Matematika Kelas 9 | Menghitung Luas dan Volume Bola Kapten Tsubasa

Menghitung Luas dan Volume Bola

Artikel ini menjelaskan tentang cara menghitung luas dan volume bola. Tapi bukan sembarang bola, kali ini bolanya Tsubasa. Emang beda bola Tsubasa sama bola lain? Gatau, baca aja dulu.

-- 

Sejak kecil, Tsubasa Ozora sudah sangat dekat dengan bola. Hampir setiap hari ia memainkan bola. Bahkan, saat tidur pun ia memeluk bola. Sampai pada satu saat, Tsubasa kecil pernah hampir tertabrak bus. Tapi ia selamat. Apa yang membuatnya selamat? Bola. Ya, Tsubasa memeluk bola, dan bus berhenti sampai sedikit menyentuh bola yang dipeluknya. Sejak saat itulah, Tsubasa dengan bola menjadi sangat akrab.

Ketika ia masuk sekolah, setiap hari Tsubasa berangkat sekolah dengan berlari. Ia berlari sambil menggiring bola. Bisa kebayang nggak kalau kamu yang lari ke sekolah? Beuh, yang ada nyampe sekolah badan kamu bau asem keringet, haha.

Nah, yang menarik nih, kenapa Tsubasa bisa begitu lihai berlari ke sekolah dengan menggiring bola? Begitu lincah menggocek lawan, apa dia nggak kesulitan? Semudah itu kah menggiring bola sambil berlari? 

tsubasa-1

Sumber: giphy.com

Hmm emang sih, Tsubasa itu hanya kartun. Kartun juga terkenal dengan hal-hal yang tidak mungkin. Akan tetapi, apa yang dilakukan oleh Tsubasa dengan bolanya itu sangat mungkin terjadi di kehidupan nyata, lhoo

Bayangin coba kalau yang ditendang dan digiring sama Tsubasa itu bola yang dipakai di American Football. Tau kan bolanya gimana? Nih, kalau nggak tau, kayak gini bolanya.

american footballBola American Football (sumber: i.ebayimg.com).

Nah, kebayang gimana kalo Tsubasa ngegiring bola American football? Susah. Iya susah. Terus kenapa bola sepak itu bisa dengan mudah menggelinding dan Tsubasa bisa dengan mudah mengendalikannya? Ada yang tau kenapa? 

Jawabannya adalah, karena bola yang digiring Tsubasa termasuk ke dalam bangun ruang sisi lengkung. Dibandingkan dengan bola American Football, bola sepak memiliki luas dan volume yang berbeda. Sehingga, dapat dengan mudah menggelinding, bahkan dibawa berlari. Kamu yang suka bermain sepakbola pasti tau rasanya menggiring bola dan menendang bola. 

Oke, biar kita semua tau kenapa Tsubasa bisa menggiring dengan begitu mudah, bahkan sampai ia bisa memiliki tendangan super kerennya itu, kita pelajari dulu yuk tentang bangun ruang sisi lengkung yang satu ini, sekaligus kita menghitung luas dan volume bola.

Bentuk bola termasuk ke dalam bangun ruang sisi lengkung. Sadar atau tidak, ternyata bentuk bola itu adalah bangun ruang yang dibentuk dari lingkaran yang diputar kembali ke posisinya.

bentuk bola dan lingkaran
 Bentuk bola dan lingkaran (sumber: wikihow.com).

Kayanya masih belum cukup menjelaskan ya. Oke, selain bentuk bola itu adalah bentuk dari lingkaran, bentuk bola juga memiliki beberapa sifat. Beberapa sifatnya adalah: 

  1. Tidak memiliki rusuk dan titik sudut.
  2. Setiap titik pada bidang lengkung memiliki jarak yang sama dengan titik pusat.

Nah, karena sifat-sifatnya inilah, bola sepak mudah untuk dikendalikan. Bisa ngegelinding kalau ditaro di jalanan yang menurun.

Terus nih, luas permukaan bola bisa kita hitung dari rumus luas permukaan setengah bola yang sama dengan rumus luas persegi panjang. Agar lebih mudah, coba deh kamu lihat rumus-rumusnya di bawah ini:

asal usul rumus luas permukaan bola

Nah, kalau untuk menghitung luas permukaan bolanya, yang kamu butuhkan adalah rumus ini:

rumus luas permukaan bola

Lalu, cara untuk menghitung volumenya bagaimana? Beda dengan menghitung luas, untuk menghitung volume bola, kamu harus tahu dulu cara menghitung volume tabung, karena volume setengah bola sama dengan volume kerucut. Nih, ada penjelasan caranya biar kamu lebih mudah:

asal usul rumus volume bolaAsal-usul rumus volume bola (sumber: berpendidikan.com).

Kalau untuk menghitung, kamu harus menggunakan rumus ini:

rumus volume bola

Bilangan di atas, didapat dari penghitungan volume kerucut = 1/3 x π x r x r x t. Dengan kondisi diameter alas kerucut dan bola sama, dan tinggi kerucut = r, maka untuk mengisi penuh 1 bola, dibutuhkan 4x volume kerucut, sehingga muncul rumus volume bola seperti di atas.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Permukaan dan Volume Tabung

Biar main bolanya nggak kepikiran luas dan volume bola, lebih baik latihan soal luas dan volume bola di bawah ini, yuk:

1. Diketahui jari-jari dari sebuah bola basket adalah 7 cm, apabila π = 22/7, maka berapakah volume dari bola basket tersebut?

Jawab:

V = 4/3 x π x r³

   = 4/3 x 22/7 x 7³

   = 4/3 x 22/7 x 343

   = 1437.3 cm³.

Maka, volume dari bola basket itu adalah 1437.3 cm³.

2. Sebutir kelereng memiliki jari-jari 7 mm. Tentukanlah permukaan kelereng tersebut!

Jawab:

L = 4 x π x r2

   = 4 x 22/7 x 7 x 7

   = 4 x 22 x 7

   = 616

Jadi, luas permukaan kelereng yang jari-jarinya 7 mm adalah 616 mm2.

Sekarang kamu tau kan mengapa Tsubasa bisa jago banget ngegiring bolanya? Terus, dia juga bisa melakukan tendangan-tendangan super keren. Semua itu bukan nggak mungkin dilakukan. Kamu pun bisa, asal banyak latihan. Kecuali, yang kamu gunakan itu bola American Football, atau bola billiard haha kecil banget dong ya. 

Selain tau gimana Tsubasa bisa melakukan trik-triknya dengan bola sepak, kamu juga jadi tau cara menghitung luas permukaan dan volume bola. Jadi, ketika kamu main bola ala Kapten Tsubasa, jadi tau deh gimana caranya supaya bola yang kamu tendang itu melengkung, atau menukik. Nah, biar jagonya nggak cuma di lapangan, tapi di ujian juga. Kamu mending banyak latihan soal sambil nonton video-video di ruangbelajar deh. Banyak banget yang seru di sana. Yuk, langganan!

ruangbelajar

Beri Komentar