Negara Favorit Tujuan Studi Siswa Indonesia dan Universitas Terbaiknya

Fauzia Astuti Agu 21, 2015 • 7 min read


negara-tujuan-mahasiswa-indonesia

Artikel ini berisi tentang 7 negara favorit tujuan studi mahasiswa Indonesia, termasuk universitas-universitas terbaiknya.

--

Halo Smart Buddies! Menentukan tujuan untuk melanjutkan studi adalah salah satu hal yang lumayan membuat orang-orang pusing. Hal ini karena banyaknya pilihan yang dirasa bagus untuk kita. Apalagi kalau kamu ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Pasti makin banyak pertimbangan yang kamu pikirkan. Terutama tentang lingkungan belajar dan biaya hidup.

Kak, mahasiswa Indonesia biasanya lanjutin studi ke mana?

Ke hatimu~

Hehehe, bercanda. Menurut data dari Global Flow of Tertiary-Level Students UNESCO, berikut adalah negara-negara favorit tujuan mahasiswa Indonesia. Sst... Ruangguru juga kasih referensi beberapa kampus keren di sana, lho. Yuk, meluncur!

1. Australia 

studi-ke-australia
The University of Melbourne (sumber: about.unimelb.edu.au)
 

Sebagai salah satu negara tetangga dengan kualitas pendidikan kelas dunia, jelas Australia jadi tempat paling favorit sebagai tujuan studi orang Indonesia. Hubungan kedua negara yang relatif dekat juga memungkinkan banyak warga Indonesia yang melanjutkan studi ke Australia, dengan berbagai beasiswa yang tersedia tentunya. Baik di jenjang S1-S3, Universitas di Australia selalu lumayan dipenuhi oleh mahasiswa asal Indonesia. Di tahun 2017, tercatat ada sekitar 11.040 mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Australia. 

Beberapa universitas terbaik di Australia antara lain : University of Melbourne, Australia National University, University of Queensland, University of Sydney, dan Monash University.

 

2. Malaysia

studi-ke-malaysiaUniversiti Malaya (sumber: um.edu.my)

Malaysia adalah negara favorit kedua mahasiswa Indonesia nih, Smart Buddies. Data UNESCO di tahun 2018, ada sekitar 10.401 mahasiswa Indonesia yang berkuliah di sana, lho. Kesamaan bahasa dan kultur membuat Malaysia menjadi pilihan yang relatif 'aman' bagi sebagian besar orang untuk hidup. Kemudahan transportasi juga menjadi salah satu faktor, selain hubungan kedua negara yang saling memberikan beasiswa satu sama lain.

Beberapa universitas terbaik di Malaysia antara lain : Universiti Malaya, Universiti Kebangsaan Malaysia.(UKM), Universiti Sains Malaysia (USM), dan Universiti Putra Malaysia (UPM).

 

3. Amerika Serikat 

studi-ke-amerika-serikatHarvard University (sumber: time.com)

Amerika Serikat, dengan puluhan Universitas yang menempati deretan universitas terbaik di dunia, menjadi salah satu negara tujuan favorit mahasiswa dari seluruh dunia untuk melanjutkan studi. Dengan sistem pendidikan yang mengedepankan partisipasi mahasiswa, Amerika Serikat menjanjikan pengalaman hidup yang menyenangkan dengan gaya hidup yang beragam di setiap negara bagiannya. Semua akan memberikan pelajaran yang sangat besar dan kamu akan merindukannya saat kembali ke kampung halaman.

Beberapa universitas terbaik di Amerika Serikat antara lain : Massachusetts Institute of Technology, Harvard University, Stanford University, dan California Institute of Technology (Caltech).

 

4. Inggris 

studi-ke-inggrisImperial College London (sumber: ukuniversitysearch.com)

Inggris menempati urutan ke-4 sebagai negara favorit tujuan mahasiswa Indonesia. Di tahun 2017 saja, ada sekitar 3.620 mahasiswa yang berkuliah di negara Ratu Elizabeth itu. Sejarah panjang institusi pendidikan di Inggris, serta banyaknya penelitian berkualitas yang dilakukan di sana, akan menjadi daya tarik bagi kamu untuk kuliah di Inggris. Iklim kerajaan yang sangat terasa juga menjadi pengalaman tersendiri bagi calon mahasiswa. 

Beberapa universitas terbaik di Inggris antara lain : University of Cambridge, University of Oxford, dan Imperial College London.

