Meniru Hygge ala Bangsa Nordik Agar Terhindar dari Stres

Adinda Kasih

Feb 4, 2019 • 3 min read

Sukses Kerja


Bangsa Nordik

Artikel ini membahas tentang beberapa cara agar terhindar dari stres menurut Bangsa Nordik

--

Istilah hygge tumbuh dan besar di Denmark. Hygge atau dibaca ‘hoo-gah’ dianggap seperti filosofi masyarakat Denmark, yang juga Bangsa Nordik, dalam membuat kehidupan sehari-sehari lebih bermakna dan spesial sehingga terhindar dari stres. Tidak heran bila negara ini mendominasi peringkat World Happiness Report dari tahun ke tahun menurut apa yang dikatakan oleh The Conversation (2018).

Filosofi tersebut banyak digunakan untuk mendeskripsikan momen atau perasaan nyaman dan senang, juga sebagai peringatan untuk berhenti sejenak dan menikmati momen dengan baik. Oleh karena itu, hygge sering kali dikaitkan dengan sebuah mindset dan dapat menjadi solusi untuk menghilangkan stres. Berikut, Anda dapat meniru cara-cara terhindar dari stres dengan dasar hygge.

1. Rayakan hal-hal kecil

bangsa nordik

Menikmati cokelat hangat di malam yang dingin (Sumber: madebydanica.co.uk)

Masyarakat Denmark atau Danes sangat menghormati dan menikmati hal kecil yang membuat bahagia. Musim dingin Denmark yang cukup panjang tidak membuat masyarakatnya tidak bersemangat dan mengeluh. Sebaliknya, Danes justru memanfaatkan musim tersebut untuk menyenangkan diri sendiri seperti dengan menyalakan lilin yang banyak dan membaca buku dekat api penghangat. Konsep hygge di sini adalah melihat segala kesempatan sebagai momen yang baik walaupun momen tersebut tidak seindah yang Anda inginkan.

Baca juga: 7 Tipe Stres di Tempat Kerja dan Cara Mengatasinya

2. Tetapkan akhir pekan sebagai waktu mencintai diri Anda


643d0e3dcfaaad1704dc742e10ca2e0f--birthday-dinner-parties-outdoor-dinner-parties

            Berkumpul bersama orang terdekat di halaman rumah (Sumber: pinterest.com)

Gunakan akhir pekan untuk melakukan aktivitas yang membuat Rekan Kerja nyaman dan senang atau aktivitas yang terasa hygge. Seperti duduk dekat penghangat di malam yang dingin dengan menggunakan baju hangat dan minum teh sambil membelai hewan peliharaan Anda. Bisa juga dengan menghabiskan waktu bersama orang terdekat seperti piknik di pantai atau masak-masak bersama keluarga. Tak hanya untuk menyenangkan diri sendiri, konsep hygge juga berlaku untuk digunakan bersama orang-orang tersayang.

  3. Slow Down
old-people-playing-cards

    Bermain kartu bersama-sama  (Sumber: web.extension.illinois.edu)

Pelan-pelan lah saat melakukan sesuatu dan resapi. Di era saat ini, sering sekali kita terburu-buru dalam melakukan sesuatu, misalnya saat ingin pergi ke suatu tempat atau ketika berusaha menyelesaikan tugas hingga perhatian terhadap orang, hal dan momen sekitar menjadi kurang. Hygge menekankan pentingnya untuk being in the moment atau “hadir di saat ini” dengan orang-orang di sekitar Anda. Bermain board game atau permainan kartu lainnya seperti Werewolf dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk menciptakan momen bersama keluarga atau teman-teman. Selain dapat menciptakan keakraban, Anda juga dapat melepas stres. Pastikan Anda tidak menyentuh gadget sama sekali agar dapat meresapi momen tersebut.  

Rekan kerja, dalam usaha terhindar dari stres memang tidak mudah. Namun dengan memulai sedikit demi sedikit dan selalu mencoba berbagai hal untuk terhindar dari emosi negatif tersebut sudah merupakan hal yang bagus. Selain berusaha untuk terhindar dari stres, baca juga tips dan kelas positif lainnya di aplikasi ruangkerja yang dapat diunduh secara gratis dengan mengklik gambar dibawah ini. Selamat mencoba, Rekan Kerja!

New call-to-action
Beri Komentar

Recent Posts