Menyusun Laporan Penelitian, Yuk!

laporan penelitian header

Squad, setelah kamu melakukan penelitian, apa sih yang kamu lakukan setelah itu? Yap, betul banget! Kamu harus membuat laporan penelitian. Sudah pernah membuat laporan penelitian sebelumnya? Sekarang, coba menyusun laporan penelitian, yuk! 

Sebenarnya, laporan penelitian itu apa, sih? Laporan penelitian sebenarnya merupakan satu kesatuan pola pikir ilmiah yang disusun secara sistematis dalam sebuah tulisan. Laporan penelitian berisi segala informasi maupun catatan yang diperoleh sesorang peneliti, baik sebelum mengadakan penelitian, ketika penelitian, maupun sesudah penelitian. Jadi sebenarnya laporan penelitian itu tidak sesederhana yang dipikirkan, ya. Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa membuatnya. Kita coba bahas bareng-bareng, yuk! 

Menyusun Laporan Penelitian, Yuk!

Yuk, mulai menyusun laporan penelitianmu! (Sumber: Shutter Stock)

Bagian Rancangan Penelitian

Sesuai dengan namanya, rancangan penelitian tentu disusun sebelum kamu mulai mengadakan penelitian. Apa saja sih, yang harus kamu tulis di dalam rancangan penelitian? Pada bagian ini, kamu harus menulis masalah penelitian, tinjauan pustaka dan metodologi yang digunakan. Dijelaskan dengan sejelas mungkin, ya! 

Pembahasan dan Analisis Hasil Penelitian

Pada pembahasan dan analisis hasil penelitian, kamu harus mengubah data mentah yang sudah kamu olah menjadi kalimat. Dengan kata lain, kamu harus menarasikan data yang sudah kamu peroleh. Tetapi kamu masih boleh menyertakan tabel data atau grafik yang mendukung pernyataanmu, kok. 

Kesimpulan

Squad, penelitian yang baik tidak hanya memberikan kesimpulan, tapi juga memberikan evaluasi. Jadi, sebenarnya, kesimpulan itu apa, ya? Kesimpulan merupakan pernyataan singkat, jelas, dan sistematis dari keseluruhan hasil analisis. Nah, untuk menarik kesimpulan, kamu bisa membuatnya dengan menggunakan logika deduktif dan logika induktif. Apa sih, logika deduktif dan logika induktif itu? 

Jadi, logika deduktif adalah proses berpikir yang dimulai dari hal umum ke hal-hal yang bersifat lebih khusus. Logika deduktif juga disebut dengan pola pikir umum-khusus. Wah, kalau logika induktif itu berarti kebalikannya dong? Yap! Logika induktif merupakan pola pikir yang dimulai dari hal yang lebih spesifik, baru kemudian ke hal yang lebih umum, baru kemudian kesimpulan bisa ditarik. 

Wah, sekarang kamu sudah siap belum untuk membuat laporan penelitian sendiri? Kalau kamu belum siap, jangan khawatir! Kamu cuma perlu berlatih lebih keras lagi, Squad. Yuk, belajar membuat laporan penelitian sambil nonton video belajar di ruangbelajar. Download sekarang untuk bisa buat #BelajarJadiMudah ya, Squad!

New Call-to-action

Beri Komentar