Matematika Kelas 6 | Menghitung Mean, Median, dan Modus

cara mencari mean dan cara mencari median

Cerita petualangan Roro dan Guntur kali ini akan mengisahkan tentang nilai ulangan harian mereka. Apa ya kira-kira hubungannya nilai ulangan harian dengan menghitung mean, median, dan modus? Ikuti kisah perjalanan mereka hingga selesai ya.

---

“Kamu mau ikut ke rumah Roro, nggak?”, tanya Guntur pada Kanguru.

“Mau sih, tapi kalau boleh tahu kamu ada keperluan apa ke rumah Roro?”

“Ini, aku dan Roro kan sudah beberapa kali ulangan. Mau tahu aja sih berapa rata-rata nilai aku dan Roro,”

“Ohh, mau menghitung mean?” tanya Kanguru.

“Mean? Bentar... aku ingat tapi… lupa hehe,”

mean dan median adalah

“Ingat apa lupa, Guntur? Ayo deh kita ke rumah Roro,” tak lama setelahnya mereka pergi ke rumah Roro.

Sesampainya di rumah Roro…

“Eh, kalian sudah datang. Mari masuk,” ucap Roro yang ternyata sudah menunggu mereka di teras depan rumahnya.

“Roro, kata Guntur dia mau menghitung rata-rata nilai ulangan yang sudah kalian dapat dari sekolah,” Kanguru membuka pembicaraan di ruang tengah rumah Roro.

“Iya, Roro. Aku tuh penasaran berapa sih rata-rata nilai ulangan kita,” lanjut Guntur.

Roro dan Guntur mengeluarkan hasil ulangan yang mereka dapat. Masing-masing dari mereka mengeluarkan enam lembar hasil ulangan.

“Ada enam hasil ulangan yang sudah dinilai ya?” tanya Kanguru.

“Iya,” jawab Roro singkat.

“Kalian sudah tahu bagaimana cara menghitung rata-rata dari nilai ulangan kalian, kan?” tanya Kanguru lagi.

“Pakai rumus Mean,” jawab Roro.

“Nah, tadi Kanguru juga bilang seperti itu. Mean.. Mean.. Kayaknya pernah dengar tapi apa ya?” ujar Guntur sambil mengrenyitkan dahinya.

“Mean, median, modus. Masa kamu lupa?” tanya Roro

“Oh iya yaa... Aku baru ingat sekarang. Mean itu nilai rata-rata, median itu nilai tengah setelah diurutkan, dan modus itu nilai yang paling banyak muncul. Betul?”

cara mencari modus dan cara menghitung modus

“Itu kamu tahu, Guntur. Ayo sekarang coba hitung mean, median, dan modus masing-masing,” ucap Kanguru.

“Nilai ulangan aku 7, 8, 8, 8, 9, dan 7 nih,” ucap Guntur.

“Kalau aku 8, 7, 9, 9, 7, dan 9 ya,” balas Roro.

cara menghitung median dan cara menghitung mean

Roro dan Guntur tampak sedang menghitung mean, median, dan modus dari nilai ulangan yang mereka dapatkan.

Baca Juga: Rumus-rumus Kubus dan Balok

“Sudah tahu berapa hasilnya?” tanya Kanguru.

“Sebentar, mean aku itu 7 + 8 + 8 + 8 + 9 + 7 = 47 terus dibagi 6, hasilnya 7,8” jawab Guntur.

“Kalau aku 8 + 7 + 9 + 9 + 7 + 9 = 49 dibagi 6, jadi rata-ratanya itu 8,1” Roro balas menjawab.

“Nah, kalau median dan modus dari kalian berapa?” tanya Kanguru.

“Median aku itu 8 + 8 = 16 terus dibagi 2, hasilnya 8,” ujar Guntur.

“Aku 9 + 9 = 18 terus dibagi 2, hasilnya 9,” jawab Roro.

"Eh salah! Untuk menghitung median, nilai-nilainya harus diurutkan dulu dari kecil ke besar dulu ya", ujar Kanguru

"Oh iya, lupa..." ujar Guntur

"Nilai aku kalau diurutkan jadinya, 7, 7, 8, 8, 8, 9, berarti yang di tengah 8 dan 8, dijumlahkan dan dibagi dua, jadinya mediannya 8. Eh, masih sama ya... berarti gak perlu diurutkan dong?" balas Guntur

"Jangan buru-buru ya, coba lihat punya Roro dulu" kata Kanguru

"Nilai aku kalau diurutkan, jadinya 7, 7, 8, 9, 9, 9, berarti yang di tengah 8 dan 9, dijumlahkan dan dibagi dua, jadinya mediannya 8,5. Wah, iya berubah!" kata Roro

"Nah hati-hati ya, jangan lupa mengurutkan sebelum menghitung nilai median!" kata Kanguru

“Wah, nilai kalian tidak jauh berbeda ya,”

“Hmm... Kalo dilihat-lihat tuh modus nilai yang aku dapat juga sama kayak median, yakni 8. Kalau Roro pasti 9 deh,”

“Iya juga ya. Nilai modus aku 9, Guntur. Kamu benar,”

mean, median, modus

“Wah, kalian sama-sama pintar ya,” ucap Kanguru.

Roro dan Guntur hanya membalas ucapan itu dengan sebuah senyuman.

Gimana nih teman-teman, sudah paham tentang Mean, Median, dan Modus dari cerita Roro Guntur kali ini?

Gigi taring gigi geraham

Banyak makanan di atas meja

Kalau dirasa kurang paham

Cek videonya di ruangbelajar saja

ruangbelajar

Beri Komentar