 

5. Jepang

studi-ke-jepangKyoto University (sumber: hakuhofoundation.or.jp)
 

Jepang adalah salah satu negara dengan budaya belajar terbaik di dunia. Lingkungan belajar yang terbangun oleh masyarakat Jepang akan sangat membantu kamu untuk belajar untuk lebih mandiri. Sains dan teknologi adalah bidang yang paling berkembang dan diminati sampai saat ini. Kita dapat lihat, berbagai penelitian dan penemuan unggulan dari sains dan teknologi berasal dari Jepang. Nah, ini pula yang membuktikan kenapa 3.616 mahasiswa Indonesia memilih Jepang sebagai negara tujuan studi mereka di tahun 2017.

Beberapa universitas terbaik di Jepang antara lain : University of Tokyo, Kyoto University, dan Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech).

 

6. Jerman

studi-ke-jermanTechnical University of Munich (sumber: ianthearchitect.org)
 

Jerman adalah negara di Eropa lainnya yang menjadi favorit mahasiswa Indonesia. Hayoo, siapa di sini yang mau kuliah gratis di Eropa? Nah, Jerman ini menawarkan biaya pendidikan yang jauh lebih murah dibandingkan negara tujuan studi favorit lainnya. Belum lagi, beberapa ada yang membebaskan biaya kuliah. Di tahun 2017 saja, ada sekitar 2.934 mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Jerman. Perpaduan dari berbagai gaya hidup, mulai dari modern ala Berlin sampai Tradisional ala Munich, juga menjanjikan pengalaman tersendiri.

Beberapa universitas terbaik di Jerman antara lain : Technical University of Munich, Ludwig-Maximilians-Universität München, dan Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg.

 

6. Arab Saudi

studi-ke-arab-saudiKing Saud University (sumber: medicalcity.ksu.edu.sa)

Hubungan persahabatan antara Indonesia dan Arab Saudi yang terjalin sangat baik, membuat negara ini juga menjadi favorit bagi mahasiswa Indonesia. Di 2018 saja, ada sekitar 1.718 mahasiswa yang berkuliah di Arab Saudi. Nah, sebagai negara yang memiliki muslim terbanyak di dunia, mahasiswa Indonesia memilih Arab Saudi sebagai tujuan terbaik untuk memperdalam ilmu agamanya. Bagi kamu yang mau melanjutkan studi di sini, nggak perlu khawatir karena sudah banyak beasiswa yang diberikan swasta maupun pemerintah Arab Saudi.

Beberapa universitas terbaik di Arab Saudi antara lain : King Abdulazis University (KAU), King Fahd University of Petroleum & Minerals, dan King Saud University.

 

7. Korea Selatan

studi-ke-korea-selatanSeoul National University (sumber: mk.co.kr)

Demam Korea yang mewabah di negara kita ternyata membuat Korea Selatan menjadi negara favorit tujuan mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studinya. Ada sekitar 919 mahasiswa Indonesia berkuliah Korea Selatan di tahun 2017, dan jumlah ini terus meningkat setiap tahunnya. Selain karena budaya populernya, Korea Selatan juga terkenal dengan semangat pendidikan yang tinggi dan budaya tradisionalnya yang keren, lho. Bahkan beberapa universitasnya masuk dalam 100 perguruan tinggi terbaik di dunia.

Beberapa universitas terbaik di Korea Selatan antara lain : Seoul National University, Korea University, dan Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST)

---

Nah, itulah dia 7 negara yang menjadi tujuan favorit bagi orang Indonesia untuk melanjutkan kuliah. Negara-negara yang tidak disebutkan di atas bukan berarti tidak bagus ya. Kamu bisa melanjutkan kuliahmu di negara mana saja yang kamu inginkan. Tapi ingat, salah satu yang paling penting kalau kamu mau melanjutkan studi ke luar negeri adalah tes kemahiran bahasa. Tidak hanya bahasa Inggris, bahasa lain seperti bahasa Jepang, Korea, Arab, dan sebagainya juga menjadi persyaratan yang harus kamu penuhi (tergantung negara tujuan kamu, ya).

Lalu aku harus gimana? Aku bingung! Aku galau! Aku hancur! Aku—sst... udah deh nggak usah lebay.

Kamu bisa belajar bersama guru les privat bahasa apapun yang kamu mau di ruangles. Persiapan IELTS, SAT, TOEFL, GRE/GMAT atau tes kemahiran bahasa lainnya bisa lancar jaya bersama guru les profesional dan pengalaman. Dan lagi nih, kamu bisa memilih tempat dan waktu belajarnya sendiri. Jadi lebih fleksibel deh. 

New Call-to-action

 

Beri Komentar