Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa dengan 3 Kandungan Makanan

Fahri Abdillah Mei 7, 2020 • 5 min read


Menu sahur berkasiat (1)

Artikel ini memberi informasi dan tips makanan sehat saat sahur agar tubuh tetap terjaga saat berpuasa.

--

Tidak terasa kita sudah memasuki hari ke 14 Bulan Ramadan, terhitung dari tanggal 24 April 2020. Sejauh ini bagaimanakah puasa kamu? Lancar? Atau sudah pernah bolong? Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan, aktivitas sehari-hari kita pun tetap sama, mungkin hanya dikurangi saja jamnya. Seperti sekolah yang biasanya pulang jam 2 siang, jadi jam 12 siang. Begitu pula dengan orang tua atau kakak kamu yang bekerja.

Tapi, semenjak terjadi wabah virus covid-19 ini, kita semua diminta untuk melakukan semua kegiatan di rumah. Mulai dari belajar, sampai bekerja. Nah, meskipun aktivitas dilakukan di rumah, tapi otak kita pun tetap terus bekerja. Saat itulah tubuh kita pun membutuhkan energi agar tetap fokus dan bisa berpikir dengan baik.

Namun, di bulan suci Ramadan ini, semua kegiatan makan dan minum dihentikan mulai dari sebelum adzan subuh, sampai adzan maghrib. Untuk membuat tubuh kita tetap memiliki daya tahan yang bagus, juga tidak mudah lemas, kuncinya adalah konsumsi makanan saat kita semua sahur.

Mungkin masih banyak yang beranggapan kalau sahur itu harus makan yang banyak atau minum yang banyak, hitung-hitung menabung untuk 13 jam ke depan. Tapi ingat, kita ini manusia, bukan unta yang punya tempat penyimpanan air sendiri. Mau makan sebanyak apapun atau minum sebanyak apapun, tidak akan berpengaruh ke lemas atau tidaknya tubuh kita.

Untuk itu, hal yang paling penting diperhatikan adalah pola makan saat sahur. Usahakan saat sahur, kamu mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan serat, mengandung protein, vitamin, dan mampu melancarkan pencernaan.

3 Kandungan yang Harus Ada di Dalam Makananmu

1. Serat

makanan tinggi serat

Makanan-makanan tinggi serat. Sumber: halodoc.com

Ahli-ahli kesehatan menyarankan agar tidak terlalu berlebihan mengonsumsi makanan saat sahur. Untuk itu, makan makanan yang kaya akan serat, mampu membuat tubuh terasa lebih cepat kenyang. Kemudian, hal positif lain juga bisa kamu dapat karena makanan berserat itu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna di dalam tubuh kita. Maka rasa kenyang pun akan terasa lebih lama.

Para ahli juga memberikan anjuran kepada laki-laki dan perempuan terkait jumlah kadar makanan berserat yang harus dikonsumsi per harinya. Untuk laki-laki, sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung serat sebanyak 38 gram per harinya. Sedangkan perempuan, dianjurkan untuk mengonsumsi kandungan serat sebanyak 25 gram per hari.

2. Lemak

makanan lemak tak jenuh

Makanan dengan kandungan lemak tak jenuh. Sumber: hellosehat.com

Selama ini mungkin kamu mengenal lemak sebagai sesuatu yang jahat, yang akan membuat tubuhmu tumbuh tidak ideal dan cenderung bisa menyebabkan berbagai penyakit. Ya, nggak ada yang salah dari pendapat itu. Memang lemak akan berdampak buruk bagi tubuh, tapi jika itu dikonsumsinya secara berlebihan. Pada dasarnya memang segala hal yang berlebihan itu nggak bagus kan?

Nah, ternyata lemak juga ada manfaatnya. Lemak dalam hal ini yang bersifat tak jenuh ya. Dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tak jenuh, tubuhmu tidak akan mudah merasa lapar, dan tentunya akan membuat kegiatan menjadi belajar di rumahmu menjadi lebih optimal. Contohnya itu alpukat, biji-bijian, minyak zaitun.

Baca juga: Benarkah Buka Puasa Sebaiknya dengan Makanan Manis?

3. Protein

makanan tinggi protein

Makanan-makanan tinggi protein. Sumber: idntimes.com

Seperti yang kamu pelajari di pelajaran IPA atau biologi, kalau protein itu sangat bagus untuk tubuh. Protein memiliki khasiat sebagai zat yang dapat mengatur proses metabolisme tubuh kamu yang akan berubah menjadi energi. Tapi, ini sangat penting diperhatikan, mengonsumsi protein itu juga tidak boleh berlebihan, karena dampaknya adalah bau tak sedap pada mulut kamu sepanjang hari. Hmm nggak mau kan orang-orang kabur ketika dekat denganmu.

Itulah 3 kandungan yang idealnya terdapat di makanan-makanan kita ketika sahur. Kandungan seperti serat, biasa terkandung di sayur-sayuran atau bubur oat. Sayuran-sayuran yang kaya akan serat dan bagus kamu konsumsi saat sahur itu seperti brokoli, bayam, kubis, kangkung, dan sayur jenis lainnya.

Kemudian jangan lupa juga konsumsi buah, selain mengandung serat, buah juga kaya akan vitamin. Jadi, selain akan membuat tubuhmu merasa kenyang lebih lama, buah juga membantu membuat tubuh tetap bugar, karena vitamin yang dikandungnya.

Nah kalau protein, kamu bisa dengan mengonsumsi telur, ikan, daging ayam, daging sapi, atau kacang-kacangan. Tapi kalau mau yang hemat dan cepat, telur juga cukup kamu jadikan sumber protein saat sahur. Terus, lemak tak jenuhnya bisa kamu dapat dari memakan buah alpukat, ikan, atau sup bakso. Sup bakso atau sup ayam bisa jadi santapan sehat karena mengandung protein, lemak, dan juga serat sekaligus.

sup kandungan protein dan lemak

Sup bakso dengan kandungan berkhasiat. Sumber: Fimela.com

Selain makanan-makanan ini, jangan sampai lupa untuk mengonsumsi air mineral yang cukup. Hindari minuman-minuman dengan kandungan manis buatan, karena hanya akan membuat tubuhmu lemas dan juga mudah dehidrasi.

Jika semua ini kamu ikuti, besar kemungkinan tubuh kamu akan tetap bugar, dan pikiranmu pun tetap fokus untuk belajar.

Nah, di masa seperti ini, banyak pengetahuan yang harus kamu tambah setiap harinya. Apalagi untuk kamu yang sebentar lagi masuk perguruan tinggi, atau kamu yang duduk di kelas 2 dan akan menuju kelas 3, belajar di rumah dengan menggunakan metode yang menyenangkan serta mudah dipahami adalah kebutuhan.

Maka, melihat kebutuhan itu, kamu sangat bisa terbantu oleh aplikasi Ruangguru dengan produk ruangbelajar. Ruangbelajar memiliki fitur yang akan sangat membantu kamu dalam belajar. Seperti video belajar animasi, yang dijelaskan dengan konsep-konsep yang kontekstual, kemudian ada latihan soal, juga rangkuman-rangkuman yang akan memudahkan kamu memahami inti dari penjelasan topik pelajaran. Jadi, jangan lupa tetap belajar, dan tetap sehat.

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar