Ruangguru Blog

    Meski Dikenal Galak, Inilah Prestasi Ahok yang Berhasil Mengubah Jakarta

    By Ruangguru writer · Oct 18, 2016

    Saat ini marak pemberitaan mengenai pemilihan ketua daerah yang secara serentak akan dilaksanakan bulan Februari 2017 mendatang. Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok ikut pula diberitakan. Pasalnya, Gubernur DKI Jakarta tersebut kembali mencalonkan dirinya untuk periode kepemimpinan berikutnya. Ahok dikenal sebagai pemimpin daerah yang tegas, bahkan galak. Namun hal tersebut memiliki andil dalam terciptanya kondisi Jakarta yang lebih baik. Kali ini Ruangguru.com akan mengulas prestasi-prestasi yang dicapai oleh Ahok selama masa jabatannya. Dari artikel ini, kamu bisa tahu perbaikan apa saja yang sudah terjadi di Jakarta dan perbaikan yang bisa kamu harapkan dari gubernur berikutnya. Simak terus ya!

    prestasi ahok - Ahok marah Ahok berlaku tegas sebagai seorang gubernur. (Sumber: mediaindonesia.com)

    Pada tahun 2014 yang lalu, Ahok dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sebelumnya ia adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta dan sempat menjadi anggota DPR RI. Karirnya menjadi kepala daerah sebetulnya sudah dimulai sejak tahun 2005 saat ia menjabat sebagai Bupati Belitung Timur. Ia pun juga pernah menjadi kandidat Gubernur Bangka Belitung di tahun 2007. Sebelum terjun ke dunia politik, laki-laki bergelar insinyur ini sempat menggeluti bidang bisnis. Namun, ia sepertinya lebih menyukai politik dibanding bisnis. Ini dia prestasinya di bidang politik, terutama saat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

    Mendisiplinkan PNS

    prestasi ahok - PNS berjalan menuju suatu tempat Ilustrasi PNS. (Sumber: poskotanews.com)

    Akibat ketegasannya terhadap para PNS di DKI Jakarta, Ahok dianggap galak oleh sebagian orang. Memang, hukuman yang diberikan oleh ayah dari tiga orang anak ini tidak main-main apabila ada pegawai daerah yang 'membandel'. Ia tak segan memotong Tunjangan Kerja Daerah (TKD) seorang pegawai apabila telat masuk kantor atau bolos kerja.

    Menjawab keluhan warga

    prestasi ahok - tampilan aplikasi Qlue Tampilan aplikasi Qlue. (Sumber: teknologi.metrotvnews.com)

    Di masa kepemimpinannya, Ahok memberikan tiga nomor pengaduan yang dapat digunakan warga Jakarta untuk melaporkan berbagai masalah. Ketiga nomor tersebut adalah 0811944728, 081927666999, dan 085811291966. Masalah yang diadukan haruslah berkaitan dengan urusan publik di Jakarta. Misalnya tentang jalanan rusak, lampu merah yang mati, dan lain-lain. Laporan tersebut disampaikan melalui SMS. Keluhan-keluhan yang sampai ke nomor tersebut benar-benar direspon oleh pemerintah, lho. Hal ini terbukti dari apresiasi para warga yang sudah pernah menggunakan layanan ini. Selain melalui SMS, keluhan bisa juga disampaikan melalui aplikasi online Qlue dan Lapor!.

    Membuat transportasi umum lebih nyaman           

    prestasi ahok - petugas transjakarta mengecek kondisi bus Armada baru Bus Transjakarta. (Sumber: koran.jakarta.com)

    Armada bus Transjakarta sebagian besar diganti atas instruksi Ahok. Beberapa di antaranya memang sudah tidak layak untuk beroperasi lagi. Masih ingat, kan, saat dulu bus Transjakarta sering dikabarkan meledak dan mogok? Selain itu, mantan pria yang gemar makan durian ini juga menambah jumlah unit agar semakin banyak orang yang bisa diakomodir oleh moda transportasi ini. Semoga bus-bus baru ini terus dirawat dengan baik ya.

