusi antarmasyarakat.

Difusi intramasyarakat merupakan difusi unsur kebudayaan antarindividu atau golongan dalam masyarakat yang dipengaruhi beberapa faktor seperti adanya pengakuan bahwa unsur budaya baru tersebut memiliki banyak kegunaan. Kemudian, difusi antarmasyarakat ialah difusi unsur kebudayaan dari satu masyarakat ke masyarakat yang lain. Difusi antarmasyarakat terjadi karena adanya kontak sosial antarmasyarakat hingga timbul pengakuan akan kegunaan unsur kebudayaan baru tersebut.

2. Akulturasi

Akulturasi dapat diartikan sebagai sebuah proses masuknya suatu kebudayaan asing ke dalam sekelompok masyarakat, hingga unsur kebudayaan asing itu dapat diterima dan diolah ke dalam kebudayaan masyarakat tersebut. Cepat atau lambatnya unsur kebudayaan asing dapat diterima kelompok masyarakat bergantung kepada cara masuk dari budaya tersebut. Jika, unsur kebudayaan tersebut masuk dengan cara pemaksaan, maka akulturasi akan berjalan cukup lama. Namun, jika melalui proses yang damai, maka unsur kebudayaan tersebut relatif lebih cepat diterima.

proses perubahan sosial - barongsai - inibali.jpg

Salah satu contoh akulturasi yakni pementasan Barongsai. (Sumber: inibali.com)

3. Asimilasi

Asimilasi timbul jika ada dua individu atau kelompok masyarakat dengan latar budaya berbeda berinteraksi dengan intensif dalam jangka waktu lama. Dengan begitu lama-kelamaan, salah satu budaya individu atau kelompok masyarakat tersebut akan hilang. Proses perubahan sosial dengan bentuk asimilasi ini merupakan usaha untuk mengurangi perbedaan antargolongan masyarakat guna mencapai suatu tujuan demi kepentingan bersama.

4. Akomodasi

Akomodasi dapat dipahami sebagai keadaan yang menunjukkan keseimbangan dalam hubungan sosial antara individu dengan kelompok-kelompok yang berkaitan dengan norma atau nilai yang berlaku di masyarakat.

proses perubahan sosialBerdasarkan uraian di atas dapat dipahami bahwa proses perubahan sosial merupakan penyesuaian masyarakat terhadap perubahan-perubahan unsur kebudayaan yang terjadi. Seru ya belajar sosiologi! Ingin belajar materi lainnya plus dengan animasi yang seru? Yuk, unduh aplikasi ruangguru di sini untuk Android dan link berikut untuk iOs.

New Call-to-action

Artikel ini terakhir diperbarui pada tanggal 24 November 2020.

Referensi:

Dwi, Vina. 2009. Sosiologi untuk SMA/MA kelas XII. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Beri Komentar