Menghitung Rente Postnumerando | Matematika Kelas 12

Matematika Kelas 12 : Menghitung Rente Postnumerando

RG Squad sebelumnya sudah memahami cara menghitung rente pranumerando kan?  Jenis rente lainnya adalah rente postnumerando. Kali ini kita akan belajar tentang cara menghitung rente postnumerando. Rente ini dalam pembayaran atau penerimaan sejumlah uang dilakukan pada setiap akhir tahun atau akhir bulan.

1. Nilai Akhir Rente Postnumerondo

Definisi:

Rente yang dibayarkan di akhir periode, sehingga angsuran terakhir tidak mengalami pembungaan satu periode. Angsurannya tiap akhir, yang ditanya nilai akhir.

rumus nilai akhir rente postnumerando

Contoh:

Setiap akhir bulan Afgan menabung di bank sebesar Rp 225.000,00 selama 7 bulan dengan bunga 2%/bulan dari bank dengan pembungaan di tiap akhir bulan. Tentukan total tabungan Afgan di bank tersebut!

Jawab:

a = 225.000

i = 2% = 0,02

n = 7

Capture-11.png

Total tabungan Afgan adalah Rp 1.665.000,00

 

2. Nilai Tunai Rente Postnumerando

Definisi:

Jumlah semua nilai tunai angsuran yang dihitung pada akhir masa bunga yang pertama. Angsurannya tiap akhir, yang ditanya nilai tunai.

rumus nilai tunai rente postnumerando

Contoh:

Setiap akhir bulan Panti Asuhan Bina Anak menerima uang dari Yayasan Anak Sejahtera sebesar 500.000,000 dengan bunga 3%/bulan di setiap akhir bulan. Jika panti asuhan menghendaki penerimaan uang tersebut di awal bulan pertama, tentukan besar uang yang diterima Panti Asuhan Bina Anak selama 2,5 tahun!

Jawab:

a = 500.000

i = 3% = 0,03

n = 2,5 tahun = 30 bulan

Capture-12.png

Besar uang yang diterima Panti Asuhan Bina Anak selama 2,5 tahun adalah Rp 9.800.000,00

Bagaimana RG Squad? Kalian sudah mengerti kan rente pranumerando dan rente postnumerando? Masih bingung menghitung tentang rente? Jangan khawatir, gabung yuk di ruangbelajar ruangguru! Ada banyak video animasi pembelajaran yang pastinya seru dan bisa membantu kalian dalam belajar.

ruangbelajar

Beri Komentar