    Membasmi pungutan liar

    prestasi ahok - orang memberikan uang Ilustrasi pungutan liar. (Sumber: daerah.sindonews.com)

    Kini sudah tidak ada lagi biaya yang terpaksa dikeluarkan oleh warga Jakarta saat mengurus KTP atau dokumen-dokumen kependudukan lainnya. Pegawai di Pemda DKI Jakarta tidak lagi berani memberikan syarat uang pelicin kepada warga yang ingin permasalahan administrasinya dibantu. Hal ini disebabkan adanya ancaman dipecat apabila praktik tersebut diketahui oleh Ahok. Laki-laki kelahiran 50 tahun silam ini membuktikan bahwa ancamannya bukan hanya gertakan sambal. Awal tahun ini, ia memecat pejabat di Dinas Kebersihan DKI Jakarta karena kasus pungutan liar.

    Membuat Jakarta lebih rapi

    prestasi ahok - jalanan padat akibat pedagang yang tidak tertib Padatnya jalanan akibat pedagang kaki lima yang tidak tertib. (Sumber: m.tempo.co)

    Pemukiman yang terletak di pinggir sungai dianggap sebagai penyebab banjir yang kerap terjadi di Jakarta. Akhirnya, Ahok memerintahkan agar pemukiman tersebut digusur dan warganya dipindahkan ke lokasi lain. Awalnya penggusuran yang dilakukan menuai banyak kontra. Para warga pun enggan pindah dari rumahnya. Oleh sebab itu, Ahok mempercepat pembangunan rumah susun (rusun) agar warga yang tergusur dapat segera tinggal di rumah yang baru. Selain relokasi terhadap pemukiman warga di pinggir sungai, pedagang-pedang kaki lima juga menjadi sasaran relokasi. Pedagang kaki lima yang tersebar di sekitar Tanah Abang adalah salah satunya. Posisi mereka yang semrawut di ibukota membuat jalanan menjadi semakin macet.

    Mewujudkan sungai yang bersih

    prestasi ahok - sampah di kali ciliwung Sampah di Kali Ciliwung. (Sumber: megapolitan.kompas.com)

    Ternyata, bukan hanya pemukiman liar di pinggir sungai saja yang menyebabkan banjir di Jakarta. Sungai yang dipenuhi oleh sampah juga menjadi salah satu penyebabnya. Demi mewujudkan Kota Jakarta yang bersih dan bebas banjir, anak sulung dari empat bersaudara ini membentuk tim untuk membersihkan sungai-sungai di Jakarta. Usaha Ahok dan timnya tidak sia-sia. Kini beberapa sungai di Jakarta, seperti Ciliwung, sudah tampak lebih bersih lho dari sebelumnya.

    Menginisiasikan transparansi APBD

    prestasi ahok - transparansi APBD Ilustrasi APBD yang transparan. (Sumber: radarkaltim.prokal.co)

    Transparansi APBD baru pertama kali dilakukan pada saat Ahok menjabat. Gubernur-gubernur Jakarta sebelumnya dilaporkan belum pernah menginisiasi hal yang sama. Dengan transparansi ini, penduduk Jakarta tidak lagi merasa was-was bahwa anggaran digunakan dengan tidak semestinya. Hal ini juga menjadi salah satu cara agar masyarakat dapat ikut serta menilai kinerja pemerintah daerah. Mudah-mudahan hal ini bisa diikuti oleh provinsi-provinsi lain di Indonesia ya.

    Prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh Ahok ini semoga dapat menginspirasi para kandidat kepala daerah di Indonesia. Selain itu, sebagai masyarakat, kamu harus mendukung program-program yang positif dan menjaga kondisi daerah yang sudah membaik, smart buddies! Ahok tidak lepas dari pemberitaan buruk di media. Memang ia bukanlah manusia yang sempurna, tetapi kamu tetap bisa mencontoh hal-hal yang baik darinya. Ajak teman-temanmu untuk mengikuti jejak Ahok dalam berprestasi dengan share artikel ini, ya! Kalau kamu tahu prestasi Ahok yang lainnya, jangan ragu untuk tambahkan di kolom komentar. (AZN/TN)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata, Nasional, Tokoh

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru