Nggak Lolos SNMPTN 2019? Tenang, Kamu Masih Punya Banyak Peluang!

Shabrina Alfari Mar 22, 2019 • 6 min read


SNMPTN 2019

Artikel ini memberikan tips dan semangat untuk para siswa yang tidak berhasil lolos SNMPTN 2019

--

“Anda dinyatakan tidak lulus seleksi SNMPTN 2019”

Gimana perasaan kamu saat mendapatkan hasil pengumuman seperti itu Squad? Pasti sedih, kecewa, atau marah.

Pengumuman kelulusan SNMPTN 2019 sudah resmi diumumkan siang tadi. Menurut M. Nasir, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada press conference pagi hari tadi, dari pendaftar 478.608 di SNMPTN 2019, yang berhasil diterima adalah 92.331 dengan persentase 19,29 persen.

SNMPTN 2019(Sumber: brilio.net)

Selamat untuk Squad yang telah dinyatakan lulus SNMPTN dan diterima di PTN impian! Buat kamu yang tidak lulus, jangan sedih, galau, atau berkecil hati ya Squad. Nggak lolos SNMPTN, bukan berarti kesempatanmu habis sampai di sini.

Tetaplah semangat dan lakukan cara ini untuk kembali mempersiapkan dirimu masuk ke PTN impian.

1. Persiapkan diri dengan lebih maksimal untuk menghadapi UTBK SBMPTN 2019

Squad, tenangkan dirimu dan ingat kembali apa tujuanmu sebenarnya. Pastinya masuk ke jurusan atau PTN impian ‘kan? Setelah SNMPTN masih ada jalur lain yang akan kamu hadapi yaitu jalur SBMPTN. Bedanya dengan SNMPTN, di jalur ini kamu harus mengikuti tes UTBK yang merupakan salah satu syarat utama pendaftaran SBMPTN 2019. Jadi yang akan menentukan kelulusan kamu adalah hasil tes yang kamu kerjakan saat UTBK nanti.

“SNMPTN itu seperti babak bonus. Aku nggak merasa itu sesuatu yang emang di-plan dari awal,” ingat Kak Iko, karyawan Ruangguru yang dulu pernah gagal melalui jalur SNMPTN, namun akhirnya berhasil masuk PTN impian melalui jalur SBMPTN.

SBMPTN 2019

Klik gambar untuk  lihat video informasi lengkap seputar SBMPTN 2019 (Sumber: youtube.com/ruangguru)

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah mencari tahu informasi penting secara menyeluruh dan catat tanggal UTBK SBMPTN 2019. Kemudian, persiapkan dirimu dengan lebih matang lagi. Kamu juga nggak perlu repot datang ke tempat bimbel hingga malam hari. Kamu bisa belajar melalui video beranimasi dan latihan soal-soal HOTS UTBK SBMPTN 2019 di ruangbelajar.

Baca juga: Latihan soal HOTS SBMPTN 2019

Kak Iko pun juga menyarankan untuk mengingat apa goal kamu sebenarnya. Fokuskan diri untuk mencapainya dan lakukan semua usaha dengan maksimal. “Aku emang udah nyiapin amunisi dari awal kelas 3 dengan ikut bimbel. Jadi waktu tahu nggak lulus SNMPTN, yaudah life goes on. Aku lanjut siapin diri untuk menghadapi SBMPTN. Karena aku memang sudah niat dan kepingin masuk PTN, jadinya aku belajar SBMPTN dengan semakin giat dan serius setelah nggak diterima SNMPTN. Aku mikir, jadi satu-satunya kesempatan adalah SBMPTN,” ungkap kak Iko.

Pendaftaran UTBK 2019 dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang I akan berakhir pada 24 Maret 2019. So, langsung persiapkan seluruh persyaratannya dan daftarkan dirimu melalui jalur SBMPTN ya Squad.

