Biologi Kelas 11 | Kenapa ada Orang yang Tidurnya Ngorok?

apa yang menyebabkan seseorang tidurnya ngorok

Artikel biologi kelas X ini membahas tentang apa penyebab seseorang tidur ngorok dan bagaimana cara mengatasinya dalam perspektif sains

--

Bagi cowok muslim, pasti tidak asing dengan momen ini: ketika sedang mendengar ceramah jumat di masjid, lalu ada bapak-bapak senderan di tiang penyangga dengan kepala menunduk. Awalnya kita menyangka, ‘Ah, cuma bapak-bapak senderan biasa.’ sampai dia mengeluarkan suara kayak traktor ngelindes ayam...

‘Groookk… Fyuuuu~’

‘Ah, cuma bapak-bapak yang bikin gendang telinga berdarah. Biasa.’

Iya, kita semua pasti pernah bermasalah sama orang yang tidurnya ngorok. Entah itu teman, keluarga, atau kamu sendiri. Lagi enak-enak tidur, lalu kaget dan kebangun, ‘SIAPA SIH TADI BERISIK DI KAMAR?’

Pas nengok kanan-kiri, ternyata kosong.

Kebangun keberisikan ngorok sendiri…

seberapa keras suara ngorokBesar suara ngorok setara dengan mesin pemotong rumput

 

Saat menghadapi masalah kayak gitu, pikiran kita biasanya terisi 2 pilaihan 1) menyumpal mulut si tukang ngorok, 2) ngedumel dan membiarkan gendang telinga berdarah. Biasa…

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Organ Tubuh Jika Kamu Berhenti Merokok

Well, karena gamau jadi orang jahat, kebanyakan dari kita pasti memilih opsi yang kedua. Kita cuman ngedumel dan mikir, “Kenapa, sih, nih orang ngorok?” Emangnya dia abis ngapain? Nelen mesin parutan kelapa?

kenapa perempuan bisa ngorok

Biar nggak salah paham, biar gue kasih sebuah fakta: ngorok itu nggakpapa. Iya, ngorok itu bukanlah sebuah penyakit pada sistem pernapasan kita. Lalu, kalau ngorok dianggap sebagai sesuatu yang biasa, kenapa bisa ada orang yang ngorok, dan ada orang yang tidurnya kalem banget kayak lagi ikut Ujian Nasional?

Ada 2 jenis ngorok. Ngorok yang terjadi dari tenggorokan, dan dari hidung

2 tipe ngorok

Sumber: ResMed via Youtube

 

Sebenarnya, ngorok terjadi ketika kita tidak bisa mengeluarkan udara secara bebas melalui tenggorokan dan hidung. Iya, kamu pasti sering banget nanya ke orang yang baru bangun dari tidur ngorok dengan kalimat, “Kecapekan lo ya? Ngorok gitu tadi.”

orang ngorok ngeselinSumber: giphy.com

 

Nyatanya, saat kita tidur, tubuh kita akan rileks. Santai. Chill. Tapi, kadang karena terlalu santai, otot bagian pernapasan atas kita juga ikut “rileks”. Akhirnya si otot ini mengendur, dan menutupi sebagian saluran pernapasan. Begitu kita menarik dan mengembuskan napas, aliran udara yang masuk dan keluar akan membuat otot ini bergetar. Hasilnya, muncul deh suara merdu yang dinamakan ngorok ini.

Iya, getaran kan emang menghasilkan bunyi.

proses terjadinya ngorok

Otot (merah) mengendur dan menutupi saluran pernapasan (Sumber: ResMed via Youtube)

 

Selain karena “terlalu rileks”, ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab seseorang bisa tidur ngorok. Misalnya, anatomi tubuh, usia, berat badan, hidung tersumbat, dan seringnya mengonsumsi obat-obatan.

alasan kenapa orang bisa ngorok

Hayo, setelah liat infografik di atas, mulai kebayang, kan, orang-orang di sekitar kamu yang tidurnya ngorok. Intinya, sih, tetep: karena saluran pernapasannya tertutup.

Kayak yang udah dibilang di atas, ngorok ini bukanlah sesuatu yang perlu kamu takutkan.

Tapi, hal ini berbeda jika orang tersebut mengalami sleep apnea.

Berbeda dengan ngorok biasa, orang yang mengidap sleep apnea melakukan “ngorok” sebagai respon karena pas tidur, orang ini napasnya berhenti. Iya, saluran pernapasannya beneran tersumbat dan tertutup. Orang yang mengidap sleep apnea ini akan berhenti bernapas antara beberapa detik sampai 2 menit selama tidurnya. Akibatnya, kadar oksigen di dalam darah akan menurun, dan dia bisa aja jadi bangun karena sesak napas itu tadi. Sleep apnea juga dapat memicu diabetes, stroke, hingga penyakit jantung.

Agak serem sih ya…

Meskipun begitu, kamu jangan jadi takut dan malah ngamuk, ‘MENDING GUE GAK TIDUR DARIPADA NGOROK!’ Masih ada beberapa cara mencegah ngorok yang bisa kamu lakukan kok.

cara menghilangkan kebiasaan ngorok

Gimana, Squad. Sekarang udah tahu, kan, penyebab dari ngorok yang sering kamu dengar? Kalau kamu ingin memelajari materi pelajaran kayak gini lewat video animasi, bisa banget kok. Tinggal tonton aja lewat ruangbelajar!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts