Naik Jabatan? Ini Cara Menjalin Hubungan Baik dengan Mantan Rekan Kerja

Maya Martha

Feb 14, 2019 • 5 min read

Sukses Kerja


rekan kerja

Artikel ini mengenai cara menjalin hubungan yang baik dengan mantan rekan kerja yang disebabkan karena adanya kenaikan jabatan.

--

Selamat Anda naik jabatan, Rekan Kerja! Itu berarti Anda berhasil mengerjakan hal-hal kecil dan semakin dipercaya untuk mendapat tanggung jawab yang lebih besar. Meraih sebuah jabatan tentu mendekatkan diri Anda kepada goal karier. Perasaan Anda pastinya senang, ‘kan? Namun, dengan Anda naik jabatan maka terdapat ruang antara Anda dengan rekan kerja Anda yang dulu. Padahal mantan rekan kerja Anda cukup berjasa dalam pencapaian goal karier Anda sekarang ini. Agar tidak ada rumor-rumor negatif yang muncul tentang Anda, lakukan cara-cara ini agar hubungan dengan mantan rekan kerja tetap terjalin baik.

1. Bertegur sapa apabila berpapasan

rekan kerja

Selalu bertegur sapa pada setiap pertemuan (Sumber: Shutterstock.com)

Naik jabatan biasanya membuat Anda berpindah ruangan dari satu tempat ke tempat yang lain namun tetap dalam satu gedung atau perusahaan yang sama. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemungkinan Anda masih akan tetap berpapasan dengan mantan rekan kerja Anda. Tegur dan sapalah mereka! Karena jika tidak mereka akan mengira Anda sombong dan angkuh, terlebih Anda telah naik jabatan. Anggapan tersebut dapat akan terus menempel di dalam sosok Anda. Kepribadian Anda pun dapat dinilai buruk dan bukanlah orang baik yang mereka kenal dulu.

Baca juga: 5 Tips Sukses Networking

2. Tidak lupa mengirimkan ucapan

rekan kerja

Memberikan ucapan pada hari raya mantan rekan kerja (Sumber: fg-a.com)

Setiap tahun pastinya mantan rekan kerja Anda merayakan hari-hari raya penting seperti hari ulang tahun, pernikahan, Idulfitri, Natal, Paskah, hingga tahun baru. Luangkan waktu sejenak untuk mengucapkan selamat. Dengan begitu, mereka akan merasakan bahwa Anda masih ingat dan sadar akan kehadiran mereka di hidup Anda. Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk mengetik ucapan manis melalui pesan singkat tanda Anda mendoakan mereka.

3. Terhubung di dunia maya 

ruang kerja

Tetap terhubung melalui media sosial (Sumber: adweek.com)

Naiknya jabatan pasti membuat Anda jauh lebih sibuk daripada sebelumnya. Tanggung jawab Anda pun pasti semakin banyak. Penggunaan media sosial dapat menjadi alat yang dapat memudahkan Anda menjalin relasi dengan mantan rekan kerja. Seperti contohnya Instagram yang semakin hari semakin berevolusi menjadi lebih canggih, menawarkan fitur gratis agar para followers dapat melihat aktivitas melalui Instastory atau foto-foto yang dimasukkan ke dalam akun pribadi. Mantan rekan kerja Anda pun dengan bebas dapat memberikan komentar dan berbincang dengan Anda. Hal ini tentu akan menciptakan relasi yang terhubung antara Anda dengan mantan rekan kerja Anda. Siapa tahu di lain kesempatan Anda akan diajak membuat bisnis bersama karena rekan kerja Anda melihat akun media sosial Anda yang memiliki hobi sama dengan mereka?

4. Mengajak bertemu setelah office hour atau pada saat weekend

rekan kerja

Mengadakan sebuah reuni kecil untuk berbagi cerita (Sumber: shop.kinseltoyota.com)

Menjalin pertemanan dengan rekan kerja menciptakan terbentuknya rutinitas atau kegiatan di luar kantor, seperti sepulang kerja Anda pergi ke suatu kafe dekat kantor atau nonton bioskop bersama pada saat weekend. Sekarang ini, Anda dapat mengajak mereka melakukan kegiatan bersama lagi. Naiknya jabatan tidak menghalangi Anda untuk berkumpul bersama, bukan? Anda akan sangat senang karena Anda dapat saling berbagi cerita terkait suka dan duka kondisi Anda sekarang ini. Selain itu, reuni kecil ini dapat menciptakan suatu diskusi yang menghasilkan pemikiran-pemikiran baru yang mempermudah Anda menjalani karier.

5. Melibatkan mantan rekan kerja dalam beberapa proyek pekerjaan lain

rekan kerja

Bekerja sama di dalam sebuah proyek lain (Sumber: Simplilearn.com)

Bekerja bersama dalam kurun waktu tertentu dapat membuat Anda mengenal keahlian yang dimiliki oleh masing-masing rekan kerja Anda. Dengan tetap meminta opini dan mengajaknya berdiskusi mengenai hal-hal yang meresahkan hidup Anda dapat menjadi suatu usaha Anda menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Terlebih lagi apabila Anda memiliki pekerjaan yang membutuhkan keahlian mereka namun proyek tersebut merupakan pekerjaan di luar kantor. Tentulah hal itu sangat menyenangkan hati mereka karena mereka akan mendapatkan uang tambahan!

Naik jabatan tentunya dapat menjauhkan Anda dari rekan kerja yang lama. Namun, lima cara ini dapat mempertahankan relasi Anda dengan mereka. Hubungan baik tentu akan tidak merugikan hidup Anda. Sebaliknya, apabila Anda tidak menjalin hubungan yang baik dengan mantan rekan kerja maka Anda bisa saja mendapat perlakuan yang negatif atau mungkin Anda tidak up-to-date mengenai informasi yang ada di lingkungan sekitar Anda. Jabatan tinggi bukan berarti memisahkan diri dan merasa terlalu bangga atas status sosial. Rendah hatilah, Rekan Kerja!

Anda dapat membaca artikel lain mengenai tips dan trik di dunia kerja melalui aplikasi ruangkerja. Unduh sekarang juga, gratis!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts