Mudah, Sedang, Sulit: Kategori Sistem Penilaian SBMPTN 2018

Aisya Maura Apr 13, 2018 • 2 min read


Hai, RG Squad! Tidak terasa ujian SBMPTN kurang dari sebulan lagi, nih! Sudah tahu tentang model soal SBMPTN ada apa aja belum? Nah, selain itu, kamu juga perlu tahu tentang sistem penilaian yang akan digunakan di ujian nanti. Sudahkah kamu tahu kalau ada perbedaan sistem penilaian SBMPTN di tahun ini? Sistem penilaian +4 (empat), 0 (nol), dan -1 (minus 1) di SBMPTN ternyata sudah nggak berlaku lagi, Squad. Kamu penasaran? Keep scrolling, ya!

sistem penilaian sbmptn

Ilustrasi Suasana Ujian SBMPTN (Sumber: pikiran-rakyat.com)

Kini, soal SBMPTN disusun berdasarkan tingkat kesulitan tiap soal, mulai dari yang mudah, sedang, sampai sulit. Nah, nilai kamu akan ditentukan dari kemampuan menjawab soal-soal tersebut. Jadi, nggak cuma dihitung berdasarkan jumlah soal yang mampu terjawab saja, tapi tingkat kesulitan soal yang bisa kamu selesaikan juga sangat berpengaruh, lho. Wah, kedengarannya jadi semakin rumit, ya!

“Terus, penilaiannya gimana tuh, Kak?”

“Jawaban yang benar diberi nilai berapa? Tiga? Atau dua?”

Well, untuk metode penilaiannya ada tiga tahapnih. Pertama, pemberian skor; kedua, analisis karakteristik soal; dan ketiga, perhitungan skor. Yuk, langsung aja baca penjelasannya berikut ini:

1. Tahap I: Pemberian Skor

Di tahap ini, jawaban SBMPTN kalian akan diproses dan diberi nilai 1 (satu) untuk setiap jawaban benar, dan nilai 0 (nol) untuk setiap jawaban salah atau soal yang kosong. Ternyata, ada keuntungannya juga ya, Squad? Jadi nggak ada sistem nilai minus lagi deh kalau salah menjawab soal.  

2. Tahap II: Analisis Karakteristik Soal

Selanjutnya, setiap soal dianalisis karakteristiknya menggunakan metode Teori Respons Butir (Item Response Theory), dengan melihat pola jawaban seluruh peserta ujian SBMPTN. Setelah dianalisis akan ketahuan deh tingkat kesulitan soalnya.

3. Tahap III: Perhitungan Skor

Last but not least, perhitungan skor. Setelah tahu penilai mengetahui tingkat kesulitan soal, maka hal ini dipakai untuk menghitung skor setiap peserta ujian. Tentunya, soal yang masuk kategori sulit akan diberi skor jauh lebih tinggi dibandingkan soal mudah.

Nah, itulah tadi perbedaan sistem penilaian SBMPTN tahun ini, Squad. Gimana nih persiapan kamu buat menghadapi ujian SBMPTN? Tetap semangat ya, demi bisa masuk perguruan tinggi negeri yang diinginkan! Supaya persiapannya semakin mantap, jangan lupa ikut tryout SBMPTN gratis di ruanguji dari Ruangguru ya!

New call-to-action

Beri Komentar