2. Ikut try out persiapan UTBK SBMPTN 2019 atau Ujian Mandiri

Selain belajar setiap hari, penting untuk kamu mengikuti try out simulasi SBMPTN. Ingat, sainganmu di SBMPTN atau Ujian Mandiri tidaklah sedikit. Dengan mengikuti try out, kamu bisa memiliki gambaran di mana posisimu di antara peserta lainnya, sekaligus menjadi sarana latihan sebelum kamu mengikuti tes yang sebenarnya.

Baca juga: 7 Keuntungan Ikut Try out SBMPTN yang Perlu Kamu Sadari

UTBK SBMPTN 2019Klik gambar untuk lihat video lengkapnya (Sumber: youtube.com/ruangguru)

“Persiapan aku waktu itu selain bimbel sampai malam, aku juga ikutan try out di hari minggu. Pokoknya seberat dan sesulit itu perjuangan waktu itu. Di rumah aku juga belajar lagi sendiri. Apalagi setelah UN selesai, itu aku belajar dari pagi sampai sore. Terus setelah itu aku juga belajar sendiri, cari guru les lagi, ambil tambahan matematika lagi. Intinya sampai aku yakin kalo aku sudah benar-benar siap untuk SBMPTN,” ucap kak Iko mengenang perjuangannya menghadapi SBMPTN.

Squad, sekarang kamu nggak perlu susah lagi mencari try out. Kamu bisa mengikuti try out online gratis untuk mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN 2019 di ruanguji. “Coba waktu itu udah ada Ruangguru, pasti hidup aku jadi lebih mudah,” tambah kak Iko.

3. Mengikuti Ujian Mandiri

Ujian MandiriIkut Ujian Mandiri di PTN pilihanmu (Sumber: irishtimes.com)

Jika kamu belum berhasil juga melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, masih ada Ujian Mandiri yang bisa kamu ikuti. Namun, kamu harus cari tahu dulu Squad, apakah PTN yang kamu tuju membuka jalur mandiri atau tidak. Proses seleksi Ujian Mandiri di tiap kampus juga berbeda-beda. Ada yang mengharuskan kamu mengikuti tes lagi atau ada yang menyeleksi berdasarkan nilai UTBK SBMPTN. Sebaiknya kamu mencari informasi terlebih dahulu mengenai jadwal Ujian Mandiri dan mekanisme yang diberlakukan agar tidak ada yang salah atau terlewatkan.

Baca juga: 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2018 versi Kemenristekdikti

4. Coba Perguruan Tinggi Swasta

Sudah ikut SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri masuk PTN, tetapi kamu masih tidak diterima juga di PTN impian. Padahal kamu sudah berusaha dengan maksimal, namun ternyata hasil yang didapatkan mengecewakan. Squad, mungkin memang bukan rezeki atau takdir kamu masuk di PTN yang diinginkan. Tidak ada salahnya kamu coba mencari tahu PTS terbaik. PTS juga nggak kalah dengan PTN kok Squad. Bahkan, ada juga jurusan-jurusan tertentu yang ternyata lebih baik dari PTN.

Lulus SNMPTNCoba daftar perguruan tinggi swasta (Sumber: eduvelocity.in)

“Waktu itu gue memang mindset-nya ingin bisnis. Jadi gue pun nggak ‘matok’ harus UI atau PTN, gue memilih jurusan yang bisa memberikan ilmu untuk bisnis setelah gue lulus nanti. Waktu nggak lulus SNMPTN gue sih nggak terlalu sedih, karena gue udah milih PTS dengan jurusan yang bagus untuk dukung impian gue,” ungkap kak Fidi, lulusan salah satu PTS terbaik di Jakarta.

Squad, yang terpenting adalah ketahui tujuan kamu dengan jelas. Manfaatkan kekecewaan dan kesedihanmu karena nggak lulus SNMPTN menjadi semangat baru untuk menghadapi peluang lainnya, yaitu SBMPTN, Ujian Mandiri, dan lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk minta dukungan dan doa orang tua ya.

Ingat! Bukan hanya belajar dengan lebih keras, tetapi belajarlah dengan lebih pintar. Buat perjuanganmu untuk masuk ke PTN impian menjadi lebih mudah bersama ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar