Apa Itu Monday Blues? Kenali Penyebab, Ciri-Ciri & Tips Mengatasinya

Monday Blues

Artikel ini menjelaskan mengenai apa itu Monday Blues, perasaan cemas di hari Senin, mulai dari penyebab, ciri-ciri, hingga tips mengatasinya.

“Cepet banget sih weekend berlalu?”

“Hah, udah senin aja?”

Kamu sering mengeluh seperti ini setiap hari Senin menyapa? Apalagi setelah libur panjang. Ternyata perasaan cemas, sedih, enggan atau kesal menjelang hari Senin disebut dengan Monday Blues Syndrome, lho. Monday Blues adalah sebuah sindrom yang menggambarkan emosi negatif dan hadir di penghujung akhir pekan karena kita merasa nggak bahagia untuk memulai beraktivitas kembali di hari Senin.

Monday Blues bisa dirasakan oleh semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Sebetulnya wajar-wajar saja jika kamu sesekali merasakan Monday Blues. Namun, jika dirasakan hampir setiap minggu, ada baiknya kamu mencari tahu sumber masalah dan mencoba untuk mengatasinya. Nah, sebelum itu mari kita cari tahu dulu seperti apa sih sebetulnya ciri-ciri Monday Blues hingga cara mengatasinya berikut ini.

 

Pengertian dan Ciri-ciri Monday Blues

Menurut seorang psikolog klinis bernama Beta Kurnia, M.Psi, seperti yang dilansir dari limone.id, Monday Blues menggambarkan emosi yang kurang menyenangkan seperti sedih, cemas, lelah, hingga stres yang dirasakan terkait hari Senin. Kondisi ini bisa menjadi petunjuk bahwa ada stresor (pemicu stres) tertentu di hari Senin, seperti aktivitas yang dilakukan atau lingkungan yang ditemui di hari Senin. So dapat disimpulkan, bahwa yang menjadi stresor itu bukanlah hari Senin tetapi apa yang terjadi pada hari Senin.

Baca Juga: Bagaimana Cara Melawan Rasa Malas Masuk ke Sekolah?

ciri-ciri Monday Blues

Pada kondisi yang lebih serius, orang yang mengalami Monday Blues bisa mengalami ketakutan ekstrim pada hari Senin sampai membuatnya tidak mau keluar rumah di hari Senin. Ini pun dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, untuk mendapatkan diagnosa yang akurat, harus dilakukan pemeriksaan atau melakukan konsultasi psikologis dengan profesional seperti psikolog atau psikiater. Jangan mendiagnosa diri sendiri tanpa bantuan profesional, ya!

 

Penyebab Monday Blues

Ada beberapa faktor yang memicu penyebab Monday Blues, di antaranya:

1. Siklus jam tubuh yang kacau

2. Perubahan emosi dari hari kerja ke akhir pekan

3. Tidak suka pekerjaan atau kegiatan yang dijalani

4. Tidak ada work-life-balance 

5. Punya kecemasan emosional

6. Kurang istirahat dan rileks di akhir pekan

7. Ada tekanan pekerjaan menanti di hari Senin

 

Tips Mengatasi Monday Blues

1. Cari tahu akar masalahnya

Merasa enggan belajar atau bekerja di hari Senin? Jika Monday Blues terjadi hampir setiap minggu, maka ada sesuatu yang salah dengan yang kamu jalani. Hanya mencemaskan tentang apa yang akan terjadi di depan tidak akan menyelesaikan masalah. Coba deh kamu ambil pulpen dan kertas, lalu catat apa yang sebetulnya menjadi masalah. Mulai dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Apa sebenarnya perasaan yang kamu rasakan? Marah, sedih, takut, atau cemas?

  • Apa yang sebetulnya membuat kamu stres? Apakah itu orang lain atau tugas yang harus diselesaikan?

  • Apa yang kira-kira bisa kamu lakukan untuk mengatasinya?

Mengetahui secara jelas masalah utamanya akan membantu kita untuk mencari solusi dan mencegah masalah untuk berulang.

Baca Juga: Makna Kaizen dan Cara Menerapkannya untuk Kurangi Rasa Malas Kamu!

me time untuk mengatasi monday bluesMe time (Sumber: halodoc.com)

 

2. Lakukan kegiatan menyenangkan/me time

Kira-kira hal apa yang bisa membuat kamu bahagia dan kembali bersemangat? Kenali apa yang sebetulnya menjadi kebutuhan dirimu sebelum menyambut hari Senin. Apakah kamu membutuhkan istirahat, bertemu dengan teman dan keluarga, melakukan me time, melakukan hobi, olahraga, relaksasi, atau yang lainnya? Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu kembali bersemangat dan memberikan emosi yang positif.

 

3. Jauhkan diri dari berbagai tugas saat weekend

Waktu di hari Sabtu dan Minggu sebaiknya kamu manfaatkan secara penuh sebagai waktu istirahat. Hindari membahas tugas sekolah, target belajar, atau pekerjaan di akhir pekan. Fokuskan kegiatan di waktu weekend untuk dirimu sendiri dan hal-hal yang kamu senangi.

 

4. Persiapkan hari Senin dari hari Jumat

Senin bisa menjadi hari yang lebih stres akibat menumpuknya tugas atau pekerjaan yang belum diselesaikan di minggu sebelumnya. Nah untuk mengatasinya, pastikan kamu telah menyelesaikan tugas pada hari Jumat dan buat catatan to do list untuk seminggu ke depan. Cara ini bisa membantu kamu untuk memulai pekan selanjutnya dengan lebih santai.

mengatasi monday bluesSemangat menyambut hari Senin (Sumber: halodoc.com)

 

5. Bangun lebih awal di hari Senin 

Punya kebiasaan bedagang setiap weekend? Coba deh untuk mengurangi kebiasaan ini dan mulai tidur lebih awal di Minggu malam. Durasi istirahat yang cukup akan membantu kamu bangun lebih awal di hari Senin dan lebih segar. Waktu ekstra di pagi hari Senin itu pun bisa kamu gunakan untuk me time, meditasi, menyiapkan sarapan, sehingga kamu pun lebih siap menghadapi hari Senin.

Baca Juga: Mengapa Siswa Malas Belajar? Inilah Penyebab Beserta Solusinya!

 

6. Memilih pakaian favorit

Dilansir dari halodoc.com, beberapa penelitian menunjukkan bahwa memilih pakaian favorit untuk dipakai keesokan hari bisa menjadi cara ampuh meningkatkan mood agar lebih semangat menjalani hari, lho. Kenakan baju kesukaanmu di hari Senin guna meningkatkan mood positif. Kamu juga bisa mencoba baju baru atau gaya berpakaian baru supaya lebih bersemangat.

Gimana, sudah siap untuk menghadapi hari Senin kali ini? Terapkan beberapa tips tadi sebagai amunisi kamu mengatasi Monday Blues. Bagi kamu yang takut menghadapi hari Senin karena ujian atau tugas yang menanti, tak perlu khawatir. Ada video beranimasi dan rangkuman belajar yang bisa membantu kamu menghadapi berbagai tugas dan ujian di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

 

Referensi:

‘How to Beat the (Very Real) Monday Blues’, healthline.com, 30 Oktober 2019 [daring]. Tautan: https://www.healthline.com/health/monday-blues (Diakses: 13 Oktober 2020)

Sushmita, Eunike Ally. ‘Sering Monday Blues? Coba 5 Cara Ini Agar Sehat Mental di Tempat Kerja’, idntimes.com, 4 November 2019 [daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/life/career/eunike-ally-sushmita/hadapi-monday-blues-c1c2/5 (Diakses: 13 Oktober 2020)

Rosari, Yaya. ‘Saran Psikolog: Ini Trik Mencintai Hari Senin (Buh-Bye, Monday Blues!)’, limone.id [daring]. Tautan: https://www.limone.id/tips-agar-semangat-pagi-tinggi-di-hari-senin/#:~:text=Ciri%2Dciri%20bahwa%20kita%20mengalami,hingga%20hubungannya%20dengan%20orang%20lain.%E2%80%9D (Diakses: 13 Oktober 2020)

‘4 Tips Mengatasi Monday Blues’, halodoc.com, 17 Oktober 2018 [daring]. Tautan: https://www.halodoc.com/artikel/4-tips-mengatasi-monday-blues (Diakses: 13 Oktober 2020)

Sumber foto:

Foto ‘Me time’ [daring]. Tautan: https://www.halodoc.com/artikel/pentingnya-me-time-bisa-jaga-kesehatan-mental-benarkah (Diakses: 13 Oktober 2020)

Foto ‘Semangat menyambut hari Senin’ [daring]. Tautan: https://www.halodoc.com/artikel/tips-move-on-ke-kantor-baru (Diakses: 13 Oktober 2020)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D