5 Kota Pilihan untuk Merantau Kuliah

Rabia Edra

Mar 6, 2019 • 5 min read

parenting


kota pilihan

Smart Parents, ada yang sedang kebingungan mengenai pilihan lokasi berkuliah untuk anak? Hmm, memang kadang rasanya ingin agar anak bisa tinggal satu kota sama kita ya, tetapi 'kan juga harus mendukung cita-citanya untuk belajar langsung di kampus terbaik. Oleh karenanya, sebagai orang tua harus melakukan riset kecil-kecilan dulu nih tentang kampus dan kota yang nyaman untuk anak bisa belajar. Apalagi soal biaya hidup, wah itu jadi hal yang harus diperhatikan. Nah, berikut adalah daftar kota pilihan Ruangguru untuk berkuliah. Disimak ya.

1. Kota Solo

kota pilihan

Kampus UNS di Solo (Sumber: flickr.com)

Kota pilihan pertama jatuh kepada Solo. Yup, kota kelahiran Presiden ke-7 Indonesia ini lumayan dilirik oleh banyak calon mahasiswa karena memiliki beberapa kampus dengan standar yang baik dan juga biaya hidupnya yang ramah di kantong. Terdapat Universitas Sebelas Maret yang masuk dalam peringkat 15 besar kampus terbaik di Indonesia, selain itu juga ada Universitas Muhammadiyah Surakarta, Institut Seni Solo, dan Universitas Surakarta. Berkuliah di kota yang kental dengan budaya Jawa pun membuat lingkungan tempat tinggalnya dikenal dengan keramahtamahan. 

Soal pilihan program studi, tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari Fakultas kedokteran sampai Fakultas Sastra dan Bahasa tersedia di Solo. Ada pula tawaran program double degree serta kelas internasional, selain kelas reguler yang biasa ditemukan di tiap universitas. Sementara itu, untuk urusan tempat tinggal biasanya ada indekos atau kontrakan, biayanya sangatlah murah, berada pada kisaran Rp3 juta per tahun. 

2. Kota Padang

kota pilihan

Salah satu gedung Universitas Negeri Padang (Sumber: unp.ac.id)

Kita beralih, inilah salah satu kota yang jadi favorit para mahasiswa khususnya yang tinggal di Pulau Sumatera yaitu Kota Padang! Beberapa kampus yang jadi incaran yaitu Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang (UNP), atau Politeknik Negeri Padang. Pilihan program studi yang ditawarkan juga sangat banyak, bagi anak Anda yang ingin menjadi dokter, guru, peneliti, ahli IT, dan lain sebagainya. Soal biaya kuliah, ada yang unik nih. Jadi, di kampus seperti UNP, bayaran kuliah dibagi ke dalam 5 kelompok sesuai dengan latar belakang keluarga, lho. Rentang biayanya mulai dari Rp500.000/semester sampai Rp7 jutaan. 

Oh ya, salah satu fakta yang paling menarik, sebagai calon anak rantau yang pasti akan memikirkan harus makan apa setiap hari, jangan khawatir karena hampir semua makanan yang ada di kota ini enak semua lho. Nggak sampai mengocek lebih dari Rp20.000, dijamin anak Anda sudah bisa kenyang, Smart Parents.

3. Kota Surabaya

kota pilihan

Tampak kampus ITS di Surabaya (Sumber: infokampus.news)

Kota terbesar nomor dua di Indonesia masuk ke dalam kota pilihan untuk berkuliah versi Ruangguru, karena siapa sih yang nggak  tahu kampus-kampus di kota ini? Seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Kristen Petra. Bagi calon mahasiswa teknik, kampus yang ada di Surabaya tentunya jadi incaran nomor satu. Jurusan-jurusan yang jarang ada di kampus lain seperti Teknik Transportasi Laut, Teknik Geomatika, Teknik Sistem Perkapalan ada di kota ini.

Selain belajar, nggak ada salahnya juga dong untuk meluangkan waktu berjalan-jalan di sekitar kota agar tidak mudah suntuk belajar. Tentu saja, Surabaya jadi surga jalan-jalan. Akses transportasinya yang mudah untuk travelling ke pantai atau gunung akan menghindari dari rasa bosan. Ada Pantai Kenjeran, Pulau Bawean, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan masih banyak lagi. 

4. Kota Jakarta

kota pilihan

Fakultas Ekonomi UI (Sumber: feb.ui.ac.id)

Wah, rasanya Kota Jakarta sebenarnya nggak perlu diulas lagi ya. Mau belajar apa saja pasti ada di Ibukota. Deretan kampus terbaiknya adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta. Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Pelita Harapan, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, dan lainnya. Tapi kali ini kita nggak akan membahas tentang program studi, tetapi justru kesempatan berkuliah murah bahkan nyaris tidak bayar. Di UI ada beasiswa bernama Bidik Misi, PPA-BBM, Karya Salemba 4 yang akan memangkas pengeluaran dana pendidikan Anda untuk anak. Ada pula Beasiswa Djarum Plus di Universitas Paramadina, beasiswa ASO Japan di Binus, serta Beasiswa Kementerian Agama dan Dompet Dhuafa di UIN. Yuk, sering-sering cek website kampus tersebut untuk mendapat informasinya.

5. Kota Yogya

kota

Tampak kampus UGM (Sumber: iisd.org)

Julukannya saja sudah Kota Pelajar, tentu saja Yogyakarta jadi salah satu pilihan tujuan merantau untuk berkuliah. Tahu nggak Smart Parents, kalau kota ini adalah paket lengkap dari sisi manapun. Kampus top nasional, biaya hidup yang murah, pilihan sewa indekos yang banyak, dan pusatnya kegiatan komunitas dan seni budaya. Mau cari apa lagi? Semuanya bisa dipenuhi sama daerah istimewa tersebut. Mahasiswanya pun beragam, mulai dari Sumatera sampai Papua. Anak Anda akan memiliki banyak perspektif dalam menghadapi suatu isu di lingkungan yang seperti ini. Eits, satu lagi... belajar di kota ini sangat direferensikan bagi anak Anda yang ingin kuat di bidang riset dan penelitian. 

Gimana, Smart Parents kira-kira ada nggak salah satu kota di atas yang akan jadi tujuan bagi anak Anda? Kalau ada kampus atau kota lainnya yang ingin Ruangguru review, jangan segan tinggalkan pesan di kolom komentar ya! Sambil riset-riset tentang kota pilihan beserta kampusnya, yuk download dulu aplikasi Ruangguru dan ajak anak Anda mengikuti beragam tryout gratis.

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts