Meraih Bintang Bersama Ruangguru - Pemenang Writing Challenge Ruangguru Yogyakarta

A. R. Ainiyah Okt 27, 2018 • 4 min read


Nama: A. R. Ainiyyah
Asal Grup: RG SQUAD SULSEL A
Kelas: 8
Nama Sekolah: SMPN 1 Sungguminasa, Gowa
Kota: Gowa, Sulawesi Selatan

“Ketika kita malas kita sedang menzalimi orang-orang yang percaya sama kita.”
- Iqbaal D. Ramadhan (Brand Ambassador Ruangguru)

Siapa sih yang tidak ingin menjadi seorang bintang? Contohnya menjadi bintang kelas, tentu itu adalah mimpi terbesar bagi setiap pelajar. Namun sebagai seorang pelajar kita pastinya tidak luput dari kata malas tetapi kita tidak perlu khawatir, karena semakin kita khawatir maka semakin mudah bagi kita menjadi seorang pemalas, cukup perlu tanamkan pada diri sendiri kalau kita bisa!

Sebelum benar-benar menanamkan keyakinan tersebut, ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui target untuk kedepannya. Jujur, saya pribadi sering menjumpai orang-orang yang menyepelekan hal tersebut dengan pemikiran, “Perjalanan aku masih panjang.” atau “Entaran aja, deh.” Jika kalian termasuk orang yang pernah berpikiran seperti itu,  sebaiknya sekarang kalian mulai membuka pikiran kalau dunia ini luas dan kita tidak mungkin menjelajahi dunia tanpa adanya sebuah target atau pencapaian. 

Squad, untuk menjadi seorang bintang rasanya tidak cukup jika kita hanya mencoba untuk menangkis rasa malas atau sekedar menentukan target kita kedepannya. Tentunya kita juga harus belajar dengan giat, nah kali ini saya akan memberikan beberapa tips belajar jadi mudah bersama Ruangguru.

1. Kenali dan tentukan gaya belajarmu sendiri

Meraih Bintang Bersama Ruangguru

Setiap orang itu mempunyai cara belajarnya masing-masing. (Sumber: flavorwire.files.wordpress.com)

Ada yang lebih paham kalau belajarnya sambil mendengarkan musik, ada yang harus dalam ruangan hening, dan lain sebagainya. Nah, kamu harus tahu gaya belajarmu seperti apa. Hal ini bertujuan agar kamu lebih mudah menerima pelajaran, contohnya dengan menentukan tempat dan kapan waktu yang kalian rasa tepat.  Terus kalau belajar di Ruangguru, kamu bisa belajar kapan saja dan di mana saja sesuai kebutuhanmu. 

2. Komitmen

Meraih Bintang Bersama RuangguruBersama Ruangguru #BelajarJadiMudah (Sumber: bostonglobe.com )

Kalau ingin meraih bintang, kamu harus bisa berkomitmen untuk belajar. Kamu bisa mulai dengan biasakan belajar 30 menit setiap hari di aplikasi Ruangguru. Selain itu, di Ruangguru kita dapat memutar ulang video-video pembelajaran jadi kita akan mengerti dengan baik tanpa ada sedikit pun keraguan ketika dihadapkan dengan soal yang lebih menantang lagi tentunya.

3. Mimpi

Meraih Bintang Bersama Ruangguru

Jadikan mimpimu kenyataan. (Sumber: indiatoday.in)

Selalu ingat mimpi kalian, percaya tidak percaya hal sesederhana itu pun dapat meningkatkan rasa semangat kita dalam melakukan proses pembelajaran. Semua berawal dari mimpi, tapi kamu tetap harus bangun dan meraih mimpi itu, tidak diam saja dan membuat mimpi itu hanya menjadi sekadar mimpi. 

4. Yakin Pada Diri Sendiri

Meraih Bintang Bersama Ruangguru
Kamu harus yakin pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa. (Sumber: bustle.com)

Jangan pernah berpikiran kalau kalian lemah dalam suatu mata pelajaran, tetapi selalu berpikiran kalian bisa, dengan cara terus belajar. Selama kamu percaya bahwa kamu mampu, kamu akan mampu. Saat kamu menginginkan sesuatu, dan percaya bahwa kamu bisa mewujudkannya, tanpa kamu sadari dunia ini akan berkonspirasi membantumu untuk mewujudkannya. 

5. Kekuatan Doa

Meraih Bintang Bersama Ruangguru

Doa dan dukungan mampu menjadi motivasi. (Sumber: latimesherocomplex.files.wordpress.com)

Mintalah doa dan dukungan dari orang-orang di sekitar kalian, contohnya orang tua atau bisa saja di luar sana kalian memiliki seorang idola yang menurut kalian dia adalah sosok yang benar-benar patut untuk kalian jadikan contoh. Doa dan dukungan dari orang-orang yang kalian sayangi atau kagumi bisa menjadi motivasi, lho.

Nah, setelah mengetahui beberapa tips belajar jadi mudah untuk meraih bintang bersama Ruangguru semoga kalian jadi semakin termotivasi agar menjadi sosok yang lebih baik lagi kedepannya, Squad.

Yuk, terus kembangkan potensi dirimu dalam belajar melalui ruangbelajar. Video beranimasi, latihan soal dan rangkuman infografisnya akan membuat suasana belajar tetap menyenangkan. Selamat belajar! 

ruangbelajar

 

Beri Komentar