Nggak Lolos SBMPTN 2019? Lakukan 6 Tips dari Master Teacher Ruangguru Ini

Shabrina Alfari

Jul 10, 2019 • 5 min read

sbmptn Siap kuliah


nggak lolos SBMPTN 2019

Artikel ini memberikan tips dari Master Teacher Ruangguru untuk para peserta SBMPTN 2019 yang belum berhasil lolos

--

Bagaimana hasil SBMPTN 2019 kamu Squad? Hidup itu pasti akan selalu penuh kejutan. Jika kamu termasuk yang belum berhasil lolos dan dinyatakan gagal, mungkin dunia kamu serasa runtuh dan rasanya semua perjuanganmu sia-sia. Tenang aja Squad, masih ada kok cara lain yang bisa kamu lakukan. Ayo, kembalikan semangatmu dengan melihat beberapa tips dari Master Teacher Ruangguru berikut ini.

1. Ikut Ujian Mandiri

Masih banyak universitas yang membuka Ujian Mandiri, misalnya SIMAK UI, UTUL UGM, atau bahkan ITB juga menyelenggarakan seleksi mandiri. Namun berbeda dengan SIMAK dan UTUL yang ada ujiannya, ITB menggunakan nilai UTBK sebagai unsur penilaian. Selain itu, masih banyak juga kampus lainnya yang bisa kamu ikuti. Mau tahu informasinya Squad? Klik aja beberapa link di bawah ini.

Baca juga: Bedah Jalur Mandiri Ujian Tulis SIMAK UI 2019

Baca juga: Bedah Seleksi Mandiri SM-ITB 2019

Baca juga: Informasi Lengkap Seleksi Mandiri SMUP UNPAD 2019

Baca juga: Serba-Serbi Ujian Tulis (UTUL) UGM 2019

nggak lolos SBMPTN 2019Ujian Mandiri (Sumber: usu.ac.id)

Untuk menghadapi ujian mandiri ini, kamu juga masih punya waktu untuk kembali menyiapkan diri. Materi ujiannya seperti apa sih? Materinya hampir sama kok sama SBMPTN Squad. Walaupun nama ujian mandiri di berbagai universitas itu berbeda, sebenarnya materi ujiannya sama saja. Hal yang membedakan hanya dari penyelenggaranya saja. So, untuk kamu yang sudah berlangganan ruangbelajar paket SBMPTN, masih bisa banget tuh untuk kamu gunakan kembali dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian mandiri.

2. Pertimbangkan PTS

nggak lolos SBMPTN 2019Swiss-German University (Sumber: satukalisatu.com)

Squad, banyak juga kok Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang nggak kalah bagus dengan PTN. Selain itu, beberapa PTS juga ada yang tidak menyelenggarakan ujian masuk tetapi hanya meminta nilai UNBK saja. Intinya, di mana pun kamu berada, kamu sendiri yang akan menentukan berhasil atau tidaknya kamu selama berkuliah.

Baca juga: 9 Tips Cerdas dalam Memilih PTS

3. Pilih sekolah vokasi

nggak lolos SBMPTN 2019Vokasi (Sumber: its.ac.id)

Apa sih itu vokasi? Vokasi adalah pendidikan yang berfokus pada pengembangan kemampuan untuk kesiapan kerja. Bedanya kalau di universitas kamu mendapatkan gelar sarjana, kalau di vokasi kamu akan mendapatkan gelar diploma. Jurusan pada program diploma juga biasanya lebih applicable atau bisa langsung digunakan untuk dunia kerja, seperti periklanan, perpajakan, aktuaria, dan sebagainya.

Sayangnya, masih banyak nih yang menganggap gelar diploma itu tidak sebagus sarjana. Eits jangan salah. Vokasi bertujuan untuk mencetak lulusan yang siap kerja. Sudah banyak juga kantor yang mampu menyerap lulusan diploma, karena pada program vokasi yang lebih penting itu adalah skill bukan gelarnya.

4. Minta support dari orang terdekat

nggak lolos SBMPTN 2019Minta dukungan orang terdekat (Sumber: mnn.com)

Rasanya ditolak oleh kampus impian pasti sedih banget. Namun, jangan biarkan kekecewaan dan kesedihanmu ini terlalu berlarut-larut. Jika terlalu lama, kesedihan kamu ini bisa-bisa menghilangkan semangat juangmu. Ayo, atur strategi dan kembali bangkit. Minta support dari orang terdekatmu dan gabung dengan teman-teman lain yang belum diterima dan belajar kembali. Dengan bergabung bersama teman senasib, kamu pun jadi nggak merasa sendirian dan kesedihanmu bisa sedikit terobati.

5. Magang

nggak lolos SBMPTN 2019Program magang (Sumber: naceweb.org)

Bagi kamu yang memutuskan untuk gap year, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menunggu hingga waktu ujian tahun depan. Selain belajar, kamu juga bisa mencari magang. Magang itu sebenarnya adalah kesempatan kamu untuk belajar. Kamu akan belajar banyak mengenai dunia kerja yang sebenarnya. Banyak juga lho kantor yang memperbolehkan lulusan SMA untuk mengikuti magang. Namun pastikan dulu ya, skill atau kemampuan kamu sesuai dengan posisi magang yang dibutuhkan. Psst, kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan dengan mengikuti magang. Beberapa program magang menawarkan insentif tiap bulan. Seru ‘kan?

6. Ikut kursus

nggak lolos SBMPTN 2019Ikut kursus (Sumber: languageteachingcentre.com)

Selain magang, kamu juga bisa mengikuti kursus untuk menambah skill sambil menunggu waktu ujian tahun depan. Kursus ini bisa berbagai macam tipe Squad, misalnya kursus bahasa, kursus IT atau komputer, dan kursus keterampilan lainnya. Pilih jenis kursus yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Kursus ini juga bisa menjadi cara untuk kamu terus semangat belajar.

Apapun hasilnya, percayalah itu merupakan hasil terbaik untukmu. Bangkitkan semangat dan kembali atur strategi agar bisa masuk ke kampus atau jurusan impianmu. Bagi kamu yang masih akan menghadapi ujian selanjutnya, ayo kembali persiapkan diri dengan berlatih soal dan melihat video beranimasi di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts